Meskipun Tidak Memiliki 5 Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Hidup

in , ,
Organ Tubuh
Organ Tubuh | thelifepile.com

Tubuh manusia terdiri dari berbagai organ, ada organ luar dan juga organ dalam. Semua organ memiliki perannya masing-masing, sehingga bisa dibilang mereka saling terhubung untuk menopang kehidupan kita.

Namun ada beberapa organ tubuh yang jika kita tidak memilikinya pun, kita masih tetap bisa hidup.

1. Ginjal

Kenapa Manusia Memiliki Dua Ginjal
Ginjal | Halodoc

Setiap manusia memiliki dua ginjal, namun ada beberapa orang yang hanya memiliki satu ginjal karena alasan tertentu. Bisa karena penyakit yang mengharuskan ginjalnya diangkat, bisa juga karena bawaan dari lahir.

Orang yang hanya memiliki satu ginjal sejak lahir dibagi menjadi dua penyebab, yaitu agenesis dan displasia. Agenesis ginjal adalah tidak terbentuknya ginjal pada proses perkembangan organ tubuh ketika masih di dalam kandungan. Sementara displasia merupakan kesalahan pembentukan ginjal, secara sederhana hanya satu ginjal saja yang berfungsi meskipun memiliki dua ginjal.

Ginjal sendiri memiliki fungsi menyaring darah. Dengan begitu, darah yang diedarkan ke seluruh tubuh adalah darah yang bersih. Racun yang disaring oleh ginjal akan dikeluarkan salah satunya dalam bentuk urine.

ARTIKEL TERKAIT •
Para Ilmuwan Berusaha Menekan Konsumsi Daging Dengan Daging Buatan

Orang yang memiliki hanya satu ginjal, masih tetap bisa hidup sehat namun lebih rentan terserang berbagai penyakit. Dan juga ada beberapa pantangan aktivitas dan makanan/minuman yang harus dipatuhi. Seperti menghindari olahraga berisiko tinggi seperti sepak bola, bela diri, basket, dan jenis olahraga berat lainnya. Lebih banyak minum air putih dan menghindari rokok, akan mengurangi resiko penyakit yang akan menyerang tubuh.

2. Limpa

Limpa
Limpa | kumparan.com

Limpa terletak di rongga perut sebelah kiri atas, pada umumnya berukuran segempal tangan. Limpa memiliki fungsi yang cukup beragam bagi tubuh, secara kompleks limpa memiliki peran sebagai imunitas tubuh.

Ada beberapa kasus yang mengharuskan limpa seseorang harus diangkat karena terjadi kerusakan. Hal ini tentu saja akan berakibat bagi ketahanan atau imunitas tubuh, meskipun seseorang tersebut masih bisa hidup, ia akan sangat mudah terserang penyakit.

Lalu berbagai fungsi limpa akan digantikan oleh hati. Jadi, untuk seseorang yang sudah tidak memiliki limpa, harus ekstra keras menjaga kesehatan dan memperhatikan aktivitas serta makanan/minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selalu rutin periksa ke dokter itu harus.

ARTIKEL TERKAIT •
Sebaiknya Menghindari Makanan ini Ketika Perut Sedang Kosong

3. Lambung

O4 84829328a262f4532754597ddf1e0ec7
Lambung | idntimes.com

Lambung memiliki empat fungsi bagi tubuh, yaitu, mencerna makanan secara kimiawi dengan mengeluarkan asam, mencerna makanan secara mekanis dengan melakukan kontraksi, menyerap nutrisi makanan, dan melakukan sekresi.

Pada umumnya seseorang yang kehilangan lambung diakibatkan oleh kanker lambung, sehingga lambungnya harus diangkat. Biasanya dokter akan menyambungkan usus kecil langsung ke esofagus. Esofagus adalah kerongkongan, esofagus ini lah yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung.

Seseorang yang kehilangan lambungnya tetap bisa hidup dan menerapkan pola makan sehat dengan tambahan vitamin atau suplemen yang mendukung hal tersebut.

4. Usus Besar

Usus Besar
Usus besar | liputan6.com

Sebelum diubah menjadi kotoran, usus besar inilah yang menampung makanan yang kita makan. Bisa dibilang usus besar merupakan stasiun terakhir bagi makanan kita. Sama seperti lambung, penyakit kanker juga bisa membuat usus besar seseorang diangkat.

Ketika seseorang sudah tidak memiliki usus besar, dokter akan membuatkan kantong cadangan yang memiliki fungsi sama dengan usus besar, yaitu sebagai penampung makanan sebelum diubah menjadi kotoran.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Rekomendasi Sabun Muka Ampuh Bebas Jerawat

Seseorang yang tak memiliki usus besar tetap bisa hidup, namun akan ada perubahan pola pada kebiasaan buang air besar mereka.

5. Usus Buntu

2929174722
Usus | sains.kompas

Sudah banyak operasi usus buntu dilakukan, biasanya operasi dilakukan karena usus buntu mengalami pembengkakan. Usus buntu berbentuk seperti cacing memiliki ukuran 8,5 sentimeter dan menempel pada bagian ujung usus besar.

Hingga kini fungsi usus buntu masih belum dapat dipastikan, namun diduga usus buntu merupakan indikator imunitas pada usus besar.

Berikan Nilai Untuk Konten ini