Fakta Mosasaurus yang Lebih Besar dari T-Rex

4
0
Mosasaurus

“Ternyata, salah satu fakta Mosasaurus adalah mereka lebih besar daripada T-Rex”

Siapa sih yang tidak kenal dengan film Jurassic Park dan Jurassic World? Kemungkinan kamu ingat dengan para dinosaurus dari air yang muncul dalam film itu, dinosaurus itu adalah Mosasaurus.

Mosasaurus dalam film adalah dinosaurus ganas yang bahkan sanggup memangsa seekor Indominus rex, si karnivora mirip T-rex dalam film tersebut.

Melihat hewan tersebut mungkin membuatmu menjadi ingin tau secara pribadi soal si Mosasaurus. Berikut ulasan tentang Mosasaurus, hewan terkuat di lautan sepanjang sejarah.

Hewan pemakan segala

Fakta Mosasaurus
Mosasaurus Lebih Besar Dari T Rex Kenali 4 Fakta Mosasaurus | cpdinosaurs.org

Semua spesies Mosasaurus jelas adalah karnivora, deretan makanan utama Mosasaurus adalah ikan, tetapi dari temuan fosil menunjukkan bahwa mereka juga memangsa penyu, burung, hiu, bahkan Mosasaurus yang lebih kecil.

Fosilnya ditemukan di seluruh pelosok Bumi

Fakta Mosasaurus
Mosasaurus Lebih Besar Dari T Rex Kenali 4 Fakta Mosasaurus | Wikipedia

Karena Mosasaurus adalah pemakan segala, mereka adalah salah satu jenis reptil laut purba yang paling kuat. Fosil Mosasaurus telah ditemukan hampir di seluruh pelosok bumi, termasuk Antartika.

Faktanya, ada juga jenis Mosasaurus yang hidup di air tawar, loh. Contohnya Pannoniasaurus yang ditemukan di Hungaria dan Goronyosaurus di Afrika

Terdiri dari banyak spesies-spesies

Mosasaurus Lebih Besar Dari T Rex Kenali 4 Fakta Mosasaurus | Pinterest

Kamu harus tau bahwa Mosasaurus bukan saja sebutan untuk satu spesies dinosaurus saja. Namun merupakan sebutan untuk hewan reptil air purba dari famili Mosasauridae.

Nama dari Mosasaurus sendiri secara harfiah yaitu ‘kadal dari sungai Meuse’ yang mengacu kepada nama sungai di negara Belanda tepat pertama kali fosil Mosasaurus ditemukan. Dari laman Ocean of Kansas menuliskan di dunia ada 40 spesias.

Sangat jauh berbeda dengan Mosasaurus yang ada di sebuah film

Mosasaurus Lebih Besar Dari T Rex Kenali 4 Fakta Mosasaurus | YouTube

Selain dalam ukuran dan juga penampilan fisik, Mosasaurus yang ada di sebuah film Jurrasic World memiliki beberapa hal yang memang tidak terlalu akurat. Mosasaurus di film Jurassic World, mampu melompat sampai keluar dari air, namun faktanya Mosasaurus tidak mampu berenang sehebat itu untuk bisa menciptakan adegan lompatan setinggi itu.

Bukan cuma itu, sirip dari Mosasaurus tidak mendayung saat mereka berenang seperti yang ada di sebuah film, ketika berenang. Mosasaurus mengandalkan gerakan ekornya saja, namun mereka akan merapatkan siripnya ke tubuh mereka.

Sirip Mosasaurus hanya berfungsi untuk menyeimbangkan tubuhnya, bukan untuk membantu mereka berenang lebih cepat. Ya, seperti itu lah fakta tentang Mosasaurus bagi kamu yang penasaran

Tinggalkan Balasan