menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com SainsPedia Siapa Sangka, Ternyata 5 Bangunan Megah ini adalah Sebuah Makam Kuno

Siapa Sangka, Ternyata 5 Bangunan Megah ini adalah Sebuah Makam Kuno

Siapa Sangka, Ternyata 5 Bangunan Megah Ini Adalah Sebuah Makam Kuno
Siapa Sangka, Ternyata 5 Bangunan Megah Ini Adalah Sebuah Makam Kuno

Seperti diketahui, makam adalah sebidang tanah yang disediakan untuk kuburan, dimana jasad orang yang telah meninggal akan dikebumikan. Dikarenakan setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda-beda setelah mereka meninggal, wujud dan bentuk makam kuno yang mereka siapkan pun sangat beragam. Hal ini juga didukung oleh kekuatan finansial mereka.

Namun, siapa sangka ternyata 5 bangunan megah yang sudah terkenal dimana-mana ini merupakan sebuah makam kuno. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mausoleum Qin Shi Huang

Makam kuno Mausoleum Qin Shi Huang
Mausoleum Qin Shi Huang | visitourchina.com

Dinasti Qin merupakan kekaisaran pertama yang kekuasaannya melingkupi seluruh negara China. Qin Shi Huang adalah sosok orang yang mendirikan dinasti ini. Dimana pada masa kekuasaan Qin menjadi tonggak sejarah pembangunan Tembok Besar China.

Tujuan pembangunan tembok besar tersebut adalah untuk melindungi negara China dari gempuran serangan dari bangsa-bangsa penjajah yang datang dari arah Utara. Meski demikian, ada beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh Qin dipandang buruk oleh masyarakatnya. Seperti orang-orang pintar harus dikubur hidup-hidup dan buku-buku harus dibakar.

Kaisar Qin meninggal pada tahun 221 SM diusianya yang ke-49 tahun. Kemudian jasadnya dikebumikan di Mausoleum atau sebuah kompleks pemakaman besar yang kini berada di kota Xi’an, China Tengah. Fakta menariknya, pembangunan Mausoleum tersebut ternyata telah dilakukan sejak Qin masih berusia 13 tahun.

Diperkirakan luas Mausoleum Qin mencapai 170.000 meter persegi. Itulah yang menjadi alasan mengapa pembangunan Mausoleum menghabiskan waktu sampai 38 tahun.

Kompleks makam kuno besar ini tidak hanya berisi jasad Qin, namun juga terdapat patung-patung pasukan terakota yang jumlahnya sebanyak 7.000 patung. Pada bagian dalam Masoleum terdapat beberapa sungai buatan berisi air merkuri mengelilingi ruangan tersebut.

Patung-patung pasukan terakota yang ada di dalam Masoleum terdiri dari kereta kuda dan patung prajurit. Tujuan dibangunnya patung tersebut untuk menemani arwah Kaisar Qin Shi Huang ketika sudah meninggal menuju alam selanjutnya.

Baca Juga: Makam Tutankhamun Selesai Direnovasi, Pengunjung Bisa Melihat Mumi Sang Firaun Dari Dekat

2. Daisen Kofun

Daisen Kofun
Daisen Kofun | thetimes.co.uk

Negara kepulauan yang berada di seberang Korea ini memiliki luas hanya 400 ribu kilometer persegi. Sehingga negara itu tergolong sebagai negara kecil. Namun, siapa sangka ternyata di negara ini terdapat sebuah kompleks makam kuno paling bersejarah dan terbesar di dunia.

Nama kompleks makam raksasa ini adalah Daisen Kofun atau yang juga dikenal dengan sebutan Daisenryo Kofun. Karena ukurannya yang raksasa, wujud dari makam kuno ini tetap bisa dilihat dari ketinggian hingga ribuan meter. Banyak yang telah membuktikannya dan mengatakan mereka seperti melihat lubang kunci raksasa berwarna hijau.

Pembangunan Daisen Kofun dilakukan antara abad ke-3 hingga abad ke-6. Daisen Kofun memiliki ukuran panjang 450 meter dan lebar 300 meter. Dimana bangunan ini diperuntukkan sebagai tempat Kaisar Nintoku dimakamkan. Jasad Kaisar ke-16 Jepang ini berada di Daisen Kofun yang bentuknya bundar.

Makam kuno raksasa ini berada di Kota Sakai, Prefektur Osaka. Daisen Kofun bukan menjadi satu-satunya tempat pemakaman yang ada di Osaka, terdapat 47 kofu lainnya yang berada di daerah tersebut.

Para sejarawan percaya kalau kofun-kofun yang terdapat pada makam raksasa itu merupakan jasad orang-orang terpanjang dan kaya di Jepang pada masa lalu. Sehingga kofun dibangun sebagai tempat peristirahatan terakhir mereka, kalangan atas Jepang ingin tetap memperlihatkan status sosial mereka meski mereka telah meninggal.

3. Piramida Besar Giza

Piramida Besar Giza
Piramida Besar Giza | idntimes.com

Sudah menjadi rahasia umum jika peninggalan Mesir Kunoyang paling terkenal adalah piramida. Bentuknya yang memiliki ciri khas tersendiri membuat banyak orang dengan mudah mengenalinya.

Terdapat banyak piramida yang pernah dibangun pada zaman Mesir Kuno. Dan yang paling terkenal adalah Piramida Besar Giza. Lantaran piramida yang juga dikenal dengan nama Piramida Khufu ini merupakan piramida paling besar yang pernah dibangun. Memiliki panjang pondasi mencapai 230 meter dan tingginya mencapai 146 meter.

Piramida Khufu merupakan satu dari tiga bangunan yang berada di kompleks Piramida Giza. Sementara itu, piramida lainnya ialah Piramida Khafre dan Piramida Menkaure yang memiliki ukuran lebih kecil.

Para sejarawan berpendapat Piramida Besar Giza dibangun untuk makam raja atau Firaun Khufu pada abad ke-25 SM. Dulunya batu marmer melapisi bagian dinding luar piramida, namun karena habis dimakan zaman, lapisan batu marmer itu telah menghilang.

Selain menjulang tinggi, bangunan ini juga memiliki ruangan bawah tanah. Menurut sejarawan, ruang bawah tanah itu pada awalnya diperuntukkan sebagai ruang makam khufu. Akan tetapi, pembangunannya dihentikan karena khufu menginginkan dimakamkan di tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Fir’aun Wanita Berpengaruh Pada Mesir Kuno

4. Makam Cyrus yang Agung

Makam Cyrus Yang Agung 1
Makam Cyrus Yang Agung | depositphotos.com

Sama seperti China, Iran juga memiliki dinasti-dinasti kekaisaran yang megah pada masa lalu. Salah satu yang paling terkenal adalah kekaisaran Achaemenid. Pada masa Sebelum Masehi, kekaisaran ini cukup dikenal karena pernah terlibat perang dengan negara-negara Yunani Kuno seperti Sparta dan Athena.

Salah satu nama kaisar Achaemenid yang paling terkenal adalah Cyrus yang Agung. Karena dia merupakan sosok penting dalam berdirinya kekaisaran Achaemenid. Pada masa pemerintahannya, wilayah kekuasaannya meliputi Asia Minor, Asia Tengah, dan Persia.

Kaisar Cyrus tutup usia pada tahun 530 SM saat usia yang ke-70 tahun. Dan jasadnya dikebumikan di suatu kompleks makam kuno berukuran besar yang kini berada di Kota Pasargadae, Iran Tengah. Makam tersebut terlihat seperti piramida yang bertingkat dengan bangunan seperti gubuk raksasa pada bagian puncaknya.

Dari catatan pada abad ke-2 SM, seorang prajurit bawahan Alexander Agung disebutkan pernah berkunjung ke makam kuno tersebut. Disana, ia melihat berbagai macam perabotan rumah yang bahan dasarnya emas. Lalu juga terdapat peti mati emas, dan benda-benda hasil kerajaan berbahan dasar batu mulia.

Meski pada akhirnya Achaemenid harus runtuh setelah ditaklukkan oleh Kekaisaran Makedonia pimpinan Alexander Agung, namun para sejarawan mengatakan bahwa Kaisar Cyrus lebih hebat daripada Kaisar Alexander Agung.

Hal itu karena sistem pemerintah yang dibuat oleh Kaisar Alexander dinilai sangat rumit membuat Achaemenid tetap berdiri kokoh selama berabad-abad kemudian. Berbeda dengan Makedonia yang terpecah-pecah menjadi kerajaan-kerajaan lebih kecil semenjak meninggalnya Alexander.

5. Taj Mahal

Makam Kuno Taj Mahal
Taj Mahal | britannica.com

Bangunan Taj Mahal yang terletak di Agra, India merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Rasanya hampir semua orang pasti mengenal bangunan paling terkenal di India ini. Warna putih yang menyelimuti bangunan ini terbuat dari batu pualam atau marmer.

Namun, tak sedikit juga orang yang menganggap kalau bangunan ini adalah sebuah Masjid. Hal itu karena bangunan ini mempunyai kubah yang khas dan dikelilingi menara-menara di sampingnya.

Faktanya, bangunan ini merupakan sebuah kompleks pemakaman. Di tempat inilah istri Kaisar Mughal, Shan Jehan, yang bernama Mumta Mahal dimakamkan. Sebagai bentuk cintanya Shan Jehan kepada mendiang istrinya, ia pun memerintah untuk membangun Taj Mahal sebagai tempat peristirahatan terakhir istri tercintanya.

Baca Juga: Daftar Kekaisaran Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Pembangunan makam kuno ini dimulai pada tahun 1632 dan selesai pada tahun 1653. Terdapat sebuah kolam raksasa pada bagian depannya yang dibuat agar bayangan pantulan Taj Mahal dapat terlihat dari ujung kolam.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks