Ini 10 Manfaat Luar Biasa Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

in
Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Buah naga adalah buah yang termasuk jenis kaktus dari marga Selenicereus dan Hylocereus. Buah yang berasal dari Meksiko ini, sangat digemari masyarakat dunia. Selain rasanya yang manis, manfaat dari buah naga bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak.

Ada beberapa jenis dari buah naga, yang terkenal adalah buah naga putih dengan daginya berwarna putih dan buah naga pada umumnya dengan dagingya yang berwarna merah maroon.

Kandungan Gizi Buah Naga

Manfaat Buah Naga
foto by: Youtube | Mashed

Banyak kandungan yang baik bisa didapatkan dari mengonsumsi buah yang dalam bahasa Inggris disebut Pitaya ini. Seperti Vitamin B1, B12, B3, C, serat, karbohidrat, zat besi, protein, kalsium, dan fosfor. Kandungan air pada buah naga adalah sekitar 87 gram, sehingga saat kita mengonsumsi buah ini asupan cairan pada tubuh akan terpenuhi.

Baca Juga: 7 Kulit Buah Dan Sayuran Yang Ternyata Kaya Akan Manfaat

Waktu untuk menyantap buah naga pun bebas kapan saja bisa. Namun agar mendapat feel yang lebih baik, santaplah saat siang hari karena daginya yang berair. Selain disantap langsung, kamu bisa mengolahnya dengan menjadi jus, setelah itu bisa juga dicampur dengan bahan sehat lainnya, seperti madu.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Cara Mengembangkan Bakat Disaat Kamu Gabut

10 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

1. Mengatasi Asam Lambung

Mengatasi Asam Lambung
Mengatasi asam lambung | wonderpolis.org

Salah satu penyebab kita terkena penyakit asam lambung atau maag adalah karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau jarang sarapan pada pagi hari. Nah, untuk mengatasinya, sudah banyak orang yang merekomendasikan memilih buah naga untuk dikonsumsi.

Hal tersebut karena, rasa manis dan aura segar pada buah naga sangat pas sekali dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit asam lambung atau maag.

2. Menurunkan Gula Darah

Menurunkan Gula Darah
Menurunkan gula darah | lifetrimmers.com

Manfaat mengonsumsi buah naga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan gula darah yang tinggi. Kita tahu, gula darah tinggi jika dibiarkan terus menerus akan berisiko menyebabkan penyakit diabetes, bahkan kondisi terparahnya ialah kematian.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Makan Udang Untuk Bayi

Kandungan polifenol, tokoferol, thiols, karotenoid, dan glucosinolates pada buah naga memiliki khasiat untuk mengobati gula darah yang tinggi. Untuk cara pengaplikasiannya, bisa dikonsumsi langsung mentah-mentah, atau mengolahnya menjadi jus dengan campuran madu atau lainnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Kita Rutin Jalan Kaki Minimal 15 Menit Setiap Hari

3. Manfaat Buah Naga Mengatasi Penyakit Anemia

Mengatasi Penyakit Anemia
Mengatasi penyakit anemia | honestdocs.id

Penyakit anemia adalah kondisi dimana tubuh sedang kekurangan sel darah merah atau sel darah merah itu tidak berfungsi pada tubuh. Jika dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis lainnya.

Kebanyakan kasus, penderita penyakit anemia ialah remaja dan orang dewasa. Buah naga memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia ini.

4. Mengatasi Gangguan Tulang

Mengatasi Gangguan Tulang
Mengatasi gangguan tulang | medatrio.com

Perlu kita tahu, setiap 100 gram buah naga mengandung sekitar 8,8 gram kalsium. Yang mana kandungan tersebut bermanfaat sebagai pembentukan tulang dan gigi. Buah naga juga kaya akan kandungan zat mineral yang memiliki manfaat untuk memperkuat tulang agar saat tua nanti masalah tulang keropos tidak menyerang.

Baca Juga: 1001 Manfaat Minyak Zaitun, Salah Satunya Mencegah Penuaan

5. Mengobati Keluhan Kepala Pusing

Manfaat Buah Naga Mengatasi Kepala Pusing
Mengatasi kepala pusing | americanmigrainefoundation.org

Banyak hal yang menyebabkan kepala menjadi pusing, seperti kurangnya asupan cairan pada tubuh. Nah, karena buah naga yang memiliki kandungan air dan vitamin yang banyak, penderitanya sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah naga ini. Selain itu, kandungan zat besi pada buah naga juga memiliki manfaat berperan untuk mengobati keluhan kepala pusing.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Cepat Tua

6. Manfaat Buah Naga Membersihkan Usus

Membersihkan Usus
Membersihkan usus | ndtv.com

Organ usus dalam tubuh jika tidak dibersihkan akan mendatangkan berbagai penyakit pada sistem perncernaan. Buah naga yang kaya akan cairan dan dagingnya yang padat, bermanfaat untuk membersihkan organ usus tubuh. Karena itulah, banyak orang yang sudah lansia rutin mengonsumsi buah ini. Karena masalah usus kotor banyak dialami oleh lansia.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Jus Jeruk Yang Luar Biasa Untuk Tubuh

7. Mengatasi Peradangan

Mengatasi Peradangan
Mengatasi peradangan | mosulspace.org

Peradangan timbul adalah keadaan sedang terjadinya pendarahan dalam tubuh. Contohnya radang tenggorokan, sendi, usus, dan lainnya. Waktu penyembuhan dari penyakit ini cukup lama karena termasuk penyakit yang berbahaya. Lamanya penyembuhan ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan gizi nutrisi dan zat antioksidan yang bermanfaat mempercepat proses penyembuhan peradangan.

Buah naga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah tersebut. Karena kandungan gizi nutrisi dan zat antioksidan sangat kaya pada buah naga ini.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah
Melancarkan peredaran darah | supersmart.com

Peredaran darah yang berjalan lancar akan memberikan pasokan darah kepada organ-organ yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika peredaran darah tidak berjalan dengan baik, maka akan menimbulkan banyak masalah, mulai dari kesemutan hingga risiko terparahnya menyebabkan kematian.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Manfaat Menyehatkan Signifikan Dari Sering Minum Black Tea

Baca Juga: Manfaat Makan Dengan Tangan Tanpa Sendok Untuk Tubuh

Manfaat buah naga mampu membuat peredaran darah menjadi lancar dalam menyuplai pasokan darah. Hal ini karena, buah naga mengandung zat-zat bermanfaat bagi darah dan tubuh kita.

9. Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat buah naga Menurunkan Kadar Kolestrol
Menurunkan kadar kolestrol | news-medical.net

Kadar kolestrol yang tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Penyebab utama dari kolestrol yang tinggi adalah pola makan yang asal-asalan atau terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji.

Nah, dengan manfaat yang ada pada buah naga mampu efektif untuk menurunkan kadar kolestrol yang tinggi. Tentunya dengan mengonsumsi secara rutin dan benar.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Buah Naga Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh | sleepscore.com

Tubuh yang kuat pasti memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat juga. Hal itu karena tubuh tidak mudah terserang oleh virus ataupun bakteri. Dengan mengonsumsi buah naga maka sistem immune tubuh akan mampu menangkal segala serangan yang mencoba menyerang tubuh kita. Hal tersebut karena buah naga mengandung Vitamin C yang baik untuk menjaga ketahanan tubuh manusia.

Baca Juga: Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

ARTIKEL TERKAIT •
Penjelasan Tentang Kesehatan Saat Tertawa

Nah, itulah 10 manfaat buah naga yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi secara rutin dan benar agar mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.