Ternyata Inilah Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan

in
Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Sangat
Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Sangat | Source: hot.liputan6.com

Tidur memang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, salah satunya manusia. Dengan tidur, tentunya bisa mengembalikan energi maupun stamina seseorang.

Nah, namun banyak yang belum tau posisi tidur ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Salah satunya, posisi tidur yang baik ialah menghadap ke kanan, karena banyak dampak yang baik bagi kesehatan.

Berikut Adalah Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan

1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru Dan Mengurangi Beban Jantung

Tidur miring ke kanan sangat baik untuk kesehatan, karena bisa mengurangi beban jantung. Nah, pada saat tubuh kita miring ke kanan saat tidur, darah kita akan bisa mengalir dengan rada dan berfokus pada bagian kanan tubuh.

Tentunya hal ini membuat tekanan darah menurun dan denyut jantung akan lebih lambat. Maka dari itu, posisi tidur miring ke kanan kanan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jantung juga tidak akan terbebani oleh organ yang lain.

Selain itu, tidur miring ke kanan juga bisa menjaga kesehatan paru-paru. Karena paru-paru sebelah kiri lebih kecil dibanding paru-paru sebelah kanan.

ARTIKEL TERKAIT •
Bolehkah Mengisap Jari yang Terluka?

Nah, maka dari itu, jika kita tidur menghadap ke kanan, jantung akan menekan paru-paru kanan yang memiliki ukuran lebih besar. Tentunya hal itu tidak akan menjadi masalah dibanding jantung menekan paru-paru kiri yang ukurannya jauh lebih kecil.

2 Mengistirahatkan Otak Kiri

Manusia pada dasarnya memiliki dua bagian otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan memiliki fungsi sebagai pusat saraf tubuh bagian kiri, begitu juga sebaliknya dengan otak kanan, yang memiliki fungsi sebagai pusat saraf tubuh bagian kanan.

Sebagian banyak orang lebih aktif menggunakan bagian kanan pada tubuhnya, yang berarti otak kirinya lebih sering bekerja.

Nah, maka dari itu, dengan kamu tidur menghadap ke kanan, maka otak kiri kamu akan beristirahat dan otak kanan kamu akan menggantikan perannya.

Hal ini juga menjaga kamu dari penyakit seperti pengendapan pembekuan darah dan penyempitan pembuluh darah.

3. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Sebagian banyak orang lebih banyak menggunakan kaki kanannya daripada kaki kirinya. Tentunya hal ini membuat kaki kiri lebih sering menjadi penyeimbang maupun penahan beban yang membuat kaki kiri akan lebih cepat pegal.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Produk Penghilang Bopeng Bekas Jerawat Ini Bisa Didapatkan Di Apotek

Selain itu, kaki merupakan bagian tubuh terbawah. Tentu akan memakan waktu lama untuk mengembalikan peredaran darah.

Nah dengan kamu tidur miring ke kanan, hal itu bisa membantu pengosongan vena kaki kiri kamu, sehingga pegal akan lebih cepat menghilang.

4. Mengistirahatkan Lambung

Saat kita tidur miring ke kanan, lambung kita akan beristirahat, sehingga proses pengosongan lambung berjalan dengan cepat. Selain itu, berbagai organ tubuh yang penting juga akan ikut beristirahat.

Tidur miring ke kanan memang bisa membuat berbagai organ tubuh yang penting beristirahat. Lambung juga bisa beristirahat saat tidur miring ke kanan sehingga proses pengosongan lambung akan berjalan lebih cepat.

5. Menyerap Nutrisi Dengan Maksimal

Dengan tidur miring ke kanan, penyerapan nutrisi akan berjalan lebih maksimal. Karena pergerakan usus akan meningkat jika tidur menghadap ke kanan.

Karena saat proses pencernaan, proses penyerapan akan berjalan lama, sehingga penyerapan nutrisi akan lebih maksimal.

Berikan Nilai Untuk Konten ini