SportPedia

Ukuran Lapangan Bola Voli Dengan Standar Nasional dan Internasional

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari di dunia. Sedangkan di Indonesia, olahraga bola voli tidak setenar dari olahraga sepakbola. Olahraga yang menggunakan tangan sebagai cara bermainnya ini pertama kali ditemukan oleh William G Morgan. Oleh karena itu, apakah kamu mengetahui berapa ukuran lapangan bola voli yang digunakan sesuai dengan standar nasional dan internasional?

Seperti diketahui, olahraga bola voli dimainkan oleh dua tim, di mana tiap tim beranggotakan 6 orang dengan 4 orang cadangan. Jadi setiap tim yang harus mengikuti kompetisi resmi harus memiliki pemain sebanyak sepuluh orang.

Di Indonesia sendiri memiliki federasi yang menaungi olahraga bola voli ini, federasi tersebut bernama PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Sedangkan untuk di dunia, federasi yang menaunginya disebut FIVB atau Federation Internaionale de Volleyball.

Lantas, apakah kamu telah mengetahui ukuran dari lapangan bola voli dengan standar nasional dan internasional? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Ukuran lapangan bola voli standar nasional dan internasional

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli Dengan Standar Nasional dan Internasional 4

Ukuran panjang lapangan bola voli adalah 18 meter, dan lebarnya 9 meter. Selain itu, ada juga aturan soal lebar garis serang, yaitu sepanjang 3 meter. Untuk darah clearance di lapangan voli untuk menghalau bola di bagian belakang berukuran 3-8 meter dan bagian sampingnya berukuran 3-5 meter.

Lalu, untuk ukuran net pada lapangan boli yaitu panjang 9 meter dan lebar 1 meter. Sedangkan untuk tinggi net bola voli berbeda-beda, untuk putri 2,24 meter dan untuk putra 2,43 meter.

Setelah itu untuk garis samping lapangan voli dengan jarak tiang net adalah 0,5-1 meter. Pita tepian samping net, lapangan voli berukuran 5 centimeter (cm) dengan panjang 1 meter. sementara itu 5 cm untuk tepian atas net.

Pemain Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli Dengan Standar Nasional dan Internasional 5

Kemudian untuk mata jala panjangnya 10 cm. Tinggi antena pada lapangan bola voli ialah 0,8 meter di atas net. Setelah menerapkan standar ini, permainan resmi bola voli nasional dan internasional sudah dapat digelar.

Permainan bola voli terbagi dalam beberapa jenis. Seperti voli indoor yang dilakukan di dalam ruangan misalnya di gedung olahraga, voli pantai yang dilaksanakan di luar ruangan atau di pinggir pantai karena memang membutuhkan pasir.

Nah, itulah ukuran asli dari lapangan bola voli dengan standar nasional dan internasional yang harus kamu ketahui.

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.

Related Posts