Teknik Pomodoro: Metode Manajemen Waktu Untuk Memaksimalkan Produktivitas!

in
Pomodoro

Semua orang dengan pekerjaan yang berbeda-beda pasti sangat ingin memaksimalkan dan meningkatkan produktivitas. Apa pun profesimu, kamu wajib melakukan pengelolaan dan manajemen waktu untuk meningkatkan produktivitasmu.

Banyak teknik mengelola waktu, salah satunya ialah teknik Pomodoro. Apa yang dimaksud teknik Pomodoro? Apa manfaatnya? dan bagaimana cara melakukan teknik Pomodoro?

Berkenalan Dengan Teknik Pomodoro

Pertama kali diciptakan oleh Fracesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an, kata Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang berarti tomat. Kenapa tomat? Sebab saat itu Cirillo menggunakan timer dengan bentuk tomat saat mengelola waktunya.

Prinsip dasar dari teknik ini sendiri adalah mengerjakan sebuah tugas dalam blok-blok waktu 25 menit. Antara interval kerja tersebut terdapat waktu istirahat yang singkat, namun setelah mengerjakan empat blok maka kamu dapat beristirahat lebih lama (15-30 menit).

Cara Melakukan Teknik Pomodoro Dengan Enam Langkah Mudah

Setelah kamu mengetahui pengertiannya, kamu dapat langsung melakukan teknik Pomodoro dengan tahapan dibawah ini.

1. Tentukan Tugas yang ingin kamu selesaikan, sebagai contohnya kamu akan mengerjakan tulisan 1000 kata dalam tiga jam.

ARTIKEL TERKAIT •
Sering Menggerakan Tangan Saat Berbicara, Ini Penjelasannya!

2. Pasang timer dengan waktu 25 menit kedepan. Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan alarm di telepon genggam-mu. Sebagai contoh, sekarang jam 14:00, maka kamu harus mengatur alarmnya ke 14:25.

3. Fokus pada pekerjaanmu dalam waktu 25 menit, jangan melakukan hal yang tidak penting seperti membuka Facebook, membuka WA, atau hal-hal tidak penting lainnya.

4. Setelah Alarm berbunyi, kamu dapat mengambil istirahat dengan waktu 5 menit. Gunakan waktu 5 menit tersebut semaksimal mungkin, seperti pergi ke toilet, membuat kopi, membalas pesan, atau yang lainnya. Pokonya jangan lakukan aktivitas yang membuatnya jadi cape.

5. Setelah itu, kamu dapat mengatur timer dengan waktu 25 menit lagi. Terus lakukan hal tersebut, hingga 4 kali blok, kamu dapat beristirahat lebih lama yakni sekitar 20-30 menit.

Jika kamu menerapkan langkah diatas, kamu sudah dapat melakukan teknik Pomodoro untuk pekerjaan apapun. Dengan demikian, kamu dapat memaksimalkan waktu untuk pekerjaanmu.

Berikan Nilai Untuk Konten ini