7 Cara Mengembangkan Bakat Disaat Kamu Gabut

in
Hijapedia Its Your Community Image 36

Bakat adalah anugerah tuhan yang dimiliki oleh setiap manusia. Setiap orang memiliki bakat tetapi banyak dari mereka sendiri yang tidak sadar dengan itu. Sejatinya bakat-bakat memiliki kadar tersendiri selama orang itu mengasah bakat tersebut hingga pada level atau tingkatannya. Misalnya bakat bermain sepak bola, seorang yang pandai bermain sepak bola tidak akan berhasil sampai menjadi pemain sepak bola nasional jika tidak mengasah kemampuan itu secara maksimal.

Oleh sebab itu, disini saya akan memberikan gambaran akan adanya bakat yang terpendam dalam diri kita tetapi kita tidak sadar bahkan tidak tahu hal itu. “Ubahlah dirimu sebelum engkau mengubah dunia” kamu tidak akan berhasil jika kamu tidak merubah dirimi sendiri. Gunakanlah nalar kita untuk mencari apa bakat yang ada dalam diri kita dan tuang bakat itu dalam tindakan yang nyata.

Ketika kita bosan otak kita  akan berperan semaksimal mungkin untuk mencari atau melakukan hal agar rasa bosan itu hilang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya membaca buku. Selain itu, saat bosan beberapa orang melakukan suatu kegiatan yang dianggap tidak jelas untuk meredakan kebosanan ataupun kegalauan atau nama lainnya kurang kerjaan. Padahal tanpa disadari beberapa kegiatan kurang kerjaan itu adalah salah satu bakat terpendam kita. Apakah itu?

Dibawah ini beberapa kegiatan kurang kerjaan yang sering kita lakukan:

1. Membuat Hand Lettering atau Kaligrafi

Hand lettering adalah salah satu seni tulis menggambar huruf. Dalam seni hand lettering ini dibutuhkan keterampilan yang cekatan agar setiap tulisan mengandung unsur keindahan. Hanya beberapa orang yang memiliki bakat hand lettering ini. Jika kamu sering melakukan kegiatan ini disaat bosan atau waktu luang maka kalian memiliki bakat terpendam yang harus diasah.

Siapa tahu nantinya jika tulisan-tulisan indah kamu banyak disukai banyak orang maka bakat sekaligus hobi itu bisa jadi ladang uang. Karena hanya segelintir orang yang bisa membuat hand lettering. Sama halnya dengan kaligrafi, kalian yang suka membuat tulisan kaligrafi asalah bakatmu sekarang juga.

2. Membuat Grafiti

Jika kegiatan ini sering kamu lakukan, maka kamu adalah orang yang punya bakat yang hebat. Bukan mudah membuat sebuah grafiti ini karena harus ada skill khusus. Grafiti adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng.

Kalau misalnya kalian yang suka membuat grafiti di tembok-tembok pagar orang atau pinggr jalan saat ini berilah peluang buat kamu jadi seniman grafiti yang sukses. Sukses dalam arti ini mengembangkan bakat ini menjadi hal yang disukai oleh banyak orang sekaligus bisa membuat kantongmu terisi. Daripada membuat grafiti di tembok pagar rumah orang akan lebih baik kamu berbisnis melalui grafiti ini.

3. Merakit Barang Tak Terpakai

Merakit barang-barang tak terpakai kata beberapa orang adalah kegiatan yang kurang kerjaan banget. Kalau bisa dibilang orang itu yang kurang kerjaan karena kerjanya ngoceh terus dan tidak melihat bakat terpendam dari orang yang mereka katakan kurang kerjaan. Padahal, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali buat siapa saja.

Misalnya kalian suka merakit komputer ataupun HP, itu juga merupakan ciri orang yang cerdas asal merakitnya itu sesuai dan benar. Jika kamu memiliki hobi merakit barang yang tidak terpakai saatnya kamu mengembangkan bakat ini baik dengan cara kuliah dijurusan yang berhubungan dengan perakitan ataupun dengan cara yang lain seperti merakit sesuatu menjadi barang terpakai kembali.

4. Melukis dan Menggambar

Sebenarnya setiap orang memiliki bakat menggambar, tetapi dari orang itu sendirilah yang tidak mau melakukan kegiatan itu. Padahal, menggambar itu adalah bentuk seni keindahan dalam menyampaikan segala bentuk pandangan.

Banyak orang yang hobi menggambar atau melukis tetapi juga tidak mengembangkan hobi itu menjadi hal yang menguntungkan. Jangan takut untuk mencoba, karena menggambar itu adalah kegiatan yang santai loh.

5. Ngumpulin Barang Bekas

Kenapa ada orang yang suka ngumpulin barang bekas? Ternyata ngumpulin barang bekas itu kegiatan yang menyenangkan bagi setiap orang. Tentunya ada orang yang memanfaatkan kembali barang bekas tersebut menjadi barang berharga.

Tetapi banyak yang tidak sadar jika hal ini juga bisa menguntungkan. Salah satu caranya adalah berbisnis melalui ini.

6. Menyanyi

Suka menyanyi? Suaramu bagus?. Ya, banyak orang memiliki bakat ini tetapi tidak sedikit orang juga yang tidak melirik bakat tersebut. Padahal, dari kegiatan seperti ini bisa membuatmu untung banyak dan bisa saja membuatmu jadi penyanyi terkenal.

7. Menulis

Buat kamu yang suka menulis baik cerpen, puisi dan yang lainnya merupakan kamu adalah orang-orang yang cerdas dalam berpikir. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam menulis. Mengapa tidak mencoba untuk menjadi penulis saja? Selain kamu bisa menekuni hobimi ini kamu juga akan mendapat keuntungan dari itu. Tunjukan aspirasimu melalui tulisan!

Itulah hal-hal kurang kerjaan yang tanpa disadari adalah bakat terpendam dari kita. Sebenarnya ada banyak hal lagi yang biasa kita lakukan saat waktu luang yang ternyata adalah bakat. Ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyalurkan bakat kita menjadi hal yang menguntungkan. Tetapi, banyak pula orang yang enggan melakukan itu beberapa alasannya karena malu ataupun mengatakan itu bukan bakat terbaiknya.

Padahal, setiap jati diri seseorang ditakdirkan memiliki bakat untuk diasah. Dari itu, daripada kamu melakukan hal tersebut sebagai kegiatan menghilangkan  rasa bosan saatnya kamu menggunakan kegiatan itu untuk keuntungan.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafiti
http://www.carrotacademy.com/alasan-kenapa-kamu-harus-menggambar/

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan