Terlihat Sama, Ini Perbedaan Kura-Kura dan Penyu

in
Large Penyu
Credit Picture: Beritasenter

Selama ini, banyak awam yang menganggap bahwa kura-kura dan penyu adalah sama karena keduanya memiliki tempurung di punggungnya.

Terlihat mirip memang, namun kedua hewan tersebut merupakan jenis yang berbeda, meskipun berasal dari ordo yang sama, yaitu Terstudinata.

Berikut perbedaan kura-kura dan penyu!

Bentuk tubuh

Sama-sama hidup di air, namun penyu lah yang paling suka berenang. Ini bisa dilihat dari bentuk kakinya, bentuk kaki penyu seperti sirip. Berbeda dengan kura-kura yang memiliki kaki yang pendek dengan cakar yang panjang yang digunakan untuk menggali tanah.

Kurapenyu 730x350 1
Sumber gambar: apaperbedaan

Kura-kura memiliki tempurung yang lebih keras dibandingkan penyu. Saat terancam, kura-kura akan memasukan kepala dan kakinya ke dalam tempurung, berbeda dengan penyu yang tidak dapat melakukan hal demikian.

Habitat dan Cara Bertelur

Baik penyu dan kura-kura dapat hidup di dua tempat berbeda, yaitu darat dan air. Namun penyu lebih suka berenang di air dan beraktivitas di dalamnya dibandingkan di darat.

Hal ini berbanding terbalik dengan kura-kura yang lebih sering menghabiskan waktunya di darat. Habitat mereka juga berbeda, jika penyu hidup di air laut atau air asin, kura-kura hidup di air tawar.

ARTIKEL TERKAIT •
Tujuan Kucing Menjulurkan Lidahnya

Jika penyu bertelur, ia akan ke daratan untuk membuat lubang sebagai tempat telurnya menetas. Setelah bertelur, ia akan kembali ke laut meninggalkan lubang dan telurnya.

Berbeda dengan penyu, kura-kura akan terus melindungi telurnya hingga menetas hingga dianggap sudah bisa hidup sendiri. Kira-kira pada umur 80 hari, anak-anaknya akan dibiarkan hidup bebas.

Makanan dan usia

2018 05 18 A Penjaga Sumberdaya
Penyu | kkp.go.id

Penyu merupakan omnivora, yaitu pemakan segala. Baik hewan laut atau pun tumbuh-tumbuhan di laut. Penyu bisa memakan ubur-ubur, cacing laut, sampai ikan-ikan kecil di laut.

Berbeda dengan kura-kura yang merupakan hewan herbivora, yang hanya memakan rumput, sayur sampai bunga.

Rata-rata usia penyu biasanya memiliki masa hidup 60 hingga 70 tahun, berbeda dengan kura-kura yang memiliki masa hidup lebih panjang, yaitu 80 hingga 150 tahun.

Berikan Nilai Untuk Konten ini