Ini Dia 8 Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung!

in , , , ,

Naiknya asam lambung dipicu terutama oleh pola dan jenis makanan & minuman yang kita konsumsi yang justru memperparah peradangan lambung. Maag sendiri adalah penyakit yang sudah begitu populer dimasyarakat.

Efek Lain yang Menyertai Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung ke kerongkongan, memberikan efek lanjutan berupa heartburn, yaitu kondisi dimana kita merasakan perih dan panas dibagian bawah dada atau ulu hati.

Selain itu, naiknya asam lambung juga dapat menyebabkan mulut terasa pahit dan atau asam.

Karenanya, ada baiknya selain mengatur pola makan sehat, kita juga mestinya lebih selektif dan berhati-hati dalam menentukan apa -apa saja yang akan kita makan.

Berikut Apa Saja Makanan yang Perlu Kita Hindari

1.) Bawang

Unduhan 4
Bawang Merah | Istockphoto

Mengkonsumsi bawang ketika asam lambung naik akan menambah kompleks sakit yang kita rasakan, sebab bawang dapat memicu tubuh kita berekasi dengan bersendawa.

Bersendawa ketika maag, membuat asam lambung kita naik menuju esofagus atau kerongkongan, hal ini akan membuat kondisi dimana kita akan merasakan nyeri ulu hati atau heartburn.

Selain itu, naiknya asam lambung keatas membuat mulut terasa tidak nyaman.

2.) Kopi

Images 33
Biji dan seduhan kopi | Forbes

Kopi mengandung kafein cukup tinggi hingga terbukti dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Hal ini akan membuat asam lambung dengan mudah naik keatas ke bagian kerongkongan dan memicu heartburn.

3.) Cokelat

Images 35
Coklat beserta butter | Depositphotos

Siapa yang menyangka bahwa makanan enak nan manis itu dapat memicu maag? Ya, cokelat mengandung cukup tinggi lemak, dan kandungan kafein serta theobromine dapat menyebabkan refluks.

Karenanya jangan coba-coba makan coklat ketika maag menyerang ya. Tetapi jika tetap ingin, bisa mencoba cokelat hitam yang lebih sedikit kandungan theobrominenya, sehingga resiko refluks sedikit lebih kecil.

5.) Tomat

Images 36
Tomat |Mewaldtorganic

Buah tomat mengandung asam sitrat dan asam malat yang bisa memicu kenaikan asam lambung, sehingga menimbulkan maag. Selain itu, tomat juga bisa memicu refluks.

Selain tomat, buah yang memiliki kandingan asam tinggi seperti jeruk juga oatut dihindari.

6.) Cabai

Images 37 1
Tumpukan Cabai Biji | Pixabay

Seperti buah yang asam, makanan kaya akan cabai dapat menimbulkan sensasi panas dan terbakar, rasa pedas dari Capsaicin dapat memicu asam lambung naik.

Sensasi rasa terbakarnya sendiri akan memperparah peradangan yang sudah terjadi pada lambung.

7.) Gorengan

Images 39
Tempe Goreng | Solopos

Berbagai produk olahan goreng termasuk dalam daftar makanan yang perlu dihindari, sebab makanan yang digoreng dengan kandungan lemak yang tinggi ini dapat merangsang melemahnya otot pada katup kerongkongan.

Selain gorengan, sebenarnya makanan tinggi lemak lain juga perlu dihindari seperti daging, susu, mentega dan lainnya.

8.) Soda

Images 41
Pink Soda | Weightwatchers

Minuman berkarbonasi tinggi dapat memicu naiknya asam lambung, minuman bersoda juga bisa memicu refluks sebab minuman ini dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah

Bijak Mengkonsumsi Makanan dan Minuman

Maag adalah penyakit dalam yang cukup sulit disembuhkan, ia menimbulkan luka-lukabpada lambung bagian dalam, dimana lika ini disertai peradangan yang masif.

Oleh karena itu patutlah kita lebih selektif dan bijak memilah dan memilih makanan juga minuman yang kita konsumsi. Sebab naiknya asam lambung dapat menyebabkan masalah yang serius berupa komplikasi yang merepotkan.


Referensi:

  • Setiaputri, Karinta Ariani. “11 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Asam Lambung” hellosehatdotcom (Diakses pada tanggal 30 November 2019)
  • “Kenali Makanan Penyebab Asam Lambung Naik” alodokterdotcom (Diakses pada tanggal 30 November 2019)

Tinggalkan Balasan

Participant

Karim

Nothing absolute

Story MakerContent AuthorYears Of Membership