menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Teknopedia Gadgets 5 Cara Menghemat Kuota Internet Supaya Tidak Boros

5 Cara Menghemat Kuota Internet Supaya Tidak Boros

Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros
Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Untuk kamu kaum rebahan pasti lebih sering berurusan dengan smartphone. Untuk mengusir bosan, berbagai aktivitas kamu lakukan pada ponsel milikmu. Mulai dari bermain media sosial, bermain game, atau membuka YouTube. Karena itu, pastinya kuota internetmu akan lebih cepat habis atau terkuras.

Padahal kamu sudah berusaha semaksimal mungkin menghemat kuota internet agar penggunaannya tidak boros. Namun, ternyata ada aktivitas lainnya tanpa kamu sadari membuat kuota internet milkmu jadi terkuras. Seperti notifikasi pesan Whatsapp atau kamu mengaktifkan update otomatis terhadap aplikasi ponsel.

Agar dapat terhindari, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet agar tidak boros.

1. Menggunakan mode offline

Menggunakan Mode Offline
Menggunakan mode offline | freegameguide.com

Cara pertama untuk menghemat kuota internet ialah dengan menggunakan mode offline. Karena ada beberapa aplikasi yang bisa dijalankan secara offline, misalnya seperti YouTube atau game tertentu. Oleh karena itu, kamu bisa mematikan koneksi internet agar tidak boros.

Selain itu, ada aplikasi layanan streaming musik yang menyediakan fitur offline. Kamu bisa mendownload musiknya terlebih dahulu, lalu kamu dapat mendengarkannya secara offline.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Cara Memperbaiki Speaker Hp yang Terkena Air (100% Ampuh)

Baca Juga: Cara Menghapus Malware Di Android Terbukti Ampuh

2. Saat tidak dipakai, matikan koneksi internet

Mematikan Saat Tidka Dipakai
Mematikan saat tidak dipakai | gadgetstouse.com

Cara selanjutnya adalah dengan menonaktifkan koneksi internet jika sedang tidak digunakan. Misalnya saat kamu tidur atau belajar, ada baiknya mematikan paket data agar notifikasi yang masuk pada ponsel tidak menyerap data internet kamu.

Selain itu, disaat ada wifi yang jaringannya stabil atau lebih cepat, lebih baik menggunakan jaringan wifi. Namun, ketika kamu berada di luar area jangkauan wifi, kamu harus mematikan wifi tersebut agar kuota internet kamu tidak tersedot banyak. Sehingga ketika wifi yang kamu pakai kekuatannya lemah, ada baiknya matikan saja sinyal penangkap wifi tersebut.

3. Mengatur notifikasi peringatan pemakaian data

Notifikasi Peringatan Pemakaian Data
Notifikasi peringatan pemakaian data | techwiser.com

Cara satu ini bisa dibilang cukup ampuh untuk menghemat kuota internet. Karena dengan adanya notifikasi peringatan pemakaian data, kamu jadi tahu jumlah data yang telah kamu gunakan.

Namun, sebelum itu kamu harus mengatur batas pemakaian data terlebih dahulu. Bisa di angka 100 Mb, 500 Mb, atau 1 Gb. Jika kamu telah menggunakan paket data di angka tersebut, maka akan muncul notifikasi peringatan penggunaan data.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Mengatasi Touch Screen Error Pada Ponsel Android

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air (100% Ampuh)

4. Mematikan download otomatis

Menghemat Kuota Internet Dengan Cara Mematikan Update Otomatis
Mematikan update otomatis | ndtv.com

Ada beberapa aplikasi pada ponsel yang yang jika memerlukan update, maka dia akan melakukan update secara otomatis. Oleh karena itu, kamu bisa menonaktifkan fitur update otomatis tersebut. Hal ini juga berguna agar kamu tidak perlu mengupdate banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan agar kuota internemu tidak boros.

Atau kamu juga bisa melakukan pembaharuan terhadap aplikasi tersebut hanya menggunakan wifi saja. Cara mengaturnya pun sangat mudah, cukup pergi ke Play Store, lalu pilih menu Setting. Dan kemudian klik Auto Update apps dan terakhir pilih update apps over WiFi only.

5. Cari tahu dan batasi aplikasi

Mengidentifikasi Pemakaian Aplikasi
Mengidentifikasi pemakaian aplikasi | idcheck.io

Setiap aplikasi pasti memiliki jumlah pemakaian kuota internet yang berbeda-beda. Misalnya aplikasi YouTube dengan Instagram, tentunya kamu sudah tahu mana aplikasi yang banyak menyedot data. Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu aplikasi mana saja yang banyak menyedot kuota internet.

ARTIKEL TERKAIT •
Sedang Asyik Main Game, Hp Bocah ini Dijambret, Reaksi 'Santuy' Temannya Bikin Heran

Jika dirasa aplikasi tersebut tidak terlalu penting, kamu bisa menguninstal aplikasi tersebut. Atau bisa juga menggantinya dengan aplikasi serupa yang lebih hemat penggunaan kuota internetnya.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Kontak Hp Yang Hilang Atau Terhapus Dalam Hitungan Detik

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet supaya tidak boros penggunaannya. Cara atau tips ini sangat perlu diaplikasikan, terutama bagi kamu anak kos.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks