Apa Itu Control Freak? Berikut Penjelasan Dan Ciri-cirinya!

in
Control Freak

Mungkin kamu pernah bertemu dengan seseorang yang cenderung Control Freak, dan kamu tidak menyadari hal tersebut. Secara tidak sadar mungkin kamu juga seorang Control Freak yang memiliki standar sendiri yang harus benar-benar dipenuhi.

Control Freak juga bisa terjadi karena hal-hal yang sederhana, seperti kamu tidak ingin makan di warung yang sepi, lantaran kamu beranggapan bawah warung tersebut makanannya tidak enak. Dilansir dari Psychology Today, berikut 4 (empat) ciri seorang Control Freak :

Ia Selalu Mengoreksi Seseorang Ketika Salah

Seorang Control Freak selalu berkeinginan untuk mengoreksi kesalahan orang lain. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, namun terkadang kita akan merasa tidak nyaman ketika yang dikoreksi adalah hal-hal yang remeh. Mereka melakukan hal tersebut, karena merasa bahwa mereka selalu benar.

Ia Selalu Ingin Menang Terus Dalam Berbagai Perdebatan

Setiap perdebatan pasti ada yang namanya kalah dan menang, namun berbeda dengan seorang Control Freak yang selalu ingin memenangkan perdebatan apapun. Ia ingin menunjukan ke orang-orang bahwa ia adalah sosok yang pinter dan logis.

ARTIKEL TERKAIT •
Sering Menggerakan Tangan Saat Berbicara, Ini Penjelasannya!

Ia akan melakukan cara apapun untuk memenangkan perdebatan, meskipun sampai harus men-judge seseorang. Biasanya kita menyebut orang tersebut dengan sebutan Denial.

Merasa Benar, Dan Tidak Mau Mengakui Kesalahan

Orang dengan Control Freak akan merasa dirinya selalu benar, bahkan ia tidak akan pernah mau mengakui kesalahannya. Dalam benak seorang Control Freak, mengakui kesalahan hanya akan membuatnya terlihat bodoh dan tidak kompeten. Hal tersebut diperparah dengan keyakinan bahwa mereka selalu benar.

Ia Akan Menghakimi Dan Mengkritisi Orang Lain Yang Menurutnya Salah

Setiap orang pasti ingin merasa benar, namun berbeda dengan Control Freak yang menganggap dirinya lebih baik daripada orang lain dan orang selain dirinya salah. Tentu saja, hal tersebut bukanla hal yang baik.

Melihat ciri diatas, apakah kamu memiliki teman atau kerabat dengan Control Freak? Atau malah kamu sendiri yang Conrol Freak? Sebaiknya jauhi ya, sebab itu tidaklah baik untuk dirimu sendiri kedepannya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini