Sedih, Keluarga yang Bercerai Usai Mendapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah

in
Kisah Pilu Adpat Bantuan Bedah Rumah Berakhir Perceraian
Kisah Pilu Adpat Bantuan Bedah Rumah Berakhir Perceraian

Bedah rumah adalah salah satu program pemerintah pusat yang sangat bermanfaat membantu masyarakat yang rumah atau tempat tinggalnya dinilai sudah tidak layak untuk ditinggali lagi.

Maka dari itu dengan program bedah rumah ini, pemerintah berharap dapat membantu mengurangi kemiskinan yang dialami oleh masyarakat. Dengan adanya program ini, masyarakat pun bisa menempati rumah yang layak untuk dihuni.

Akan tetapi, pogram ini tidak semuanya berjalan dengan lancar. Ada saja masalah atau kendala yang dialami oleh pihak keluarga yang mendapat bantuan.

Mendapat bantuan bedah rumah

Sebuah kisah pilu yang dialami oleh salah satu keluarga yang mendapat bantuan bedah rumah namun harus dilalui dengan banyak masalah diunggah lewat akun TikTok @awonk_tutorial, pada Kamis (05/11/2020).

Baca Juga: Kisah Pilu Anak Pulang Dari Rantau, Sang Ayah Tak Kenal Lagi Wajah Anaknya Karena Rabun

Bed1

Pada unggahan yang dibagi dalam tiga bagian tersebut memperlihatkan sebuah keluarga yang mendapat bantuan program pemerintah namun malah berakhir malapetaka bagi keluarga mereka.

ARTIKEL TERKAIT •
Miris, Ternyata Hampir 70 Persen Perceraian di Indonesia Disebabkan Oleh Sosial Media

Pada awal video, Awonk Tutorial yang merekam video tersebut memperlihatkan beberapa material bahan bangunan, seperti batu bata, pasir, dan kayu yang sudah tersedia di depan halaman rumah.

Yang mana material bangunan tersebut digunakan untuk membedah rumah salah seorang warga yang ada di desa tersebut.

Bantuan bedah rumah berakhir perceraian

Pada video itu juga memperlihatkan seorang nenek tua yang sedang menangis sambil memuat barng-barangnya menggunakan sebuah kain jarik.

Pada video tersebut dijelaskan bahwa keluarga mereka memperoleh bantuan bedah rumah oleh pemerintah namun malah berakhir perceraian. Yang menjadi penyebabnya ialah karena mereka tidak memiliki uang untuk membayar upah untuk tukangnya.

Ternyata bantuan dari pemerintah hanya dari material bangunannya saja. Untuk upah tukangnya ditanggung oleh pihak keluarga sendiri.

Baca juga: Kisah Apes Wanita Yang Dua Kali Gagal Lamaran Ketika Menjelang Hari H

Tidak memiliki biaya untuk membayar upah tukangnya

Bahkan karena belum memiliki biaya untuk membayar upah tukangnya, keluarga tersebut sering berdebat mengenai bagaimana cara mendapatkan uangnya.

Bed2

Dapat bantuan dari pemerintah sampai nangis, dapat bata, pasir, dan kayu. Mengapa yang punya rumah menangis? Karena memang untuk mengerjakan ini nggak ada biaya.

Ini bagaimana? Seperti apa sih sistimnya gitu. Ngasih bahan-bahan material gitu ya, tapi tidak dengan dananya (buat bayar tukang), kan aneh juga,” tutur Awonk Tutorial.

ARTIKEL TERKAIT •
Viral Kisah Wanita yang Menikah Dua Kali Dengan Pria yang Sama

Pada video lainnya, terlihat sang nenek yang sudah mengemas barang-barangnya menaiki sebuah mobil pick up. Diketahui nenek tersebut ingin pindah karena telah bercerai dengan suaminya.

Dapat Bantuan Bedah Rumah Berakhir Perceraian

Sontak, unggahan Awong Tutorial tersebut menjadi viral dan menarik perhatian banyak pengguna TikTok. Kebanyakan warganet menjelaskan tiap daerah memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai sistem bedah rumah.

Tiap daerah kebijakannya tidak sama

Bedah rumah itu lucu” di kampung saya cuma terima 15 juta tapi berupa barang”. Nah akhirnya mandek stngh bdan. Lucunya minta buru2 pasng tuk laporan,” tulis @Herdyardiansyah.

Tempatku gitu sdh termassuk biaya tukang, hanya tinggal menempati saya klo selesai. Mngkin ad pnyelewengan dana dr perangkat desa situ,” komentar @Sokran.

Baca Juga: Awalnya Hanya Jadi Pengagum Rahasia Saat SMA, Kisah Cinta Wanita Ini Berakhir Manis

Lah didesa saya, dapet bantuan bedah rumah, tapi warganya pada gotong royong, pemilik rumah hanya sediain makan dan minum saja,” tutur @-Oge.

ARTIKEL TERKAIT •
Padahal Telah Lama Pacaran, Tapi Saat Menikah Malah Cepat Bercerai, Ketahui Penyebabnya

Lebih baik dibantu seadanya aja kalo kaya gitu kasian udh hidup lg susah nambahin beban lagi, harusnya pemerintahnya lebih ngertiin keadaannya,” papar @Tailalatnyabangtan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.