menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comTeknopediaGadgetsCara Menghapus Malware di Android Terbukti Ampuh

Cara Menghapus Malware di Android Terbukti Ampuh

Cara Menghapus Malware Di Android Terbukti Terbaru
Cara Menghapus Malware Di Android Terbukti Terbaru

Malware yang menyerang ponsel kita tentunya sangat menganggu aktivitas kita saat mengoperasikan ponsel tersebut. Bagaimana tidak, saat sedang asyik-asyiknya bermain, tiba-tiba muncul sebuah pop-up iklan. Nah, pada kesempatan kali ini Bebaspedia akan memberikan cara ampuh untuk menghapus malware pada ponsel android.

Bukan hanya membuat kita kesal, malware pada android juga ternyata berbahaya bagi ponsel kita. Selain memunculkan iklan menganggu, mereka dapat mencuri data-data penting yang terdapat pada ponsel kita.

Untuk itu, kamu harus mengetahui apa saja ciri-ciri smartphone yang sudah terkena malware.

Ciri-ciri Smartphone yang Diserang Malware

Ciri Ciri Smartphone Terserang Malware
Foto: Liputann6.com

Sebelum mengetahui cara menghapus malware di android. Tentunya kamu harus mengetahui apa saja ciri-ciri smartphone telah diserang oleh malware terlebih dahulu.

Jika ponsel kamu sudah terjangkit ciri-ciri di bawah ini, maka kamu harus segera mengambil tindakan secepatnya.

  • Ponsel jadi mudah panas. Karena adanya aplikasi yang beroperasi di latar belakang tanpa persetujuan. Sehingga membuat resources terpakai tanpa henti yang membuat ponsel cepat panas.
  • Sistem pada smartphone bekerja sangat lamban. Sampai-sampai membuka aplikasi ringan saja sangat lama loadingnya.
  • Baterai menjadi cepat habis.
  • Kerap muncul iklan pop-up secara tiba-tiba ketika mengoperasikan ponsel.
  • Penggunaan paket data cepat terkuras habis.
  • Ketika sedang berada di panggilan telepon, suinyala tau suara jadi putus-putus.

Lantas, darimana datangnya malware pada smartphone Android?

Sebenarnya banyak cara malware menghinggap ke smartphone kamu. Namun, setidaknya terdapat empat cara yang bisa dijadikan jalur penyusupan malware pada smartphone.

  1. Mendownload file aneh-aneh dari situs yang tidak jelas.
  2. Menginstal aplikasi yang berasal dari luar Google Play Store.
  3. Membuka tautan yang berasal dari kiriman email, aplikasi chatting, atau instant messanger.
  4. Sebelumnya pernah terhubung ke jaringan hotspot publik atau bluetooth.
ARTIKEL TERKAIT •
Fuchsia, Sistem Operasi Baru Milik Google Pengganti Android

Nah, jika ponsel kamu pernah melakukan salah satu penyabab di atas, maka sudah kemungkinan ponsel kamu sudah tersusupi oleh malware. Dan kamu harus menghapus malware pada ponsel android kamu.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penguat Sinyal Seluler Dan Wifi Terbaik 2021 Android

Cara Menghapus Malware di Android Dengan Aplikasi

Menghapus Malware Di Android Dengan Aplikasi
Foto: Kompasiana.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan malware di Android adalah dengan menginstall aplikasi antivirus yang terdapat di Google Play Store atau App Store.

Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan iklan di android atau menghapus malware iklan di android.

Memang malware tidak terlalu berbahaya bagi smartphone android kita. Namun, adanya malware hanya membuat kita jadi kesal dan jengkel karena iklan yang muncul secara tiba-tiba.

Terlebih saat ini, tak sedikit aplikasi di Google Play Store yang mengandung malware. Karena aplikasi tersebut meminta izin yang berbeda dengan peruntukannya. Karena itulah kita harus berhati-hati ketika memasang aplikasi pada ponsel kita.

Terdapat beberapa rekomendasi aplikasi antivirus untuk menghapus malware di android. Beberapadi antaranya seperti Avast, Kaspersky, AVG, dan ESET.

ARTIKEL TERKAIT •
Call of Duty: Warzone , Inilah Keunikannya dari Game Battle Royale lainnya

Kamu bisa memilih salah satu aplikasi di atas. Kalau smartphone terindikasi terserang malware, kamu bisa langsung menghilangkan malware tersebut menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Touch Screen Error Pada Ponsel Android

Cara Menghapus Malware di Android Tanpa Aplikasi

Menghilangkan Malware Di Android
Foto: CNNIndonesia.com

Kalau dengan antivirus, masalah malware belum bisa teratasi, kemungkinan masalah malware yang menyerang sangat parah. Hingga dapat menghalangi aplikasi antivirus untuk beroperasi, seperti mendeteksi atau menghapusnya.

Jika masalah tersebut datang, kamu harus menghapusnya secara manual. Nah, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghapus malware secara manual.

1. Pergi ke Safe Mode

Jika ponsel memasuki safe mode, berarti yang hanya berjalan hanya aplikasi bawaan dari pabrik dan Google saja.

Cara untuk mengaktifkan safe mode ialah, menekan tombol power dan tahan agak lama. Untuk smartphone keluaran terbaru biasanya akan muncul beberapa pilihan diantaranya restart, shutdown, emergency mode, dan safe mode.

Safe Mode Android
Ilustrasi

Kalau pilihan safe mode belum juga muncul, kamu bisa menekan dan menahan pop-up di layar hinga keluar konfirmasi safe mode. Lalu tekan OK.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi 17 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android

Namun, kalau pilihan tersebut tidak muncul, berarti opsi tersebut sudah terblokir akibat malware yang menyerang ponsel kamu. Yang artinya kamu harus melakukan hard reset.

Safe Mode
Ilustrasi

Setiap smartphone, memiliki cara tersendiri untuk melakukan hard reset. Ada yang harus menekan tombol volume up dan down bersamaan ketika proses booting.

Dan ada juga harus menekan dan menahan tombol power selama 8 detik atau lebih. Oleh karena itu, kamu harus membaca buku manual smartphone milikmu.

2. Menghapus aplikasi Aneh

Cara ini dilakukan masih dalam fitur safe mode. Setelah itu, pilih Pengaturan -> Apps -> Downloaded. Nah, di sini kamu bisa menghapus aplikasi yang aneh atau menurut kamu asing. Caranya klik icon aplikasi yang ingin dihapus, kemudian pilih opsi Uninstall.

Terkadang proses ini bisa saja gagal karena aplikasi itu telah terdaftar sebagai administrator.

Cara mengatasinya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan -> Keamanan -> Administrator Perangkat.

Pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu hilangkan tanda aktif administrator yang berada di sampingnya. Kemudian restart ponsel dan kembali masuk ke mode biasa.

ARTIKEL TERKAIT •
Nostalgia Game Lawas (6) : Elevator Action – Nintendo NES System

Baca Juga: 4 Kebiasaan Sepele Yang Bikin Ponsel Cepat Rusak

Mencegah Agar Smartphone Tidak Terserang Malware

Mencegah Malware Di Android
Foto: Klikpositif.com

Bukan hanya manusia yang harus menjaga kesehatannya. Kita sebagai pemilik tentu harus menjaga ponsel untuk selalu berada dalam kondisi yang optimal.

Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan ini juga berlaku pada ponselmu. Selain mengetahui cara menghapus malware, kamu juga harus mengetahui cara mencegah malware agar tidak menyerang ponsel kamu.

  1. Jangan mendownload sesuatu dari situs yang aneh atau sembarangan. Misalnya dari situs download ilegal yang tanpa menggunakan https.
  2. Jangan asal mengklik link yang dikirim melalui SMS, aplikasi chat, atau email. Kalau kamu merasa itu berbahaya dan dikirim oleh orang tidak dikenal, lebih baik blokir saja langsung.
  3. Hati-hati kalau menginstal aplikasi dari luar Play Store atau App Store.
  4. Aktifkan antivirus ketika terhubung dengan jaringan WiFi. Supaya jika ada yang mencoba masuk lewat backdoor langsung terdeteksi.

Baca Juga: Benarkah Meletakkan Ponsel Basah Ke Dalam Beras Bisa Menyerap Airnya?

ARTIKEL TERKAIT •
5 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Dengan Hasil Terbaik

Nah, demikianlah penjelasan mengenai cara menghapus malware di android dengan cepat. Berbagai cara dapat kamu gunakan, semoga ponsel milikmu bisa aman dari serangan malware yang menganggu.

Add comment