menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comFaktapedia4 Peralatan Rumah Tangga Ini, Ternyata Memiliki Kandungan Racun Loh!

4 Peralatan Rumah Tangga Ini, Ternyata Memiliki Kandungan Racun Loh!

Peralatan rumah tangga racun

Ternyata 4 peralatan rumah tangga ini, memiliki kandungan racun loh guys!

Gak dipungkiri rata-rata dari kita jarang tahu dari apa-apa yang ada di peralatan rumah tangga kita.

Spesifiknya kita gak tahu apakah peralatan tersebut memang aman untuk kita pakai atau bahkan konsumsi. Karena faktanya, banyak peralatan sehari-hari yang ternyata memiliki kandungan racun di dalamnya.

Tentunya hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Tapi memang di saat yang sama, kita juga galau. Karena kalau kita tidak menggunakan peralatannya, ya kita gak bisa melakukan kegiatan rutin kita setiap harinya.

Ya memang hal ini gak enak. Sehingga, ya yang bisa kita lakukan adalah lebih berhati-hati dan sering langsung cuci kedua tangan kita setelah menggunakannya.

Dan dari semua perlatan rumah tangga yang memiliki kandungan racun tersebut, berikut adalah 4 peralatan rumah tangga yang sering banget kita gunakan diantaranya.

1. Peralatan Masak Anti Lengket

Peralatan rumah tangga yang kita gunakan sehari-hari dan memiliki kandungan racun, adalah peralatan masak anti lengket aka Teflon.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Alat Dapur Yang Ternyata Memiliki Masa Kadaluwarsa

Banyak banget orang (apalagi warga Amerika Serikat) yang memasak menggunakan Teflon. Hal ini karena kita gak perlu sampai mengikis sisa makanan yang gosong atau, merendam wajannya semalaman.

Memang hal ini bagus secara teknis. Tapi taruhannya ke kesehatan kita gak main-main loh! Perlu diketahui, yang membuat wajannya menjadi tidak lengket adalah lapisan Polytetrafluoroethylene yang menjadi bahan wajannya.

Nah lapisan ini sifatnya melepaskan gas saat dipanaskan. Alhasil hasil akhir makanan yang dimasak atau dipanaskan di Teflon apabila kita konsumsi, akan meninggikan resiko kaknker di tubuh kita. Jadi kalau gak perlu pakai Teflon, mending gak usah ya!

2. Pemutih

Banyak dari kita yang menggunakan pemutih terlebih, ketika mencuci paakaian. Memang fungsinya masuk akal dan bagus untuk pakaian kita.

Tapi efeknya ke kesehatan kita ya gak main-main guys. Menurut para ahli di American Chemical Society, pemutih apabila bercampur amonia akan membentuk zat bernama Kloramin.

Nah Kloramin apabila kita hirup uap udaranya, akan bisa menyebabkan kematian. Itu adalah dampak maksimalnya. Dampak minimalnya, akan menyebabkan iritasi kulit dan masalah pernapasan.

ARTIKEL TERKAIT •
Bagian Pada Buah-Buahan Ini Mengandung Racun

3. Aluminium Foil

Entahlah gue sendiri juga bingung banget. Padahal sudah banyak banget kita membaca dan mendengar larangan untuk membungkus makanan dengan aluminium foil.

Tapi tetap saja masih banyak yang melakukannya. Kamu tahu gak sih kenapa dilarang?

Simpel-nya nih, ya kamu bakalan ikutan menelan racun dari bungkusan aluminiumnya itu. Terlebih kalau yang dibungkus aluminium foil-nya, adalah makanan yang asam-asam.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh International Journal of Electrochemical Science, memasakan makanan asam pada suhu tinggi dan setelah itu dibungkus dengan aluminium foil, akan mnghanyutkan aluminium-nya dalam jumlah besar.

Jadi kalau mau masak yang asam-asam atau membungkus yang asam-asam, jangan menggunakan atau ada aluminium foil nya ya.

4. Pengharum Ruangan

Ini dia peralatan rumah tangga yang sering kita gunakan atau spesifiknya, hirup sehari-hari padahal, memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya.

Memang peralatan ini bisa memberikan aroma terapi sehingga kitapun merasa adem, nyaman, bahkan semangat. Tapi PLIS DEH! Jangan sering-sering. Karena kebanyakan pengharum ruangan mengandung ftalat.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Bagian Pada Buah-Buahan Ini Mengandung Racun

Ftalat apabila terhirup, akan mempengaruhi reproduksi kita (terutama pria). Nah kalau mau amannya, pakai saja lilin dengan minyak esensial dan bunga alami segar.

Atau gunakan saja campuran soda kue dan cuka putih untuk menyerap bau-baunya.  Semoga tips-nya bermnfaat ya!

Add comment