4 Makanan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

in ,
Ginjal
Credit Image: Multimedianews

Seperti yang kita ketahui, ginjal merupakan organ penting bagi tubuh kita. Ginjal sehat akan optimal dalam menyaring limbah dan racun yang terkandung dalam darah, lalu membuangnya melalui urin.

Manusia sejatinya memiliki dua buah ginjal, meskipun ada beberapa kasus orang yang terlahir hanya dengan satu ginjal. Orang yang terkena penyakit ginjal, tidak akan mati, namun kinerja ginjalnya akan berlebih.

Nah bericara tentang menjaga pola makan agar memiliki ginjal yang sehat, ada beberapa jenis makanan, yang ternyata bisa berdampak buruk bagi organ tubuh tersebut.

Berikut 4 Makanan Sehat yang Justru Berdampak Buruk Bagi Ginjal Kita

Begitu pentingnya fungsinya bagi tubuh kita, sehingga untuk memiliki ginjal yang sehat dan terhindar dari penyakit, kita perlu memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi.


1. Jeruk

Jeruk - Makanan Sehat yang Tidak Baik Bagi Ginjal
Jeruk | Dream.co.id

Meskipun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kalium yang tinggi juga. Kurang lebih terdapat 240 gram kalium dalam satu buah jeruk. Kalium memang dibutuhkan tubuh, namun jika jumlahnya berlebih, hal itu akan berdampak buruk bagi ginjal.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali 5 Ciri-Ciri Perempuan Mandul yang Harus Segera Periksa ke Dokter

Sehingga kita tidak akan memiliki ginjal yang sehat jika terlalu banyak mengonsumsi kalium.


2. Pisang

Pisang - Makanan yang kurang baik bagi ginjal
Pisang | Hello Sehat

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa membuat kita kenyang lebih lama. Untuk memiliki ginjal yang sehat, sebaiknya kita tidak terlalu banyak mengonsumsi pisang.

Sama seperti jeruk, pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium yang tinggi akan membuat kinerja ginjal menjadi kurang optimal. Terlebih lagi jika kita memiliki riwayat penyakit ginjal, kalium bisa memperburuk kondisi organ tubuh tersebut.


3. Daging

Daging - Salah satu yang tibak baik bagi ginjal
Daging | Klikdokter

Salah satu yang bisa memberatkan kinerja ginjal kita adalah protein hewani. Karena ternyata protein hewani tidak mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, penyakit ginjal bisa dipicu oleh konsumsi daging kita yang terlalu sering dan banyak.

Salah satu penyakit ginjal yang dipicu oleh daging ialah batu ginjal. Kandungan purin pada daging akan memicu penyakit tersebut muncul.


4. Susu dan Olahannya

Susu
Susu | Jawa Pos

Siapa yang tidak suka susu? Hampir semua orang pasti suka dengan minuman lezat ini. Namun ternyata untuk menjaga ginjal agar tetap sehat, kita harus memperhatikan jumlah susu dan makanan olahan yang terbuat darinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

Susu mengandung fosfor yang memang baik untuk tulang, namun zat tersebut ternyata kurang baik untuk ginjal. Fosfor dapat memberatkan kinerja ginjal sehingga tidak optimal.


Olahraga untuk kesehatan ginjal

Olahraga untuk kesehatan ginjal
Olahraga | RomaDecade

Untuk mendapatkan ginjal yang sehat, kita juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa menurunkan berat badan. Meningkatnya indeks massa tubuh akan membuat kinerja ginjal berlebih, karena ginjal harus menyaring toksin dan mengejar kebutuhan metabolisme tubuh.


Nah, itulah beberapa makanan yang bisa berdampak buruk bagi ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, kita juga perlu olahraga agar mendapatkan ginjal yang sehat.

Bagaimana menurut kalian artikel kali ini? Semoga bermanfaat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini