menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Faktapedia Terbukti, Mengonsumsi 100 gram Kerupuk sama dengan Mengonsumsi Dua Setengah Porsi nasi

Terbukti, Mengonsumsi 100 gram Kerupuk sama dengan Mengonsumsi Dua Setengah Porsi nasi

Terbukti, Mengonsumsi 100 Gram Kerupuk Sama Dengan Mengonsumsi Dua Setengah Porsi Nasi
Terbukti, Mengonsumsi 100 Gram Kerupuk Sama Dengan Mengonsumsi Dua Setengah Porsi Nasi

Kerupuk merupakan salah satu cemilan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Baisanya kerupuk dikonsumsi bersamaan dengan santapan lainnya, seperti bakso, lontong, soto, atau nasi goreng. Bahkan bule sendiri sangat menyukai cemilan ringan satu ini. Alasannya sudah pasti karena rasanya yang enak dan teksturnya yang gurih.

Selain disandingkan dengan makanan lainnya, terkadang kerupuk juga biasanya dikonsumsi sebagai cemilan saat lapar melanda. Namun, apakah mengonsumsi kerupuk bisa membuat kita kenyang? Dan apakah kerupuk bisa menjadi alternatif makanan pokok selain nasi?

Baca Juga: 5 Makanan Yang Sebaiknya Kamu Tidak Makan Di Malam Hari

Makan Kerupuk
Foto: 4trik.com

Penelitian terbaru yang dilakukan membuktikan bahwa mengonsumsi 1000 gram kerupuk sama dengan mengonsumsi dua setengah porsi nasi. Hal tersebut karena setiap satu buah kerupuk bulat memiliki bobot sekitar 15 gram. Jika dikonversikan mengonsumsi kerupuk mengandung 71,4 kalori, 3,3 gram lemak, 0,015 protein, dan 10,6 karbohidrat.

Berdasarkan penelitian lainnya yang dilakukan di Harvard School of Public Health yang melakukan riset terhadap 37.000 responden yang terdiri dari pria dan wanita.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tips Sederhana Mengatasi Rasa Malas Saat Membaca Buku

Penelitian itu menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki gen obesitas akan memiliki resiko kegemukan lebih tinggi ketika mengonsumsi gorengan berminyak dalam porsi yang banyak. Hal tersebut karena, minyak goreng yang ikut dimakan dapat meningkatkan kalori, lemak jenuh, serta lemak trans.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Yang Justru Malah Tidak Sehat Untuk Dikonsumsi

Bedasarkan penuturan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa gorengan memiliki efek negatif bagi tubuh, yakni menderita obesitas.

Makan Nasi
Foto: Suara.com

Memang tak ada salahnya jika kita mengonsumsi kerupuk. Tapi perlu diingat, makanlah dalam jumlah yang secukupnya, jangan sampai berlebihan, karena yang namanya berlebihan itu pasti hasilnya tidak akan baik.

Kalau dibandingkan antara kerupuk dan nasi, sudah pasti akan didapatkan jumlah kalori yang setara. Yang mana 6 buah kerupuk dengan berat 100 gram sama dengan mengonsumsi dua setengah porsi nasi.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Membuat Masalah Mendengkur Makin Parah

Mengenai apakah kerupuk dapat menjadi alternatif dari nasi. Jawabannya bisa iya dan bisa tidak, tapi ini tergantung situasi juga. Namun, alangkah baiknya lebih memilih nasi dibanding kerupuk. Karena kerupuk memiliki kandungan kalori yang lebih banyak. Jadi bagi kamu yang sedang diet, jangan berlebihan ya.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks