Mitos atau Fakta, Mengusir Lebah dengan Mengucap ‘Pahit, Pahit’?

Lebah sering kali mengganggu. Mereka juga menakutkan, karena dapat menyengat. Lalu bagaimana cara mengusir lebah agar tidak tersengat?

6
0

Apakah benar jika kita mengucapkan ‘pahit, pahit’ dapat mengusir lebah? Yuk, kita cari tahu fakta-faktanya.

Lebah sering kali mengganggu. Mereka juga menakutkan, karena mereka dapat menyengat. Lalu bagaimana cara mengusir mereka? Salah satu kebiasaan yang dilakukan untuk mengusir lebah adalah dengan mengucapkan “pahit, pahit, pahit” secara berulang-ulang. Katanya, hal ini dapat membuat lebah menjauh. Apakah benar?

Berdasarkan informasi dari detikProperti, ternyata anggapan yang menyebutkan bahwa mengucap ‘pahit, pahit, pahit’ saat ada lebah berdasarkan pada studi adalah sebuah mitos belaka.

Baca Juga: Benarkah Mitos Jika Menabrak Kucing Akan Mengalami Kesialan?

Menurut kabar yang beredar, lebah tidak memiliki kemampuan pendengaran. Menurut laporan dari World Birds pada hari Jumat (29/12/2023), lebah tidak memiliki telinga. Sebagai gantinya, lebah menggunakan organ spesial pada antena dan kakinya untuk merasakan getaran di udara dan berkomunikasi dengan sesamanya.

Lebah memiliki kemampuan penciuman yang sangat baik karena setiap lebah memiliki 170 reseptor bau. Kemampuan ini sangat berguna bagi lebah untuk berkomunikasi di dalam sarang serta mengenali berbagai jenis bunga ketika mencari makanan.

Nah, gimana sih cara mengusir lebah kalau ada di dalam rumah? berikut langkah-langkahnya.

Alternatif untuk Mengusir Lebah

mengusir lebah

Baca Juga: 5 Mitos Kucing Belang Tiga, Bikin Beruntung?

1. Serai

Serai memiliki manfaat selain sebagai pengusir nyamuk, juga untuk mengusir lebah. Aroma serai dianggap tidak disukai dan mengganggu lebah.

Anda dapat memanfaatkan lilin beraroma serai atau mencampurkan minyak esensial ke dalam air dan menyemprotkannya di area yang terdapat lebah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tanaman dengan aroma kuat seperti mint, kayu manis, almond pahit, atau timun.

2. Cuka

Cuka memiliki kemampuan untuk mengusir lebah, tetapi perlu kamu ingat agar tidak menggunakan dalam jumlah yang berlebihan karena dapat membahayakan lebah. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka putih dan air dalam jumlah yang sama, kemudian tempatkan campuran tersebut dalam wadah di area yang terdapat lebah.

Di samping itu, kamu dapat menuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya ke sarang atau area yang sering lebah datangi.

Baca Juga: Keberadaan Monster Gurita “Kraken” di Lautan, Mitos atau Nyata?

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan untuk mengusir lebah. Bau yang kuat dari bawang putih mengganggu lebah sehingga mereka akan pergi ke tempat lain.

Agar dapat mengusir lebah menggunakan bawang putih, langkah-langkahnya adalah dengan menyiapkan 2 siung bawang putih dan sebuah mangkuk yang berisi 1/2 cangkir air yang mendidih. Kupas kulit bawang putih dan cincang halus, kemudian masukkan ke dalam air panas dan diamkan semalaman.

Esok harinya, saringlah bawang putih dan campurkan dengan cairan di dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut ke tanaman yang menjadi sumber makanan lebah atau ke sarang lebah jika memang sangat kamu butuhkan. Hal ini berdasar pada hasil penelitian oleh Entomological Society of America menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki efek beracun bagi larva lebah dan dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan dan penurunan berat badan pada lebah pekerja dewasa.

4. Asap

Anda dapat menggunakan asap untuk mengusir lebah dari sarangnya. Gunakan asap yang aman untuk mengusir nyamuk sebagai sinyal halus kepada lebah agar mereka meninggalkan sarangnya. Ketika lebah mencium aroma asap, mereka akan mengira bahwa itu berasal dari kebakaran hutan dan memilih untuk pindah ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Anqa, Burung Legendaris Arab yang Diduga Rukh

5. Panggil ‘Pengendali’ Lebah

Apabila lebah tidak terkontrol di rumah atau terdapat sarang lebah di dalamnya, kamu dapat memanggil layanan khusus pengendalian lebah atau pemadam kebakaran. Mereka dapat membantu menghilangkan sarang lebah dengan aman dan memberikan solusi jangka panjang. Sarang lebah dapat dibuang tanpa membunuh lebah di dalamnya.

Tim pemadam kebakaran telah terlatih menggunakan metode dan peralatan yang telah berizin untuk mengatasi masalah sarang lebah di rumah. Jika Anda membutuhkan bantuan mereka, hubungi nomor darurat 112 untuk meminta bantuan dari tim pemadam kebakaran.

Tinggalkan Balasan