Perbedaan Antara Headset, Headphone, Handsfree, dan Earphone

in ,
Credit picture: Unsplash

Seiring majunya perkembangan teknologi dari zaman ke zaman, tak heran jika sudah kita temui berbagai macam aksesoris yang memiliki fungsi teknis yang modern, menyesuaikan kebutuhan kita sehari-hari.

Kali ini, kita akan membahas salah satu perangkat yang sering kali dianggap sama oleh kebanyakan awam, padahal meskipun jenisnya sama, fungsinya berbeda-beda tergantung penggunaannya.

Ialah alat yang pada umumnya biasa kita gunakan pada telinga kita, ketika kita hendak mendengarkan musik atau menonton video di smartphone atau laptop kita.

Kebanyakan orang menyebutnya headset, padahal masih ada tiga alat serupa yang memiliki fungsi sedikit berbeda. Berikut ulasan perbedaannya.

Headphone

Headphone | IDN Times

Headphone merupakan alat yang hanya bisa kita gunakan untuk mendengarkan audio saja, tanpa adanya fungsi komunikasi. Headphone sangat cocok bagi kita yang suka mendengarkan musik, karena kualitas suara pada headphone lebih baik dibandingkan jenis alat serupa lainnya.

Headset

Headset | IDN Times

Bisa dibilang headset merupakan headphone dengan tambahan microphone. Jadi dengan menggunakan ini, kita bisa berkomunikasi layaknya kita bertelepon dengan kerabat kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Mentega dan Margarin

Headset lebih banyak digunakan pada PC atau Laptop, era sekarang, eranya para gamer. Banyak muda mudi yang memainkan game online dengan menggunakan headset sebagai media berkomunikasi dengan teman gamer lainnya di satu permainan yang dimainkan.

Headset memiliki dua audio jack, yang pertama input yaitu microphone dan yang kedua ialah output yaitu speaker.

Earphone

Earphone | IDN Times

Earphone sebenarnya tidak berbeda secara fungsional dengan headphone, namun earphone lebih memiliki bentuk yang fleksible. Lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Handsfree

Handsfree | IDN Times

Nah bisa dibilang, handsfree merupakan gabungan dari fungsi ketiga alat di atas tadi. Handsfree memiliki bentuk fleksible seperti earphone, memiliki fungsi audio yang baik seperti headphone, lalu memiliki microphone sebagai alat komunikasi.

Tidak hanya itu, handsfree juga memiliki tombol untuk mengatur volume, dan juga terdapat juga handsfree yang diberikan tombol untuk menerima atau memutuskan hubungan suatu panggilan.

Alat ini lah yang biasa kita temukan pada dashbook smartphone kita. Seiring majunya teknologi, handsfree pun kini terdapat fitur bluetooth. Sehingga tanpa perlu menggunakan kabel lagi sebagai konektor ke perangkat kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Whey Protein dan Protein Kasein Dalam Susu

Berikan Nilai Untuk Konten ini