menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Teknopedia 5 Skill Komputer Yang Wajib Dikuasai Di Dunia Kerja Saat Ini

5 Skill Komputer Yang Wajib Dikuasai Di Dunia Kerja Saat Ini

Skill komputer wajib dikuasai dunia kerja
IDN Times

Berikut adalah 5 skill komputer yang wajib dikuasai di dunia kerja saat ini.

Gak dipungkiri di dunia kerja saat ini, skill komputer sangat wajib untuk kita kuasai. Apabila kita tidak menguasainya, ya dijamin kita akan susah banget untuk bisa bersaing dengan tuntutan kerja di zaman sekarang ini.

Walaupun posisi kita hanya “tukang ketik” sekalipun, skill komputer wajib banget untuk kita kuasai. Dan berikut, adalah 5 skill komputer yang wajb dikuasai di dunia kerja saat ini tersebut.

1. Skill Mengetik dan Menulis

Skill komputer inilah yang wajib pertama kali kita kuasai. Pasalnya kegiatan bisnis / kerja di perkantoran ya gak lepas dari yang namnya ketik mengetik atau tulis-menulis.

Dan ingat! Saat ini yang dibutuhkan dalam bekerja, adalah time management. Jadi kenutuhan untuk bisa mengetik cepat sangatlah dibutuhkan banget.

Dan khusus bagi penulis yang kerja di media atau yang berkaitan dengan menulis apapun, tentunya memiliki tulisan yang keren dan enak dibaca kini, sangatlah dibutuhkan. Oleh karenanya, mulailah belajar untuk bisa menulis ya.

2. Spreadsheet & Database

Selain tulis-menulis, kegiatan perkantoran juga gak lepas dari yang namanya penyusuanan data (database) dan tentunya gitung-menghitung (spreadsheet).

Malah kini banyak kantor yang sangat mewajibkan (skill wajib) adalah mengetik dan spreadsheet. Walaupun kita mungkin bidangnya bukan yang bersifat matematis, tapi tetap saja terkadang, kita akan menggunakan spreadsheet untuk kebutuhan lainnya.

Dengan kata lain, Microsoft Excel memang sangat penting!

3. Desain Grafis

Awalnya mungkin kita menganggap bahwa skill desain grafis komputer tidak penting-penting banget. Alias, hanya bersifat “rekreasional”.

Tapi siapa bilang? Walau kamu katakanlah bekerja seperti gue sekarang (penulis), tetap saja skill ini wajib dikuasai guys. Setidaknya, paham banget dengan cara-cara memanipulasi foto.

Makanya skill photo editing (baca: Photoshop), sudah harus bisa banget. Jangan sampai kamu crop foto saja tidak bisa.

4. Seluruh Hal Yang Berkaitan Dengan Internet

Mau itu e-mail, chatting, media sosial, dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia internet / online lainnya, sudah “HARGA MATI” bagi kamu untuk bisa menguasai.

Kalau “bahasa kasarnya”, “mati aje lu kalau gak bisa komputer” he…he..he. Tentunya maksud perkataan tersebut, mustahil banget deh bagi kamu untuk bisa diterima kerja kalau  e-mail saja kamu gak bisa sama sekali.

5. Video Editing

Nah mungkin untuk skill ini, masih belum terlalu ramai banget. Tapi banyak juga yang sudah menerapkan. Terutama di perusahaan-perusahaan media elektronik.

Bahkan YouTuber seperti PewDePie sampai Atta Halilintar, mereka harus bisa melakukan video editing. Paling gak level dasar banget dari video editing.

Jadi kalau kamu mau kerja jadi YouTuber tapi gak bsia edit video? Kalau kata vokalis wanita favorit gue Dido di salah satu liriknya, “Where’s the sense in that?” Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks