Tips Memilih Makanan Kucing yang Berkualitas

in
Makanan
Credit Image: culturebazaar

Banyaknya produk makanan kucing di pet shop, dari harga yang murah hingga harganya selangit, terkadang membuat kita sebagai pemilik kucing kebingungan untuk memilih makanan yang bagaimana yang baik untuk kucing kita.

Semua pemilik kucing pasti ingin yang terbaik buat kucingnya. Memang sebagai pencinta kucing, kita harus memperhatikan asupan nutrisi kucing kita. Nah, berikut ini adalah tips-tips memilih makanan kucing yang berkualitas dan murah tentu saja.

1. Kucing suka atau tidak

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih makanan kucing adalah, suka atau tidaknya kucing dengan makanan tersebut. Akan sia-sia jika kita sudah membelikan kucing makanan kucing yang mahal namun si kucing justru tidak suka dengan makanannya.

2. Bahan dasar

Kucing merupakan hewan karnivora murni, artinya bahan dasar makanan kucing pada umumnya adalah daging. Makanan terbaik bagi kucing adalah makanan alami yang terbuat dari daging (ayam, ikan).

Untuk memberikan makanan pabrik, patut kita perhatikan bahwa ternyata tidak semua cat food berbahan dasar daging yang aman bagi kucing. Pilihlah produk makanan kucing yang mencantumkan human grade meat, jika tidak ada, mungkin kita patut curiga bahwa daging yang digunakan sebagai bahan dasar adalah daging-daging sisa dari rumah pemotongan hewan.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Lama! Ada yang 20 Jam Sehari

3. Kadar protein

Kucing juga membutuhkan kadar protein yang tinggi pada makanannya. Terutama untuk kucing di usia muda. Disarankan untuk memilih makanan basah daripada makanan kering. Karena makanan basah, kadar proteinnya lebih memenuhi syarat dibandingkan dengan makanan kering.

4. Kadar Air

Selain kadar protein, kucing juga membutuhkan makanan dengan kadar air yang tinggi. Di alam liar, kucing memangsa hewan dengan kadar air tubuh sekitar 70%. Jika kucing diberikan makanan kering tanpa asupan minum air yang seimbang, kinerja ginjal kucing akan berlebih.

Jika demikian, akan memicu yang namanya urinary tract disorder atau kencing batu pada kucing. Kucing akan kesusahan untuk buang air kecil, selain itu, kencing berdarah juga bisa dialami oleh kucing dengan kinerja ginjalnya yang berlebih.

Oleh karena itu, berikan asupan makanan yang memiliki kadar air dibandingkan makanan kering bagi si kucing.

5. Kadar karbohidrat

Sejatinya kucing tidak memerlukan karbohidrat. Karena kucing hanya membutuhkan energi dari protein dan lemak dari makanan kucing. Dry food biasanya mengandung karbohidrat yang tinggi, sebaiknya berikan makanan kucing yang memiliki label grain free.

ARTIKEL TERKAIT •
Perilaku Hewan yang Memakan Anaknya Sendiri

Berikan Nilai Untuk Konten ini