Fakta Gurita Dumbo, Penghuni Laut dalam Terimut

Gurita Dumbo dikenal sebagai gurita payung, adalah salah satu jenis gurita yang sangat menggemaskan di seluruh dunia. Simak fakta hewan ini.

4
0

Gurita Dumbo adalah salah satu jenis gurita yang sangat menggemaskan di seluruh dunia. Memiliki nama ilmiah Grimpoteuthis spp. Gurita ini memiliki tubuh kecil dengan panjang sekitar 8 inci yang sangat indah dan menarik. Mereka hidup di kedalaman laut yang gelap dan telah ditemukan di beberapa tempat seperti Australia, California, Filipina, dan Guinea Baru.

Gurita ini adalah bagian dari keluarga Opisthoteuthidae dan dikenal sebagai gurita payung atau umbrella octopus. Tetapi, mengapa disebut Dumbo, dan ada fakta menarik lain yang menarik tentangnya? Jawabannya terdapat dalam penjelasan berikut.

1. Julukan Gurita Dumbo

201802201565718 B

Gurita dumbo, demikian julukan yang diberikan karena bentuk siripnya. Menurut Natural History Museum, hewan ini memiliki penampilan yang setengah transparan dan menonjolkan sirip berbentuk lonceng di tubuhnya. Sirip yang menonjol ini mirip dengan telinga gajah, itulah mengapa bisa menyebutnya “dumbo”. Ocean Today melaporkan bahwa gurita dumbo memiliki sirip dan lengan yang berselaput untuk membantu mereka berenang, sedangkan bagian yang terlihat seperti kepala disebut mantel, yaitu kantong otot yang menyimpan semua organ tubuh dan insang.

2. Tinggal di Laut Dalam

Gurita dumbo tinggal di laut dalam. Meskipun imut, mereka hanya dapat hidup selama 3-5 tahun dan hanya bisa bertahan hidup di perairan laut dalam. Menurut Natural History Museum, hidup di kedalaman 1.000 hingga 7.000 meter di bawah permukaan laut, termasuk zona batial (1.000-3.000 meter) dan zona abisal (3.000-6.000 meter). Di sana, tidak ada sinar matahari dan suhu air sangat dingin. Makanan utama mereka adalah siput dan cacing.

3. Struktur Tubuh Mirip Jelly

R29dpzqhon8z 5fbc5749d541df106c384bf2

Gurita dumbo memiliki struktur tubuh yang mirip dengan jelly yang membantu mereka bertahan hidup di laut dalam. Seperti blobfish, hewan ini mengandalkan tubuhnya yang lembut dan mirip jelly untuk mengatasi tekanan tinggi di lingkungan laut dalam tempat mereka hidup.

Menurut informasi yang sama, dumbo memiliki ukuran mata yang besar dan terkadang mencapai sepertiga dari lebar kepala mereka. Hal ini membantu mereka dalam menangkap sedikit cahaya yang mencapai mereka dari permukaan laut.

4. Tidak Memiliki Kantong Tinta

Gurita dumbo tidak memiliki kantong tinta seperti gurita pada umumnya. Gurita biasanya menggunakan tinta sebagai cara untuk melindungi diri dari ancaman. Ketika merasa terancam, gurita akan menyemprotkan tinta ke arah musuh atau predator. Namun, mereka berbeda karena tidak memiliki mekanisme pertahanan tersebut yang biasa digunakan oleh gurita untuk menghindari serangan.

Menurut Fact Animal, gurita dumbo tidak menggunakan metode ini untuk menghindari predator karena mereka hidup di kedalaman laut yang sangat dalam.

5. Tidak Bergerak dengan Kekuatan Jet

Gurita dumbo tidak memiliki kemampuan bergerak dengan kekuatan jet. Sama seperti gurita pada umumnya, hewan ini memiliki tiga jantung yang membantu dalam peredaran darah di tubuhnya. Mereka juga pandai dalam bersembunyi, bisa mengubah warna kulit mereka seperti kebanyakan gurita lainnya.

Menurut informasi dari Fact Animal, hal yang membedakan gurita dumbo dari jenis gurita lainnya adalah mereka tidak bisa bergerak dengan menggunakan jet propulsion. Jet propulsion adalah proses mengeluarkan air dengan kecepatan tinggi untuk mengendalikan gerakan. Mereka menggunakan sirip dan lengannya untuk mengarahkan pergerakan.

Gurita dumbo memang sangat menggemaskan. Mereka hidup di laut dalam, dan masih banyak informasi yang perlu kita temukan tentang mereka. Meskipun mereka hidup di kedalaman laut yang paling dalam, manusia masih bisa berpengaruh negatif terhadap kelangsungan hidup mereka. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan laut dengan tidak membuang sampah dan limbah agar biota laut tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan