menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Rekomendasi Perawatan Hewan 5 Penyebab Kucing Tidak Bisa Tidur Saat Malam Hari

5 Penyebab Kucing Tidak Bisa Tidur Saat Malam Hari

5 Penyebab Kucing Tidak Bisa Tidur Saat Malam Hari
5 Penyebab Kucing Tidak Bisa Tidur Saat Malam Hari

Seperti diketahui, kucing merupakan hewan peliharaan yang suka sekali tidur. Bahkan tiap harinya rata-rata kucing menghabiskan waktu untuk tidur bisa sampai 16 jam. Terlebih lagi bagi kucing yang sudah berumur, mereka lebih sering tidur daripada kucing yang masih remaja atau muda.

Meski demikian, ternyata kucing juga dapat mengalami situasi tidak bisa tidur saat malam hari. Tentu bagi sebagian orang akan merasa senang karena memiliki teman saat malam hari. Namun, jika kucing sudah terbiasa tidak bisa tidur saat malam hari, menandakan dia memiliki masalah, lho.

Na, berikut alasan kucing tidak bisa tidur saat malam hari yang harus kamu ketahui dan cari tahu cara mengatasinya.

1. Penglihatan yang luar biasa

Penglihatan Kucing Yang Luar Biasa
Penglihatan kucing yang luar biasa | Bobo-Grid.id

Seorang dokter hewan bernama Marty Becker, DVM, pada sebuah artikel menjelaskan penyebab utama kucing tidak bisa tidur atau suka begadang saat malam hari karena berhubungan dengan indra penglihatan mereka yang spesial. Beginilah poin-poin penting pada artikel yang dituliskan di Vetstreet dilansir dari Liputan6 oleh Becker.

ARTIKEL TERKAIT •
Cat Lovers Harus Tau! Inilah Ciri Kucing Kamu Sedang Keracunan

Kucing memiliki penglihatan malam yang membuat malu setiap penemuan buatan. Jika dipikir-pikir, tidak mengherankan jika banyak kucing, terutama yang masih kecil, suka berkeliaran dalam kegelapan. Jika Anda punya rencana lain (seperti tidur), mereka benar-benar tidak peduli. Ini waktunya pertunjukan bagi kucing.”

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kucing Sakit Yang Harus Kamu Ketahui Agar Mpuss Cepat Sembuh

2. Berburu

Kucing Tidak Bisa Tidur Saat Malam Hari Karena Berburu
Berburu | Pixabay

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika kucing merupakan salah satu hewan predator terhebat. Dengan penglihatannya yang sangat tajam, ia mampu menerkam apa saja yang dikiranya musuh atau menganggunya.

Jadi masuk akal saja jika penyebab kucing tidak bisa tidur saat malam hari lainnya adalah karena kebiasaannya dalam memburu sesuatu. Baik itu tikus, cicak, serangga, dan hewan lainnya. Bahkan mainan berbentuk tikus pun jadi daya tariknya.

3. Sedang bosan atau gelisah

Sedang Bosan Atau Gelisah
Sedang bosan atau gelisah | bobobox.co.id

Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami perasaan bosan ata gelisah saat malam hari. Ternyata kucing juga bisa mengalaminya, dan biasanya perasaan ini akan menganggu kualitas tidur si kucing.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Lama! Ada yang 20 Jam Sehari

Salah satu penyebab kucing mengalami perasaan gelisah atau bosan adalah karena merasa kurang diperhatikan oleh pemiliknya.

Baca Juga: Ini Alasan Kucing Suka Bermain Dan Berkelahi Dengan Kucing Lain

4. Merasa kelaparan

Sedang Lapar
Sedang lapar | Bobo-Grid.id

Tak peduli kapan pun itu waktunya, kucing bisa saja mengalami kelaparan saat malam hari. Mungkin saja kamu pernah mengalami saat sedang nyenyak-nyenyaknya tidur, kemudian kucingmu membangunkanmu dengan cara mengeong-ngeong didekatmu atau mengusapkan tubuhnya. Nah, salah satu penyebabnya karena ia sedang merasa lapar.

Setelah memberikannya makan, kucing yang tidak bisa tidur tadi akan dapat tidur dengan pulas.

5. Mengalami gangguan kesehatan

Kucing Tidak Bisa Tidur Saat Malam Hari Mengalami Gangguan Kesehatan
Mengalami gangguan kesehatan | petpintar.com

Pada kasus tertentu, kucing yang sedang sakit atau sedang mengalami gangguan kesehatan bisa membuatnya mengalami kesulitan tidur saat malam hari. Untuk itu, perhatikanlah untuk mengetahui apakah dia memiliki gejala-gejala yang membuatnya tak nyaman. Jika benar, disarankan untuk segera membawanya ke dokter hewan.

Menurut National Sleep Foundation, berikut dua trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kucing tidak bisa tidur saat malam hari.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik dan Murah

Yang pertama, kucing harus memiliki aktivitas yang cukup saat malam hari. Hewan peliharaan biasanya akan dapat tidur dengan nyenyak setelah mereka banyak bergerak, sama seperti manusia.

Trik yang kedua, penting untuk memberikan reaksi saat dia berlarian atau berkeliaran saat malam hari. Apakah kamu memberikan reaksi marah atau tetap tenang. Jika marah, maka hal itu akan membuatnya semakin bersemangat dan tidak akan cepat untuk tidur.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kucing Suka Nunjukin Pantatnya

Namun, sebaliknya jika kamu tetap tenang sambil menggiringnya ke tempat tidur dan memberikan sedikit cemilan atau makanan favoritnya, maka dia akan cepat untuk tidur.

Jika masalah ini terus saja terjadi, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks