5 Pekerjaan Berpenghasilan Menggiurkan Yang Bisa Kita Dapatkan Walau Tidak Kuliah

in
10 High Paying Jobs 1068x713

Gak dipungkiri, bahwa masih banyak dari kita yang memiliki pola pikir (mindset) seperti berikut: “Kalau kepingin kerjaan yang gajinya tinggi nan mapan, maka ya kita pendidikannya juga musti tinggi-tinggi (kuliah)”.

Oke, pernyataan dari zaman baheula itu ada benernya sih. Dan fakta di lapangan memang demikian bukan? Semakin tinggi edukasi kita, semakin tinggi juga posisi kita di dalam pekerjaan yang kita tekuni.

Atau, peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan berstatus keren dan bergaji tinggi semakin mudah dan lebar. Tapi, di satu sisi gak sepenuhnya begitu juga sih guys.

Buktinya, terdapat juga pekerjaan berstatus keren dan bergaji tinggi yang bisa kita dapatkan walau kita tidak kuliah atau hanya tamatan SMA. “Wah serius?” Duarius guys! Dan berikut adalah kelima pekerjaan yang dimaksud tersebut.

5. Penerjemah (Translator)

Business Woman Or Teacher In Office. Different World Languages Concept.
Translator | VNLOCALIZE

Memang, memang. Rata-rata mereka yang bekerja sebagai translator, memiliki latar pendidikan / lulusan dari jurusan bahasa (linguistik).

Dan yap. Mereka-mereka yang memiliki latar tersebut, pastinya skill peterjemahannya, juah lebih gokil. Tapi, bukan berarti kamu-kamu yang hanya lulusan SMA, tidak bisa terjun ke bidang pekerjaan yang kerap dianggap “makmur” penghasilannya ini.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Efektif Menangani Kepanikan Pemecatan Kerja

Asalkan kamu memang memiliki skill berbahasa asing yang setidaknya sudah dianggap keren baik oleh orang terdekat atau orang asing yang sudah mengakui kemampuanmu, kamu bisa kok terjun langsung.

Asal tahu saja, acuan tarif penerjemahan terbagi 2 tipe: Berdasarkan jumlah halaman jadi (bukan jumlah halaman sumber yang diterjemahkan), dan berdasarkan per kata.

Berdasarkan acuan tarif resmi dari Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) terbaru, harga standar per halaman penerjemahan Inggris ke Indonesia atau sebaliknya, adalah Rp. 250.000.

Itu standar resmi. Tapi bukan berarti kita harus 100% mengikuti acuan tersebut. Ukur lagi skill kita dan juga, kemampuan finansial si pemesan. Namun juga, jangan terlalu merendahkan / merugikan kita. Ya paling minmal Rp. 30.000 / halaman saja sudah sangat lumayan bukan untuk kantong kita?

4. Desainer Grafis

Cropped Graphic Designer1920x1080 750x460 1
Desainer Grafis | Topcarrer

Kita pasti sering lihat unggahan posting keluhan seluruh freelance desainer grafis di berbagai media sosial. Spesifiknya postingan keluhan tersebut menyangkut bayaran / fee yang mereka dapat.

Padahal faktanya, memang men-desain logo sederhana saja, bisa berharga ratusan ribu. Dan semuanya itu diperhitungkan tidak hanya dari waktu mencari inspirasinya saja, namun juga pada waktu pembuatan, dan bahkan peralatan yang digunakan (baca: spek PC kita). Detail-nya, silahkan kesini.

ARTIKEL TERKAIT •
Pahlawan Lingkungan yang Luput dari Perhatian Masyarakat

Intinya sekali lagi, kita bisa mendapatkan jutaan rupiah untuk 1 proyek saja. Dan kerennya, kita gak harus repot-repot mengambil kuliah desain grafis. Sama seperti poin translator sebelumnya, asalkan kamu punya skill desain mumpuni bahkan, “dewa”, kamu bisa deh berkarir setelah lulus SMA.

Bahkan, gak menutup kemungkinan di usian kamu yang masih 18-19 tahun, kamu sudah menjadi semi jutawan hanya dengan edit foto atau grafis ini dan itu.

3. Asisten Eksekutif

Anatomy Of An Executive Assistant Banner
Asisten Eksekutif | Azeus Convene

Tidak seperti sekertaris, seorang yang bekerja sebagai asisten eksekutif, memiliki cakupan kerja yang jauh lebih luas dan lebih repot. Ya dari kata “EKSEKUTIF”-nya saja sudah terlihat bukan?

Bisa dibilang juga, dia inilah asisten bos yang sesungguhnya. Dengan deskripsi jabatan ini, maka sekali lagi gak heran jika, gaji yang diberikan sangat tinggi. Tercatat bahawa gaji seorang asusten eksekutif di AS hampir sebesar $60.000 atau sekitar Rp. 863 juta.

Dan kerennya, kamu bisa berada di posisi ini walau kamu hanya lulusan SMA atau SMP sekalipun.

ARTIKEL TERKAIT •
Dunia Kerja di Jepang Sangat Keras, Berencana Ingin Kerja Di Jepang?

2. Sales Representative

7d39a6fa5a823971cec95fb35a25938d
Sales Representative | Proforma Graphic Services

INGAT! Bukan SPG atau SPB ya! Sales Representative memang tugasnya sebagai perwakilan perusahaan untuk menawarkan produk perusahaannya ke potensi klien baru.

Tapi mereka mewnawarkannya ke organisasi, agensi pemerintahan dan biasanya, menawarkannya melalui e-mail atau presentasi langsung di perusahaan / klien yang dituju.

Tidak perlu harus repot-repot kuliah jurusan marketing atau advertising. Karena, perusahaan biasanya akan memberikan pelatihan (training) ke kita dan calon-calon pegawai.

1. Web Developer

Web Developer Skills 768x512 1
Web Developer | USA TODAY Classifieds

Yap benar banget. Apabila kamu sejak sekolah ini sudah gape membuat / mengembangkan (develop) situs (website), bersyukurlah.

Pasalnya kamu bisa terus melebarkan skill kamu ini menjadi pemasukan hidup hingga mungkin kamu usia renta nanti. Mau kamu kerja freelance atau terikat dalam satu perusahaan IT, gaji yang akan diterima kamu satu bulannya bisa puluhan juta rupiah.

Dan lebih kerennya lagi, kamu gak harus repot-repot kuliah khusus programmer atau web developing lagi. Kamu bisa secara otodidak melakukannya dengan dibantu buku-buku panduan web developing atau video tutorial di kanal YouTube.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Mudah Menjadi Penulis Sukses

Nah itu tadi 5 jenis pekerjaan berpenghasilan tinggi nan makmur yang bisa dikerjakan oleh kita-kita yang mungkin bukan lulusan diploma atau sarjana kuliahan.

Semoga tips-nya bermanfaat ya guys!

Berikan Nilai Untuk Konten ini