4 Alasan Ilmiah Jalan Kaki Meningkatkan Kinerja Otak

Berjalan kaki telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan kinerja otak.

6
0
Grid Health

Ada empat alasan mengapa berjalan kaki dapat meningkatkan kinerja otak.

Berjalan kaki telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan kinerja otak.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan tarian dan berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan otak yang biasanya menurun seiring bertambahnya usia.

Hal ini terkait dengan perubahan pada materi putih di otak yang terjadi ketika seseorang menjalani aktivitas fisik yang lebih intens.

Studi lain juga mengungkapkan bahwa berjalan kaki dapat melawan alzheimer, sebuah kondisi otak yang mengakibatkan penurunan memori dan kemampuan berpikir.

Baca Juga: Benarkah Manusia Hanya Menggunakan 10 Persen Otaknya?

Mengapa Berjalan Kaki Dapat Meningkatkan Kinerja Otak?

Kecerdasan Otak
Jabar News

Dalam rangkuman dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa alasan mengapa berjalan kaki dapat meningkatkan fungsi otak:

1. Meningkatkan pertumbuhan sel saraf

Berbagai macam olahraga, termasuk berjalan kaki, memiliki kemampuan khusus untuk meningkatkan neurogenesis.

Menurut laporan The New York Times, seseorang yang memulai rutinitas olahraga akan mengalami peningkatan volume otak yang lebih besar.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa otak seseorang yang melakukan aktivitas fisik secara aktif akan tetap memiliki kemampuan untuk beradaptasi sepanjang hidupnya.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal NeuroImage pada bulan Juni 2021 menunjukkan bahwa kelompok pejalan kaki dan penari memiliki tingkat kebugaran aerobik yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, kelompok kontrol yang tidak melakukan latihan aerobik mengalami penurunan kesehatan pada materi putih setelah enam bulan, dengan adanya penipisan dan kerusakan yang lebih besar pada akson, serta penurunan skor kognitif.

2. Kemampuan mengingat meningkat

Penelitian terbaru dari University of Maryland menemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan hubungan antara tiga jaringan otak, termasuk jaringan yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal for Alzheimer’s Disease Reports pada bulan Mei 2023 didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa aktivitas berjalan kaki dapat mengurangi aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi otak pada orang tua yang mengalami gangguan kognitif ringan.

Menurut Neuro Science, sebuah penelitian melibatkan 30 peserta yang berusia antara 71 hingga 85 tahun. Para peserta diminta untuk berjalan di atas treadmil sebanyak 4 kali dalam seminggu selama 12 minggu.

Sebelum dan setelah sesi latihan, para peneliti meminta peserta untuk membaca sebuah cerita pendek dan kemudian mengulangkannya dengan suara keras sebanyak mungkin detail yang mereka ingat.

Setelah melakukan penelitian, para peneliti menemukan bahwa kemampuan mengingat cerita para peserta mengalami peningkatan yang signifikan.

3. Fokus menjadi lebih tinggi

Menurut Dave Rabin, seorang ahli saraf dan psikiater bersertifikat di Apollo Neuroscience, berjalan kaki dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi.

Menurutnya, hal ini memicu perubahan dalam tubuh seperti penurunan kepekaan terhadap insulin dan peradangan, sambil juga menghasilkan bahan kimia yang memengaruhi pertumbuhan pembuluh darah baru di otak.

4. Memperbaiki kondisi kesehatan otak

Tidak hanya itu, Rabin juga mengungkapkan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan peredaran darah ke otak, yang memiliki manfaat positif untuk organ-organ penting dalam tubuh manusia.

Ketika aliran darah ke otak meningkat, itu akan memicu pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan bahagia.

Menurut hasil penelitian, setelah berjalan kaki secara teratur selama enam bulan, peserta mengalami peningkatan kebugaran jantung dan peningkatan daya ingat. Hal ini disampaikan oleh Rabin.

Baca Juga: 5 Fakta Teori Otak Kanan dan Otak Kiri, Dominan Otak itu Mitos!

Apakah Ada Banyak Cara untuk Meningkatkan Kinerja Otak?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berjalan sejauh 4.000 langkah setiap hari dapat meningkatkan kesehatan otak.

Namun, Rabin menyarankan agar Anda meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk berjalan kaki.

Dia menyarankan agar kita mencoba untuk berjalan kaki selama setidaknya 30 menit setiap hari, tetapi penting untuk diingat bahwa berjalan kaki selama 10 menit lebih baik daripada tidak berjalan sama sekali.

Semakin sering kita berjalan kaki, semakin besar peluang untuk mengalami dan melihat peningkatan kemampuan otak.

Untuk membiasakan diri berjalan kaki, Anda dapat memulainya dengan menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda. Mulai dengan terbiasa berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain.

Anda juga bisa mencoba untuk melakukan jalan kaki di pagi hari sebelum memulai aktivitas, mulailah dengan waktu singkat dan secara perlahan tingkatkan durasinya seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Penelitian Mengungkap Otak Terprogram untuk Belajar Lebih Banyak dari Orang yang Disukai

Tinggalkan Balasan