FaktapediaFlora dan FaunaSainsPedia

Autotomi, Cara Jitu Mengelabui Predator

Seleksi alam memaksa setiap makhluk hidup mengembangkan kemampuan bertahan hidupnya masing-masing, dari teknik mencari mangsa hingga menghindari predator. Salah satu dari sekian banyak teknik bertahan hidup, adalah autotomi, teknik ini merupakan teknik melepaskan sebagian organ tubuh guna mengelabui musuh atau predator ketika dalam keadaan terancam.

Dalam keadaan terancam, umumnya sebagian hewan dari kelas reptil semisalnya cicak mampu melepaskan ekornya untuk mengelabui predator, ketika perhatian predator mulai teralihkan oleh bagian tubuh yang terpisah, hal ini dimanfaatkan cicak sebagai kesempatan untuk melarikan diri sesegera mungkin dari musuh dan atau premangsanya.

Tak hanya kelas reptilia, autotomi juga dapat dilakukan oleh kelas dan spesies lainnya

  • Gurita
Gurita
Sc: amazinedotco

Dari kelas chepalopoda (kaki terletak di kepala) gurita adalah hewan yang mampu melepaskan sebagian dari tentakelnya.

  • Laba-laba
Fishing Spider Legs Side
Fishing Spider (Dolomedes) dengan dua kaki hilang disisi sebelah kiri
Petrus Firus, Flagstaffotos (Britanicadotcom)

Dari kelas archanida laba-laba salah satu hewan yang mampu melakukan autotomi, ia mampu melepaskan sebagian kaki demi mengelabui musuhnya.

Tujuan Lain Autotomi

Sebenarnya autotomi tak selalu bertujuan untuk menghindari musuh dan atau mencari mangsa, beberapa hewan melakukan itu bahkan dengan rutin dengan tujuan lain, misalnya saja kepiting yang rutin melepaskan capitnya demi dapat menumbuhkan dan mengembangkan capit yang lebi kuat dan besar dari sebelumnya.

1 2

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.