Fakta Unik Danau Hillier Berwarna Merah Muda di Australia

Danau Hillier adalah salah satu danau berwarna pink yang unik di dunia. Terletak di bagian barat Australia, tepatnya di Middle Island.

5
0

Ada 13 fakta unik tentang Danau Hillier, yaitu danau merah muda yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Danau adalah formasi alam yang terdiri dari air yang membentang luas dan dikelilingi oleh daratan. Umumnya, warna danau adalah hijau atau biru. Namun, pernahkah kamu melihat danau dengan warna merah muda?

Danau Hillier adalah salah satu danau berwarna pink yang unik di dunia. Danau ini terletak di bagian barat Australia, memiliki panjang sekitar 599,8 meter dan lebar 250 meter. Lokasinya berada di Middle Island, Kepulauan Recherche di lepas pantai Esperance.

Seperti Laut Mati, danau ini juga hanya terdapat di perairan asin. Oleh karena itu, tidak boleh mengonsumsi air dari danau ini karena memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Bahkan tingkat keasinannya 10 kali lebih tinggi daripada air laut di sekitarnya.

Belum ada kepastian mengenai penyebab tepat Danau Hillier memiliki warna merah muda yang mencolok. Akan tetapi, ada spekulasi bahwa mikroba memiliki pengaruh terhadap warna merah muda yang terdapat di danau tersebut.

Perpaduan warna merah muda yang mencolok dengan lingkungan hijau dan berbatu sekitarnya membuat danau ini menjadi daya tarik yang menarik bagi para wisatawan.

Dalam artikel ini, kita akan mencari tahu beberapa fakta menarik tentang Danau Hillier. Yuk, mari kita simak informasi berikut ini!

Fakta Unik tentang Danau Hillier

Danau Hillier Danau Pink Di Australia 2
  1. Warna airnya tetap sama walaupun ketika diambil dan ditempatkan di wadah yang berbeda.
  2. Sangat jarang ada danau dengan air berwarna merah muda seperti Danau Hillier di seluruh dunia.
  3. Biasanya, orang-orang hanya bisa melihat Danau Hillier dari udara, seperti menggunakan helikopter atau pesawat terbang karena posisinya yang terpencil.
  4. Danau Hillier dan Kepulauan Recherche adalah bagian dari wilayah yang memiliki status perlindungan.
  5. Tempat tinggal bagi organisme Halobacteria dan alga Dunalliella salina.
  6. Terdapat banyak alga dan bakteri yang jumlahnya sangat besar sehingga membuat seluruh danau berwarna merah muda.
  7. Kombinasi warna merah muda yang mencolok dan kecantikan Danau Hillier menjadikannya menarik bagi para penjelajah angkasa.
  8. Penemunya adalah Mathew Flinders, seorang navigator asal Inggris pada bulan Januari 1802.
  9. Dikelilingi oleh tepi berpasir dan hutan yang rimbun dengan banyak pohon paperbark dan eukaliptus.
  10. Danau Hillier adalah sebuah danau alami yang memiliki warna air merah muda yang unik, bukanlah hasil dari pantulan.
  11. Pada awalnya, Danau Hillier memiliki warna merah muda karena adanya alga. Namun, setelah adanya penelitian, ada fakta bahwa penyebab warna tersebut ialah mikroba Extremophile.
  12. Banyak yang menganggap organisme mikroba Extremophile sebagai makhluk yang paling aneh di bumi karena kemampuannya untuk bertahan hidup di lingkungan yang sangat ekstrem.
  13. Diberi nama ‘Hillier’ oleh Mathew Flinders sebagai penghormatan kepada seseorang yang meninggal karena sakit disentri ketika berada di pulau tersebut.

Tinggalkan Balasan