5 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Lama! Ada yang 20 Jam Sehari

in
Tidurr
Credit Image: bobo.grid.id

Setiap harinya, manusia membutuhkan waktu tidur untuk memulihkan tenaga setelah beraktivitas seharian. Pada umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur selama 8 – 11 jam sehari.

Tak hanya manusia, hewan pun demikian. Mereka juga membutuhkan waktu tidur untuk memulihkan tenaganya. Namun ada yang berbeda, tidak 8 atau 11 jam, 5 hewan ini justru menghabiskan waktunya hanya untuk tidur seharian.

Bahkan mereka bangun dan terjaga hanya dalam waktu 2 – 4 jam saja.

1. Armadillo

Armadillo2
Source Image

Hewan ini merupakan hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktivitasnya dilakukan pada malam hari. Mereka dapat tidur sekitar 20,4 jam dalam sehari.

Belum ditemukan alasan yang pasti mengapa hewan ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tidur. Namun diperkirakan hewan ini suka tidur dengan waktu yang panjang karena tubuhnya lelah, mereka memang memiliki kebiasaan berjalan merangkak di liang.

2. Koala

Koala
Source Image

Koala menghabiskan 5 jam untuk beristirahat (bukan tidur), lalu menurut penelitian yang dilakukan terhadap koala di Victoria, koala membutuhkan waktu tidur sekitar 14,5 jam.

Kemudian sisa waktunya digunakan untuk beraktivitas dan mencerna makanan.

3. Kuda Nil

Kuda Nil
Source Image

Kuda nil merupakan hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak. Hewan ini memiliki nama yang berasal dari Yunani, yaitu Hippopotamus. Hippo untuk kuda dan potamus untuk sungai, bisa diartikan sebagai kuda sungai.

Hewan ini lebih banyak melakukan aktivitasnya berendam di air daripada di darat. Untuk tidur, hewan ini membutuhkan waktu sekitar 16 – 20 jam dalam sehari.

4. Singa

Singaa
Source Image

Hewan ini terkenal dengan hewan yang suka bersantai sepanjang hari. Singa merupakan hewan cathemeral, yaitu hewan yang memiliki waktu tidur siang dan malam hari.

Mereka memiliki waktu tidur selama 10 – 15 jam dalam sehari, karena mereka adalah hewan cathemeral, mereka tidak tidur sekaligus dalam waktu tersebut.

5. Kucing

Kucing 1
Source Image

Hewan ini dapat tidur dalam waktu 16 jam sehari, selebih waktunya digunakan untuk beraktivitas seperti mencari makan.

bagi kucing, tidur setelah makan dapat memulihkan energinya. Mereka sama seperti manusia, yaitu tidur dengan terlelap. Namun meskipun mereka terlelap pun, mereka bisa terbangun dan selalu waspada dengan keadaan sekitarnya.

Avatar

Written by Yogi Arfan