7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang

Untuk menjaga kesehatan, keindahan, dan kilau rambut, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang.

6
0

Untuk menjaga kesehatan, keindahan, dan kilau rambut, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang. Anda dapat mengatasi tanda-tanda kerusakan pada rambut ini dengan melakukan langkah-langkah sederhana di rumah.

Rambut terdiri dari tiga bagian, yaitu medula, korteks, dan kutikula. Kutikula adalah lapisan paling luar dari rambut. Fungsinya adalah melindungi bagian dalam rambut yang lebih mudah rusak.

Jika kita tidak merawat rambut dengan benar, kutikula rambut dapat rusak dan membuat bagian dalam rambut menjadi tidak terlindungi dengan baik. Akibatnya, rambut bisa menjadi rusak, kering, kusam, mudah patah, dan bercabang.

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, perlu mengatasi kerusakan seperti rambut bercabang. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Rambut Bercabang

Rambut bercabang terjadi ketika lapisan pelindung rambut yang disebut kutikula mengalami kerusakan. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan kutikula dan membuatnya jadi bercabang.

Selain itu, rambut bercabang juga dapat muncul akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari dan kurangnya nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Berikut adalah penjelasannya.

09d7d889 5c7d 4ae1 8ac0 1bc59f9d0ee9

1. Potong Ujung Rambut Sendiri

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan secara rutin memotong ujung rambut. Kami sarankan untuk memotong ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali. Jika Anda merasa tidak yakin, Anda dapat meminta bantuan dari penata rambut di salon untuk melakukan pemotongan.

2. Sisir Rambut secara Perlahan

Menyisir rambut dengan lembut sangat penting. Jangan menyisir rambut terlalu keras atau berlebihan karena hal ini dapat membuat rambut mudah rusak dan bercabang. Gesekan antara sisir dan rambut bisa merusak kutikula rambut dan membuatnya rapuh.

Maka, Anda perlu menyisir rambut secara perlahan, mulai dari ujung-ujungnya untuk merapikan rambut yang kusut. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari kerusakan dan kerontokan rambut yang mudah terjadi.

Di samping itu, jangan menyisir rambut saat masih basah karena rambut akan lebih mudah rusak dan patah. Sebaiknya, keringkan rambut dengan lembut menggunakan handuk sebelum menyisirnya.

3. Gunakan Kondisioner Rambut

Setelah keramas, menggunakan kondisioner dapat membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Selain itu, menggunakan masker rambut setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kelembapan rambut dan membuatnya terasa lebih halus. Dengan cara ini, rambut tidak akan mudah mengering dan bercabang.

4. Kurangi Penggunaan Alat Penata Rambut

Alat-alat penata rambut, seperti catokan dan pengeriting rambut, memang bisa membuat rambut terlihat lebih teratur dan cantik. Namun, sebaiknya hindari menggunakan alat-alat ini jika Anda memiliki rambut yang bercabang.

Hal ini dikarenakan suhu tinggi yang dihasilkan oleh alat penata rambut dapat merusak struktur protein pada rambut dan menyebabkannya menjadi lebih kering. Akibatnya, rambut akan mengalami masalah yang semakin banyak.

Namun, jika Anda benar-benar butuh menggunakan alat penata rambut, penting untuk menggunakan serum rambut atau produk yang melindungi rambut terlebih dahulu agar melindungi rambut dari panas yang berlebihan.

5. Batasi Perawatan dengan Bahan Kimia

Menggunakan bahan kimia dalam perawatan rambut, seperti mewarnai, mengkeriting, dan meluruskan, bisa berdampak negatif pada kesehatan rambut.

Oleh sebab itu, disarankan untuk memberikan waktu istirahat antara perawatan rambut yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh, sebaiknya menunggu selama 2 minggu sebelum mewarnai rambut setelah meluruskan rambut.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari

Untuk melindungi rambut, hindari terkena sinar matahari secara langsung. Sinar UVA dan UVB yang berasal dari matahari bisa merusak lapisan luar rambut. Akibatnya, rambut bisa menjadi kering, rapuh, bercabang, bahkan mengalami perubahan warna.

Karena itu, ketika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan, disarankan untuk melindungi rambut Anda dari sinar matahari langsung dengan menggunakan topi atau payung. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pelembap rambut yang mengandung zinc oxide atau SPF untuk melindungi rambut dari sinar UV.

7. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Selain merawat rambut dari luar, penting juga untuk mengatasi rambut bercabang dari dalam dengan memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk rambut.

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peranan penting dalam mempercepat pertumbuhan dan memperbaiki jaringan rambut. Selain itu, zinc juga mampu menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat dan lembut. Anda dapat mendapatkan zinc dengan mengonsumsi makanan laut, daging, telur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.

Tidak hanya itu, nutrisi seperti protein, omega-3, vitamin A, vitamin C, dan zat besi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut bercabang dan mendapatkan rambut yang sehat. Namun, dalam beberapa situasi, rambut bercabang dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti hipertiroidisme atau gangguan makan.

Jika rambut Anda tetap bercabang meskipun sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Ini penting agar penyebab rambut bercabang dapat diketahui dan Anda dapat mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan