Saluran Makanan Juga Bisa Terkejut, Ketahui Selengkapnya Tentang Penyebab Cegukan

in
2d0bd2ede9142fc371fcc112e57c526c374049d1

Pernahkan kamu cegukan saat makan? Itu berarti saluran Makananmu terkejut. Saat menyantap makanan yang panas, dingin, pedas ataupun keras, saluran makanan dan perut kita sering tidak siap menerima. Ini menyebabkan sekat rongga dada mengalami kejang-kejang.

Akibatnya, celah suara tertutup mendadak. Akhirnya terdengarlah bunyi “nguk, nguk” alias pada saat itulah kita mengalami cegukan.

Perut Akan Sakit Kalau Anda Langsung Beraktivitas Atau Bermain Sesudah Makan Saat mencerna makanan, perut kita membutuhkan darah dan oksigen dalam jumlah yang banyak.

Bila anda langsung beraktivitas berat atau bermain setelah makan, proses pencernaan akan terganggu. Perut akan bekerja keras membagi darah dan oksigen yang terbatas. Karena, saat beraktivitas berat atau bermain tubuh kita juga memerlukan darah dan oksigen.

Itulah yang menyebabkan perut kita menjadi sakit. Sebaiknya kamu jangan beraktivitas dulu setelah makan, baiknya beri jeda beberapa menit. Biarkan perut melakukan tugasnya dahulu, memproses makanan yang masuk, sebelum di teruskan ke tahap selanjutnya.

Perut Kita Bisa Berbunyi?

Penjelasannya? Jika lambung dan usus kita tidak terisi makanan, maka otomatis perut hanya akan berisi udara. Udara yang berada di dalam akan terdorong kesana-kemari oleh gerakan lambung dan usus.

Pergerakan inilah yang menimbulkan bunyi. Biasanya kita menyebutnya dengan “perut keroncongan”. Kalau mendengar bunyi itu, tandanya Anda harus segera makan.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan