Mau memanjakan kuping? Jangan pilih Headphone dengan gimmick gaming!

Headphone Musik Apa Headphone Gaming

Teknopedia – Salah kaprah menggunakan headphone dengan gimmick gaming masih "mewabah" di Indonesia, dengan artian bahwa headphone gamming sangat bagus di kualitas suara, bahan, ataupun seketika menjadi dengan "dewa" kalau memakainya. 

Jika anda ingin mengincar portabilitas memang headphone gaming ada untuk itu namun jika ingin mengincar kualitas suara, build quality, soundstage, dan bahkan intensitas suara yang lebih kencang maka disarankan memilih music headpone.

Mengapa Musik Headphone

Karena tujuan utamanya ialah memanjakan anda dengan fokus di bagian suara serta nyaman dalam penggunaanya. Dimulai dari soundstage yang akan memberikan anda pengalaman mendengarkan musik seperti menghadiri konser kesayangan anda. 

Adapun karakter suara yang berbeda seperti v-shaped , warm, flat, bright, cold, dan masih banyak lagi tetapi biasanya kaum awam disarankan mencoba tipe v-shaped karena hampir semua orang cocok dengan karakter suara seperti ini. 

Nah, dibagian headphone build quality biasanya headphone agak sedikit kurang baik dibanding music headphone, seperti terkesan plastik tipis(jika kedua housing headphone sama-sama berbahan polycarbonate).

Biasanya juga, headphone gaming mengeluarkan gimmick frekuensi mencapai 40Khz yang dimana manusia hanya bisa mendengar sampai 20Khz, dalam praktiknya sangat sulit membedakan kualitas suara jika dilihat dari frekuensi saja. Hanya ada 1 kekurangan yang cukup menjadi pertimbangan untuk tidak memilih headphone yaitu portabilitas dimana music headphone tidak memiliki built-in microphone seperti kebanyakan gaming headphone, akan sangat sulit bagi gamer-gamer untuk mendukung mobilitasnya seperti main ke i-cafe ataupun turney. 

Kebohongan terbesar yang pernah dilakukan produsen gaming headphone adalah memasang 7.1 surround sound yang dimana hanya ada 2 driver fisik saja tiap headphone. True 7.1 biasanya ada pada home teather yang memiliki 7 speaker dan 1 bass, jangan terperdaya!


Lalu Bagaimana saya memilih Headphone yang tepat untuk Saya?

Lalu Bagaimana saya memilih headphone yang tepat untuk saya? Jujur di range harga yang sama headphone gaming dan music headphone sangat jauh bedanya dari segi detail suara, build quality, maupun soundstage. 

Jika anda adalah orang yang aktivitasnya tidak terganggu oleh lampu-lampu RGB ataupun built-in microphone sebaiknya memilih music headphone tapi jika anda mempunya mobilitas sangat tinggi untuk berpergian dengan mengikuti event-event warnet(sejenisnya) ada kalanya disarankan memilih headset gaming.Contoh yang sudah saya bandingkan ialah Ath m50x dengan steelseries arctis 5. 

Cobalah beranikan audisi sendiri di toko headphone kesayangan anda ! saran kecil dari saya ialah perhatikan impendansi headphone yang akan anda beli agar device anda tidak kesulitan mengedrive pilihlah dibawah 60 Ohm, jika diatas itu device anda kemungkinan tidak kuat yang mengakibatkan hanya 50% power yang keluar alias suaranya kecil dibandingkan seharusnya. Kalau masih nekat , belilah amplifier tambahan.

[zombify_post]

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan