Apa Yang Terjadi Pada Kita Saat Tenggelam Di Suhu Air Yang Sangat Dingin?

in
Apa Yang Terjadi Pada Kita Saat Tenggelam Di Suhu Air Yang Sangat Dingin?

Apa yang bakal kamu lakuin saat kamu tenggelam di dalam air yang sangat dingin, air yang memiliki suhu 15° Celcius. Tentunya sangat mengerikan bukan? Nah mungkin kamu penasaran apa yang bakal terjadi pada diri kamu jika kamu benar-benar tenggelam di air yang sangat dingin.

Inilah yang terjadi jika kamu tenggelam di air dingin

1. Tidak mengenal kemampuan renang jika tenggelam di air dingin

Tidak Mengenal Kemampuan Renang Jika Tenggelam Di Air Dingin
Sumber : idntimes

Sebuah artikel dengan judul Diving Into Cold Water Can Be Deadly – Here’s How To Survive It mengatakan ada setidaknya 400 orang tewas setiap tahunnya karena air dingin. Kebanyakan dari mereka adalah pria yang pandai berenang dan memiliki usia di bawah 30 tahun.

2. Shock air dingin sesungguhnya adalah pelaku utama pembunuhan

Shock Air Dingin Sesungguhnya Adalah Pelaku Utama Pembunuhan
Sumber : idntimes

Sebenarnya air dingin adalah salah satu pembunuh yang utama, meninggal dunia akibat air dingin memang berawal dari membuat kondisi fsikologis kita menjadi sulit merespon karena keadaan suhu yang berubah drastis.

3. Shock air dingin lebih cepat membuat kamu kehabisan napas

Shock Air Dingin Membuatmu Lebih Mudah Kehabisan Napas
Sumber : idntimes

Perubahan suhu membuatmu panik dan sulit mengambil nafas dengan teratur, seketika juga dapat meningkatkan detak jantung mu. Kontrol nafas yang tidak benar dapat membuatmu cepat lelah dan membuatmu tidak dapat berkutik walau kamu perenang baik sedikitpun jika didalam air dingin.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Udara Dingin Membuat Kita Ingin Buang Air Kecil?

4. Kamu juga tidak bisa membedakan lagi yang mana atas dan bawah

Kamu Juga Tidak Bisa Membedakan Lagi Yang Mana Atas Dan Bawah
Sumber : idntimes

Air dingin juga dapat membuat mu terkena vertigo, ketika kamu panik saat merasakan air dingin menyentuh telingamu, membuat kamu tidak bisa mengontrol pergerakan saat tenggelam di air dingin dan tidak dapat mempertahankan tubuhmu agar tetap mengambang di permukaan air.

5. Seluruh tubuh akan mulai mati rasa

Seluruh Tubuh Akan Mulai Mati Rasa
Sumber : idntimes

Tahukah kamu? Yang menyebabkan kamu tenggelam adalah akibat dari kondisi dimana kamu mengalami penurunan aliran darah yang diproduksi tubuh dengan jumlah yang sangat ekstrem, itu bisa terjadi setelah 5-15 menit kamu tenggelam di air dingin. Bisa berkemungkinan darahmu mulai membeku karena dinginnya suhu.

6. Jika masih bertahan, maka hipotermia yang akan menyerangmu

Jika Masih Bertahan Maka Hipotermia Yang Akan Menyerangmu
Sumber : idntimes

Jangan berbangga diri ketika kamu masih bisa bertahan tanpa kemungkinan lain, setelah vertigo yang mungkin tidak kamu alami, maka keumngkinan lain kamu akan terkena hipotermia yang bisa membuatmu kehilangan fokus, linglung, bahkan denyut nadimu akan perlahan melemah.

7. Diselamatkan belum tentu terselamatkan

Diselamatkan Belum Tentu Terselamatkan
Sumber : idntimes

Penyebab yang lain adalah ketika kamu pingsan atau mungkin lebih parah nya adalah kematian karena perbedaan suhu yang ekstrem jauh dari suhu awal. Penyebabnya bisa jadi adalah gagal jantung. Kamu juga bisa terkena circum rescue collapse dimana perbedaan suhu memang terasa sangat esktrem seperti awal, resiko kematian pun besar kemungkinannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Saat Malu, Pipi Kita Memerah?

8. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup dengan tidak panik

6 2 Cf6c501ca6b1fb0f003d7c4868817a10
Sumber : idntimes

Kamu tidak boleh panik saat kamu tenggelam di air dingin, usahakan untuk berteriak minta tolong dan mengontrol tubuh agar terus berada dipermukaan, bernafaslah dengan normal dan lambaikan tangan jika memang melihat penyelamat atau orang lain.

Akan lebih baik jika kamu berhati-hati dimanapun dan kapanpun dengan air dingin. Karena air dingin bisa menjadi penyebab utama kematian.

Berikan Nilai Untuk Konten ini