menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comLifepediaKeluarga6 Pelajaran Penting yang Harus Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki-Laki

6 Pelajaran Penting yang Harus Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki-Laki

6 Pelajaran Penting Yang Harus Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki Laki
6 Pelajaran Penting Yang Harus Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki Laki

Sebagai seorang ibu, kita harus membimbing dan mengajarkan anak untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan menghargai segala sesuatunya. Contoh sederhananya adalah seperti merapikan tempat tidur, menaruh piring yang kotor ke wastafel, atau meletakkan pakaian yang kotor ke tempatnya.

Dari hal sederhana itu, akan membantu anak, terutama anak laki-laki tumbuh berkembang menjadi pria yang mau menghargai apapun dan berprilaku baik.

Dilansir dari Womansday.com, Selasa (02/02/2021), berikut telah Bebaspedia.com 6 pelajaran penting yang haris diajarkan seorang ibu kepada anak laki-laki.

1. Menjadi suami yang bertanggung jawab

Menjadi Suami Yang Bertanggung Jawab
Foto: Life-craft.org

Seiring berjalannya waktu, anak kamu akan terus tumbuh menjadi pria dewasa. Saat dia memutuskan untuk menikah, kamu harus mengajarkan kepadanya untuk menjadi sosok pria yang baik. Bukan hanya terhadap dirinya sendiri, namun juga pada pasangan dan anak-anaknya.

Baca Juga: 5 Hal Yang Orangtua Pikirkan Jika Anaknya Belum Menikah Di Usia Matang

2. Saat marah

Saat Marah
Foto: Ekspresiwanita.com

Marah merupakan perasaan alami yang terdapat dalam diri seseorang. Sebagai ibu, kita harus mengajarkan kalau amarah hanya akan membuat situasi semakin genting dan suasana hati jadi tak tenang. Namun, jika perasaan tersebut tidak bisa tertahan lagi, jangan sampai rasa tersebut sampai berlebihan.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Sering Jadi Pelaku Bullying

Ajarkan kepada anak laki-laki, bahwa menghadapi masalah dengan amarah tidak akan menyelesaikan masalah. Cobalah untuk tenang dan pikirkan baik-baik apa dampak yang akan terjadi jika amarah tersebut terus berlanjut.

3. Jangan menyerah

Jangan Menyerah
Foto: Dreamstime.com

Ajarkan kepada anak laki-laki jangan mudah menyrah dalam mengejar sesuatu. Kalau di bercita-cita ingin menjadi pilot, dukunglah dia, beri fasilitas, dan tanamkan jiwa pantang menyerah.

Meskipun dia terus mengalami kegagalan, coba terus sampai berhasil. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman untuk berusaha lebih baik lagi. Setidaknya kendala-kendala tersebut telah diketahui dan dapat dilalui, sehingga langkah mewujudkan impian menjadi lebih ringan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Untuk Membuat Anak Termotivasi Untuk Rajin Belajar

4. Anak laki-laki harus bersih

Anak Laki Laki Harus Menjaga Kebersihan
Foto: Roohome.com

Seperti diketahui, kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi beritahu kepada anak laki-laki bahwa kebersihan itu sangat penting. Contoh sederhana saat menjatuhkan makanan ke lantai, ajari pada anak untuk membersihkannya sendiri.

Karena bersih sangat mendukung dalam berbagai hal saat si anak sudah besar. Dengan hidup bersih, mereka akan lebih banyak memiliki teman, mudah diterima pekerjaan, dan disukai banyak wanita.

ARTIKEL TERKAIT •
Intip, 5 Tips Ampuh Atasi Perut Kembung Pada Anak

5. Mengikuti kata hati

Follow Your Heart
Foto: Jooinn.com

Sebagai ibu, jangan sampai kita memaksakan kehendak kita. Apabila dia ingin pergi sekolah taekwondo, dukunglah. Atau jika dia memilih bekerja daripada kuliah, dukunglah. Berikan dukungan terhadap apa yang dia sukai, karena sudah pasti itu adalah keinginan hatinya.

Asalkan dia tekun dan terus berusaha, serta didukung oleh keinginan hatinya, maka kesuksesan kemungkinan besar akan ia raih.

6. Anak laki-laki wajib menghargai orang lain

Anak Laki Laki Harus Menghargai Orang Lain
Foto: Wikye.com

Hal ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak laki-laki. Bukan hanya anak laki-laki, anak perempuan pun harus mengerti untuk menghargai orang lain. Misalnya saat berbicara pada orang lain, beritahu untuk menatap matanya atau mengucapkan terima kasih jika telah terbantu.

Baca Juga: Untuk Orang Tua, Ini 5 Cara Membiasakan Anak Untuk Menutup Aurat

Nah, itulah 6 pelajaran penting yang harus bunda ajarkan kepada anak laki-laki mereka. Jangan sampai anak kita tumbuh besar tanpa adanya nasehat atau dukungan dari kita. Ajarkan semuanya sedari dini agar dia semakin mengerti memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Add comment