4 Makanan yang Tinggi Lemak Ini Justru Baik Untuk Kesehatan

in ,
High Fat Foods
Tinggi lemak | Alodokter

Dalam jumlah tertentu, lemak memang dibutuhkan bagi tubuh. Biasanya lemak menjadi cadangan energi dalam tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai penyerap beberapa jenis vitamin dan mineral dalam tubuh. Namun, untuk mendapatkan kebaikan lemak dalam tubuh, kita harus tahu dulu perbedaan antara lemak jenuh dan lemak baik.

Lemak Jenuh

Lemak Jenuh
Makanan dengan kandungan lemak jenuh | ayobandung.com

Lemak jenuh banyak ditemui pada daging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging jenis tersebut lainnya. Lemak jenuh juga terdapat pada beberapa jenis susu dan mentega. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

LDL dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan juga diabetes. Disarankan mengkonsumsi kurang dari 20 gram untuk pola hidup sehat.

Lemak Baik

Lemak Baik
Makanan dengan kandungan lemak baik | hellosehat.com

Seperti namanya, lemak baik merupakan asupan yang baik untuk tubuh. Lemak baik disebut juga dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dapat meningkatkan High-Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dalam tubuh.

Nah, berikut ini 4 makanan dengan tinggi lemak, namun justru baik untuk tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Langsung BAB Setelah Makan Bisa Bikin Kurus?

1. Ikan

054597500 1494573556 Ikan Salmon5
Daging ikan | Source Picture

Ikan termasuk makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Namun, jenis lemak yang terdapat pada ikan sangat baik untuk tubuh dan otak. Kandungan lemak pada ikan adalah jenis asam omega 3.

Jenis lemak ini juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung stroke dan jantung. Mengkonsumsinya secara rutin, selain otak mampu bekerja secara optimal, tubuh juga terhindar dari berbagai resiko penyakit yang berbahaya.

2. Alpukat

Alpukat Lemah Baik
Alpukat |jawapos

Alpukat mengandung berbagai jenis nutrisi dan suplemen, seperti, mineral, fitonutrien, folat, serat, zat besi, potasium, lutein, beta karoten, dan vitamin E. Selain itu, alpukat dikenal juga dengan kandungan kalorinya yang tinggi. Yap, 77 persen kalori pada alpukat berasal dari lemak.

Namun lemak yang terkandung pada alpukat merupakan lemak baik. Kandungan lemak tak jenuhnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

3. Kacang

Kacang Kenari Lemak Baik
Kacang kenari | bobo.grid.id

Kacang juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin E, magnesium, serat, dan protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Namun kacang pun mengandung lemak yang baik.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Misalnya saja pada kacang kenari yang mengandung asam linoleat. Lemak jenis ini dikenal baik untuk kesehatan jantung.

4. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam Lemak Baik
Cokelat hitam | Outerbloom

Cokelat hitam merupakan salah satu makanan enak dengan tinggi lemak. Kandungan antioksidan pada cokelat hitam dapat menurunkan LDL dan resiko penyakit jantung.

Kandungan polifenolnya juga dapat menurunkan kadar tekanan darah. Selain itu, cokelat hitam mengandung serat dan berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan dan tembaga. 

Bisa disimpulkan, cokelat hitam sangat baik bagi tubuh kita.

Berikan Nilai Untuk Konten ini