Cara Belajar Sampai Paham: Teknik Feynman

in ,
Maxresdefault

Sebagian besar dari kita mungkin beranggapan bahwa kegiatan belajar itu membosankan dan tidak menarik dan dulu saya juga seperti itu. Apalagi ketika membaca buku yang tebal atau menghapalkannya, bagi sebagian besar orang mungkin itu kegiatan yang membosankan.

Nah, kali ini saya akan membahas sedikit tips belajar sampai paham menggunakan teknik Feynman.

Mari kita cari tau apa itu teknik Feynman?

Teknik Feynman

Feynman mengacu pada nama Richard Phillips Feyman dia adalah seorang ilmuwan, lebih tepatnya fisikawan teoritis yang memenangkan penghargaan nobel fisika pada tahun 1965 untuk teori elektrodinamika kuantum yang di kembangkannya. Yang unik dari Feynman selain kejeniusannya adalah kemampuannya untuk menjelaskan konsep – konsep yang kompleks dengan mudah. Sampai – sampai dia di juluki sebagai The Great Explainer atau Si Pemberi Penjelasan Yang Hebat.

220px RichardFeynman PaineMansionWoods1984 CopyrightTamikoThiel Bw
Richard Feynman
Sumber foto: Wikipedia

Teknik Feynman adalah teknik belajar dengan seolah-olah mengajarkannya pada orang lain. Cukup tulis catatan yang seolah-olah akan dibaca oleh orang lain dengan penyampaian yang sederhana dan mudah dipahami.

Teknik belajar Feynman ini di bagi ke dalam 4 tahapan langsung saja:

  1. Pilih materi yang akan kamu pelajari dan catat poin-poin penting dari materi tersebut di atas sebuah kertas kosong. Jangan lupa untuk menuliskan yang mana poin yang udah kamu ketahui dan yang mana yang belum kamu pahami.
  2. Berpura-puralah kamu sedang mengajarkan materi tersebut kepada orang lain. Jelaskan materi yang udah kamu tulis di atas buku catatan tadi sesederhana mungkin, seolah kamu lagi mengajarkan seorang anak kelas 4 SD. Dengan begini, kamu sendiri jadi mengerti akan bagian-bagian mana yang sudah kamu kuasai, maupun yang kurang kamu pahami.
  3. Buka lagi buku rujukanmu. Kalau kamu merasa kesulitan mengingat atau menjelaskan suatu bagian, ayo, buka lagi buku rujukanmu. Baca lagi materinya hingga kamu bisa benar – benar menjelaskan hal tersebut dengan simpel.
  4. Gunakan analogi untuk menghubungkan konsep yang lagi kamu pelajari dengan hal-hal yang udah kamu ketahui sebelumnya. Menghubungkan sebuah informasi yang baru saja kamu dapatkan, dengan informasi yang sudah tersimpan di memori kamu atau yang terkait dengan keseharian. Cara ini bisa membantumu memahami materi.

Teknik Feynman bisa digunakan untuk apa saja, dari memahami masalah sederhana hingga yang rumit, beberapa di antaranya:

  • Belajar pelajaran sekolah,
  • Persiapan UN,
  • Seleksi perguruan tinggi SBMPTN,
  • Programming,
  • Marketing
  • dan lain sebagainya

Metode Feynman ini bisa kamu pakai untuk mempelajari sebuah materi yang baru, memperdalam pemahaman hal yang sudah pernah kamu pelajari sebelumnya, mengingat sebuah konsep, atau persiapan ulangan serta kuis. Tertarik buat mencobanya?

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih

Referensi:

  1. https://www.linkedin.com/pulse/20141024121647-107244930-how-to-learn-anything-faster-with-the-feynman-technique/
  2. http://physicsdatabase.com/2013/12/29/the-ultimate-richard-feynman-collection/
  3. https://www.google.co.id/url?sa=i&source=web&cd=&ved=2ahUKEwif7YTswqfhAhUIpI8KHaLZCCoQzPwBegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fsaintif.com%2Fbelajar-cepat-teknik-feynman%2F&psig=AOvVaw1BFR3zBzw5C4WUnzXIrVLO&ust=1553954791538530
  4. https://www.youthmanual.com/post/life/how-to/metode-feynman-empat-langkah-praktis-untuk-belajar-segala-hal

Sumber gambar utama:

  1. https://medium.com/@rhythmpatel/learn-faster-with-the-feynman-technique-54b66e2d1372
5/5 (2 Reviews)

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan