Terbukti, 5 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat Yang Kambuh

in
Cara Mengobati Asam Urat
Cara Mengobati Asam Urat

Gejala asam urat disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam darah, hal ini juga dikenal dengan nama Hiperurisemia. Tentu bagi penderita asam urat akan merasakan hal yang tidak nyaman di beberapa bagian tubuh mereka. Masih sedikit juga dari mereka yang mengalami penyakit ini yang tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mengobati penyakit asam urat ini.

Bagi seseorang yang menderita asam urat, mereka akan mengalami rasa nyeri yang amat sakit, terkadang disertai rasa panas, dan sendi menjadi bengkak. Akibat dari asam urat seringkali terasa di bagian persendian lutut, jari kaki, jari tangan, dan pergelangan kaki.

Tips mengobati penyakit asam urat yang kambuh

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah harus dilakukan pemeriksaan pada darah dengan dokter. Untuk mengobati gejala asam urat biasanya dilakukan dengan mengurangi atau meminimalisir apa saja yang bisa membuat kadar asam urat melonjak tinggi. Berikut adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan ketika asam urat kambuh.

Sebaiknya Menghindari Makanan Ini Ketika Perut Sedang Kosong

1. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung protein

Batasi Konsumsi Mengandung Protein
Batasi Konsumsi Mengandung Protein | via https://doktersehat.com/

Cara pertama untuk mengobati penyakit asam urat adalah membatasi mengkonsumsi protein. Pada kondisi normal, manusia diharuskan memenuhi zat purin yang ada pada protein sebanyak 600-1000 mg tiap harinya. Akan tetapi, bagi penderita asam urat, tentu harus membatasi konsumsinya, hanya boleh diantara kisaran 120-150 mg per harinya.

Seorang yang menderita asam urat hanya dibolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sekitar 50-70 gram per harinya. Jika kadar asam urat di atas normal, kamu harus menghindari mengkonsumsi asupan purin yang tinggi. Untuk kadar purin yang sedang masih dibolehkan, namun juga harus dibatasi.

Jika diaplikasikan ke makanan, kamu hanya dibolehkan mengkonsumsi 50-75 gram daging, ikan, dan ayam per harinya. Sementar itu, sayur-sayuran seperti kangkung, bayam, dan asparagus, kamu hanya dibolehkan mengkonsumsinya tak melebihi 100 gram per hari.

2. Menambah konsumsi karbohidrat kompleks

Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks
Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks | via https://doktersehat.com/

Untuk mengobati asam urat sangat dianjurkan untuk menambah mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Bisa didapatkan dari makanan, seperti beras merah, roti gandum, singkong, dan ubi. Usahakan konsumsi lebih dari 100 gram tiap harinya.

Sementara itu, kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti permen, sirup, atau gulali.

4 Makanan Sehat Yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

3. Menyesuaikan kebutuhan energi dan asupan

Sesuaikan Asupan Dan Kebutuhan Energi
Sesuaikan Asupan Dan Kebutuhan Energi | via https://www.sfidn.com/

Seseorang yang menderita penyakit asam urat harus memperhatikan kebutuhan asupan energi dan kalori yang mereka makan tiap harinya. Jumlah kadar yang mereka konsumsi harus disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, usia, dan kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari.

Jika terlalu banyak mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalori akan berpengaruh pada tubuh nantinya, sehingga kesehatan tubuh akan terganggu.

4. Untuk mengobati penyakit asam urat, batasi konsumsi lemak

Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat Batasi Konsumsi Lemak
Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat Batasi Konsumsi Lemak | via https://www.alodokter.com/

Kamu harus mengatur porsi makan yang mengandung lemak sekitar 10-15 persen dari jumlah kebutuhan energi atau kalori. Makanan seperti jeroan, masakan bersantan, mentega, gorengan, atau makanan laut hanya akan membuat asam urat kambuh dan semakin sulit mengobati penyakit asam urat yang diderita.

Selain itu, berlebihan konsumsi lemak akan menganggu ekskresi asam urat lewat urine.

4 Makanan Yang Tinggi Lemak Ini Justru Baik Untuk Kesehatan

5. Cukupi asupan cairan dan jauhi alkohol

Banyak Minum Air Putih
Banyak Minum Air Putih | via https://health.detik.com/

Cara cukup ampuh untuk mengobati penyakit asam urat adalah dengan mencukupi asupan cairan tiap harinya. Seperti yang telah dianjurkan, minumlah air putih sebanyak 2,5 liter atau sekitar 10 gelas sehari-hari. Selain air putih, kamu bisa mendapatkan asupan cairan dari buah-buahan yang segar.

Dan juga jauhilah minuman yang mengandung alkohol. Alkohol hanya akan menambah asam laktat plasma yang akan menganggu keluarnya asam urat dari tubuh.

Selain mengikuti ke-5 cara di atas, kamu juga bisa mengkombinasikan dengan obat yang disarankan oleh dokter. Diharapkan nantinya usaha kamu untuk mengobati penyakit asam urat tidak akan sia-sia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.