menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Flora dan Fauna 5 Hewan Berukuran Kecil Tapi Sangat Berbahaya

5 Hewan Berukuran Kecil Tapi Sangat Berbahaya

hewan kecil yang sangat berbahaya
Bullet Ant | Critter Science

Berikut adalah 5 hewan berukuran kecil tapi, sangat berbahaya bagi manusia.

Salah satu pepatah top barat adalah, size is not matter. Dan biasanya pepatah ini dirujuk ke manusia atau hewan berukuran kecil yang diam-diam sangat berbahaya.

Faktanya, memang banyak banget hewan berukuran kecil di luar sana yang ternyata diam-diam, sangat berbahaya. Dan berikut adalah 5 contoh hewan berukuran kecil tapi sangat berbahaya tersebut.

1. Anopheles

Anopheles
Anopheles | Scientist Against Malaria

Hewan berukuran kecil tapi sangat berbahaya yang pertama tak lain dan tak bukan, adalah nyamuk Anopheles.

Bagi kita yang belajar ilmu Biologi, pastinya tahu kalauk nyamuk Anopheles, adalah nyamuk yang kerap memberikan penyakit malaria ke individu yang digigit olehnya. Dan Malaria seperti kita tahu, adalah salah satu penyakit yang kerap menghilangkan nyawa penderitanya.

Anopheles biasanya mencari mangsa di malam hari. Jadi sangat disarankan bagi kita untuk mengenakan olesan anti nyamuk atau penutup tubuh lainnya yang tidak bisa dijangkau oleh si Anopheles ini.

2. Bullet Ant

Large
Bullet Ant | iNaturalist

Seperti namanya, ini adalah semut yang juga disebut dengan Semut Peluru. Dan apabila kita digigit oleh semut ini, dijamin perihnya berkali-kali lipat.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenapa ya Lalat Sangat Sulit Ditangkap atau Dipukul, Ini Alasannya

Perih disini, maksudnya adalah sensasi seperti terkena peluru panas. Selain itu, biasanya yang telah tergigit oleh semut ini, ia akan merasa pusing selama 24 jam.

3. Caplak

Caplak
Caplak | PETROKIL PEST CONTROL

Atau disebut juga dengan kutu busuk. Gigitan caplak akan men-transfer virus, bakteri, dan mikro-organisme mikro-organisme lainnya ke dalam tubuh kita.

Alhasil apabila kita sudah menerima transferan si Caplak, kita akan mengalami beberapa penyakit mengerikan seperti: Demam Tularemina, Lyme, atau minimalnya kepala pusing-pusing hebat.

4. Tarantula Hawk

Tarantula Hawk
Tarantula Hawk | HowStuffWorks

Walau memiliki nama yang gokil, percayalah bahwa si kecil ini sangatlah fatal bagi tubuh manusia.

Menurut para peneliti dan yang sudah pernah terkena, umumnya individu yang tergigit Tarantula Hawk, akan menderita kelumpuhan.

5. Lalat Tsetse

25tsetse Superjumbo
Lalat Tsetse | The New York Times

Walau namanya mengindikasikan lalat ini berasal dari Cina, tapi Lalat Tsetse lebih banayk ditemukan di Afrika.

Tidak seperti lalat pada umumnya yang lebih mencari sisa makanan, lalat Tsetse adalah jenis lalat predator. Ia lebih suka menghisap darah mahluk hidup bertulang belakang.

Apabila kita tersengat olehnya, kita akan langsung mengalami gangguan tidur berat alias insomnia. Selain itu, kita akan demam tinggi, sakit kepala, dan juga bengkak leher. WOW ngeri bukan? Semoga pembahasan ini bermanfat ya guys!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks