Pesan Terakhir Mbah Kung Sebelum Meninggal: Jangan Menyakiti dan Susahkan orang Lain

in , ,
Pesan Terakhir Mbah Kung Sebelum Meninggal
Pesan Terakhir Mbah Kung Sebelum Meninggal

Pada hari Senin (28/12/2020) malam, Mbah Kung atau yang juga dikenal dengan sebutan ‘Kakek Legend Indonesia’ menghembuskan nafas terakhirnya di sebuah rumah sakit. Ia meninggal dunia di usia 70 tahun karena menderita penyakit paru-paru.

Selama hidupnya, pria yang bernama asli Hamid Hendrawan ini sering memamerkan kemesraannya bersama gadis-gadis cantik dan seksi. Karena itu, ia dicap oleh netizen sebagai sosok pemersatu bangsa.

Seorang YouTuber dengan akun Rosa Greitman sempat bertemu dengan Mbah Kung saat dirawat di RSUD Tugurejo Semarang. Mereka berdua sempat berdiskusi panjang, dan saling berbagi ilmu pelajarang penting.

Baca Juga: Innalillahi Wainnailaihi Rajiun, Mbah Kung ‘Kakek Sugiono Indonesia’ Meninggal Dunia

Pesan terakhir Mbah Kung

Dalam kesempatan itu, Mbah Kung banyak menyampaikan nasehat-nasehat yang menyentuh. Dia mengatakan kepada orang-orang yang dalam kondisi sehat jangan mudah menyakiti hati orang lain.

“Buat teman-teman yang jelas masih hidup itu cuman satu. Jangan menyakiti orang lain, kalau bisa membahagiakan orang lain. Apapun itu agamamu,” tutur Mbah Kung.

Pada video lainnya, Mbah Kung juga menjawab bualan netizen yang sering menyebutnya sebagai pelaku maksiat, suka berbuat zina, dan sering berhubungan dengan banyak wanita seksi. Keadaan yang saat ini dialami Mbah Kung disebut-sebut sebagai karma kehidupan atas perbuatannya selama ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Pesan Menyentuh Kakek Sugiono Kepada Netizen Indonesia

Mbah Kung menyatakan dirinya juga takut akan karma, sehingga dia tidak menghakimi prilaku yang dibuat oleh orang lain.

Baca Juga: Tak Pernah USG Dan Makan Makanan Bergizi, Kondisi Bayi Yang Dilahirkan Tidak Normal

“Saya gak mau jadi jaksa untuk orang lain atau hakim untuk diriku sendiri. Aku gak berani karena aku takut karma. Yang jelas (meski) aku dicemooh, dihina, dikatain gak beragama gak papa,” tutur Mbah Kung.

Mbah Kung juga menyampaikan pesan terakhir yang sangat berarti untuk netizen yang menyebutnya yang tidak-tidak.

Nomor satu, agama nggak usah digembar-gemborkan. Agama gak usah merasa paling benar tafsirnya. Gak usah merasa paling bener kitabnya, yang penting prakteknya, ciptakan sesuatu untuk kepentinganmu sendiri minim. Syukur-syukur ciptakan sesuatu untuk kepentingan orang lain.

Baca Juga: Viral Cowok Indonesia Ini Chattingan Dengan Mia Khalifa, Dikasih Gambar ‘Hot’

Kepingin bahagia, bahagiakan orang lain. Gak kepingin hidup susah, jangan sampai susahkan orang lain. Semoga kalian sehat, banya rezeki, dan panjang umur,” nasehat Mbah Kung.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.