Bukan Mimpi, Ternyata Hujan Berlian Memang Nyata Di Dua Planet Ini

in
Hujan Berlian

Hujan berlian? Mungkin ini hanyalah mimpi. Tapi, ternyata memang ada loh hujan berlian. Kalau biasanya hujan itu berupa air ataupun salju. Nyatanya, di planet Jupiter dan Saturnus memang ada hujan berlian loh.

Menurut Dr Kevin Baines, salah satu peneliti Badan Antariksa AS (NASA), planet Jupiter dan Saturnus memiliki kandungan karbon dalam bentuk kristal yang begitu melimpah di astmosfer.

Kumpulan kristal karbon tersebut membentuk gumpalan awan. Badai petir mengubah karbon menjadi grafit. Selanjutnya, grafit tersebut mengeras dan berubah menjadi berlian. Begitulah proses sederhana terbentuknya berlian di langit Jupiter dan Saturnus.

Namun, berlian yang jatuh bukan berbentuk padat (solid). Karena, suhu yang begitu ekstrem, Berlian yang jatuh ke permukaan planet tersebut, jatuh dalam bentuk cairan. Jadi, saat hujan maka akan terbentuk lautan cairan berlian di permukaan dan akan mengeras saat suhu menjadi dingin.

Kira-kira ada 1.000 ton berlian yang jatuh ke permukaan Saturnus tiap tahunnya. Wahh, bisa jadi alternatif untuk menambang berlian nih? Ada yang minat nambang berlian disana?

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Mentor

Channabeck Sutansyah

Editor in Chief di Bebaspedia. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.