7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih

in
7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih
7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih | Source: cosmopolitan.co.id

Air adalah hal yang penting ditubuh manusia. Ada setidaknya 50 hingga 70% tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh dan sel-sel serta seluruh organ.

Kita juga di haruskan untuk mengonsumsi 2 liter air perharinya. Karena itu, tubuh akan langsung bereaksi saat kekurangan cairan.

Berikut Adalah 7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih

1. Kamu akan lebih mudah merasa lelah

Kekurangan air bisa membuat kita menjadi cepat lelah, hal ini bisa terjadi karena menurunnya volume darah dan memberikan tekanan berlebihan pada jantung untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke otot.

2. Sering mengalami sembelit dan warna urin menjadi lebih pekat

Saat kamu kekurangan air, fesesmu akan terasa keras dan menyakiti anus mu saat akan keluar. Karena air menjaga feses agar tidak keras. Inilah salah satu yang membuat air begitu penting, begitu menurut laman Healthcare Associate Of Texas.

Kurang air juga membuat warna urinmu lebih pekat, dan baunya lebih menyengat. Jumlah urin yang keluar pun lebih sedikit dari biasanya.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Tanpa Minum Air

3. Napas menjadi berbau

Air berfungsi untuk membilas bakteri yang ada di mulut. Juga memproduksi air liur. Maka dari itu, jika kamu kekurangan air, resiko bau mulut akan menghantuimu, karena bakteri yang ada di lidah, gusi, dan gigi. Begitu menurut laman Healthcare Associate Of Texas.

4. Kesehatan kulit memburuk

Yang terjadi pada kulit saat kita kekurangan air adalah kulit akan mulai kendur, kering, dan keriput. Karena tugas air adalah untuk membuat kulit kita tetap lembab. Oleh karena itu, kekurangan air beresiko membuat kulit kita kekurangan ke elastisitasannya.

5. Membuat kita lapar tiba-tiba

Kekurangan air juga bisa membuat kamu cepat lapar loh tenyata. Itu membuat kamu tiba-tiba ingin memakan makanan yang mengandung banyak glukosa. Maka dari itu saat kamu lapar, jangan langsung makan, coba meminum segelas air putih karena bisa saja kamu hanya haus.

6. Kamu jadi lebih sering sakit

Kekurangan air ternyata juga bisa membuat kamu mudah lemas, lesu dan berakhir dengan sakit. Rutinlah meminum air putih sesuai yang dianjurkan agar hal-hal diatas tidak terjadi ya.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Rebus dan Kukus, Mana yang Lebih Sehat?

Berikan Nilai Untuk Konten ini