5 Ciri-Ciri Kucing Sakit yang Harus Kamu Ketahui Agar Mpuss Cepat Sembuh

in
5 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Harus Kamu Ketahui Agar Mpuss Cepat Sembuh
5 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Harus Kamu Ketahui Agar Mpuss Cepat Sembuh

Bagi pecinta kucing, pastinya mereka tidak ingin melihat kucing kesayangan mereka mengalami sakit. Oleh karena itu, kita harus mengecek untuk mengetahui apakah ia terindikasi hal-hal yang dapat membuatnya diserang penyakit. Karena pada dasarnya kucing tidak bisa bicara sama seperti manusia.

Jika kucing mengalami gangguan kesehatan, maka ia membutuhkan perawatan yang pas agar kesehatannya tidak bertambah parah. Kita bisa melihat apakah dia sakit atau bukan melalui ciri-ciri tertentu. Nah, berikut ciri-ciri kucing sakit yang harus kamu ketahui agar penyakitnya tidak semakin parah.

1. Tidak aktif seperti biasanya

Kucing Lemas
Photo: PDSA.org.uk

Biasanya kucing yang sehat akan aktif atau lincah bermain dan berlarian kesana kemari. Jika kucing kamu tiba-tiba jadi pendiam dan kurang aktif maka kemungkinan besar itu adalah ciri-ciri kucing kamu sedang sakit.

Oleh karena itu, ketika kamu melihat dia suka menyendiri atau kerjaannya hanya tidur saja, maka kamu harus memberikan perawatan kepadanya atau kalau bisa membawanya ke dokter kucing.

Baca Juga: Mengapa Kucing Suka Makan Rumput? Inilah Penjelasannya

ARTIKEL TERKAIT •
Kucing Tidak Mau Makan? Apa Sih Penyebabnya

2. Tidak ada selera makan

Kucing Tak Mau Makan
Photo: Animalpath.org

Kalau kamu melihat kucing kamu tidak ada nafsu makan, padahal kamu sudah memberikannya makanan kesukaannya, tandanya kucing kamu sedang sakit.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mendekatkan hidungnya dengan makanan kesukaannya. Atau bisa juga dengan memberikan makanan basah dari produk makanan kucing, seperti Royal Canin atau Whiskas.

3. Diare dan muntah

Ciri Kucing Sakit Mengalami Diare
Photo: chewy.com

Biasanya kucing yang mengalami diare dan muntah disebabkan karena ia tengah demam. Untuk itu, cobalah untuk memeriksa tempat ia membuang kotorannya. Kemudian perhatikan bagaimana bentuk kotorannya.

Kalau bisa jangan biarkan kotoran yang berada di kotak pasirnya terbengkalai begitu saja. Sehingga kamu harus membuangnya setelah ia baru selesai pup.

4. Jadi galak tiba-tiba

Kucing Jadi Galak
Photo: bbc.com

Ciri-ciri kucing sedang sakit selanjutnya adalah secara tiba-tiba dia menjadi galak. Padahal sebelumnya dia bersikap biasa saja, santai, dan tenang, tapi tiba-tiba berubah menjadi galak. Hal ini biasanya terjadi saat dia sedang sakit.

Ketika kucing sakit, mereka akan merasakan sesuatu yang tak nyaman pada diri mereka. Saat ada yang mendekatinya, dia akan marah karena merasa ingin sendirian saja.

ARTIKEL TERKAIT •
Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit

5. Tubuh kucing panas

Kucing Panas
Photo: chewy.com

Perlu kamu ketahui, suhu normal kucing berada di kisaran 37,7 – 39,1 derajat Celcius. Kalau kamu melihat kucingmu bawaannya lemas dan tidur terus menerus, tak ada salahnya untuk mengukur suhu tubuhnya.

Nah, jika suhu tubuhnya berada di atas 39,1 derajat Celcius, itu tandanya kucing sedang demam.

Nah itulah, ciri-ciri kucing sakit yang harus kamu ketahui sebagai pecinta kucing. Sebaiknya jangan sampai kamu memberikan obat penurun panas khusus manusia. Karena jelas kondisi tubuh kucing itu berbeda sekali dengan manusia.

Baca Juga: Ini Alasan Kucing Suka Bermain Dan Berkelahi Dengan Kucing Lain

Kalau kondisi sakitnya semakin parah, ada baiknya kamu membawanya segera ke dokter hewan untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.