Teknopedia

Whatsapp Susah Diakses? Ternyata Memang Sengaja Dibatasi Untuk Mencegah Hoax

Beberapa platform sosial media seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram sempat susah diakses oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Memang akhir-akhir ini, platform milik Mark Zuckenberg sering mengalami down. Namun, kali ini penyebabnya berbeda.

Platform sosial media memang sengaja dibatasi aksesnya oleh Kominfo. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran hoax yang biasanya muncul dari chat di sosial media khususnya Whatsapp.

Hari ini, Rabu (22/05/2019) Kominfo melakukan pembatasan akses di sejumlah sosial media secara sementara. Modus penyebaran hoax memang sering muncul di sosial media seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook. Namun, Kominfo nampaknya fokus di WA yang menjadi modus yang paling sering digunakan oleh penyebar hoax.

Fitur foto dan video di whatsapp, sering disalahgunakan untuk menyebarkan hoax oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Apalagi kondisi sekarang yang begitu memanas, setelah kerusuhan mengenai hasil Pemilu, tadi pagi.

Meme, video dan foto hoax biasanya muncul di Facebook dan Instagram. Tapi, biasanya viralnya melalui grup-grup whatsapp. Jadi, Kominfo melakukan tindakan preventif untuk mencegah berita hoax yang tersebar di Whatsapp dengan melakukan pelambatan kecepatan saat mengirim/mendownload foto dan video di Whatsapp.

Jadi, begitulah kenapa Whatsapp tiba-tiba susah di akses di Indonesia.

Sumber : Kompas

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.