menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comFlora dan FaunaApa sih Perbedaan Hewan Berdarah Dingin Dengan Hewan Berdarah Panas?

Apa sih Perbedaan Hewan Berdarah Dingin Dengan Hewan Berdarah Panas?

Apa Sih Perbedaan Heawn Berdarah Dingin Dengan Hewan Berdarah Panas
Apa Sih Perbedaan Hewan Berdarah Dingin Dengan Hewan Berdarah Panas

Setiap hewan mampu mengatur tingkatan suhu tubuh mereka. Kemampuan mengatur suhu tubuh ini dibagi ke dalam dua macam, yakni hewan berdarah dingin dan hewan berdarah panas. Pastinya kita pernah nih mendengar atau membaca istilah Poikiloterm (dingin) atau Homoiterm (panas) ini.

Lantas, apa sih perbedaan hewan berdarah dingin dengan hewan berdarah panas? Apakah hewan berdarah dingin memiliki suhu yang mirip seperti es dan juga apakah hewan berdarah panas memiliki suhu yang mirip seperti api atau cahaya matahari?

Hewan berdarah dingin

Perlu diketahui, hewan Poikiloterm adalah hewan yang tidak memiliki kemampuan untuk mengatur suhu internal tubuh mereka sesuai dengan perubahan suhu di lingkungannya.

Karena itu, mereka akan sangat menghindari tinggal di tempat kondisi suhu yang ekstrem. Dalam istilah biologi penyebutan hewan berdarah dingin adalah ektotermik.

Baca Juga: Alasan Nyamuk Lebih Mengincar Anda Bukan Orang Lain

Mereka mempunyai suhu tubuh yang mengalami perubahan menyertai suhu eksternal.

Sederhananya, tingkat suhu mereka akan menjadi lebih dingin atau panas ditentukan dari suhu di luar tubuhnya. Sehingga mereka tidak bisa mempertahankan suhu tubuh untuk tidak berubah-ubah.

ARTIKEL TERKAIT •
Dalam Kurun Waktu 50 Tahun, Manusia Telah Menghabisi Lebih dari Dua Pertiga Satwa Liar

Beberapa jenis hewan berdarah dingin, diantaranya bangsa ikan, reptil, amfibi, atau serangga.

Hewan berdarah panas

Sedangkan hewan berdarah panas adalah kebalikannya, yakni memiliki kemampuan untuk mengatur dan mempertahankan suhu dalam tubuh yang tetap, suhu lingkungan di luar tidak akan mempengaruhinya.

Mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan apa pun, sehingga dalam kisaran suhu berapa pun mereka dapat dengan mudah bertahan hidup. Dalam istilah biologi penyebutan hewan berdarah panas adalah endotermik.

Baca Juga: Ternyata Ikan Juga Perlu Minum

Beberapa jenis hewan berdarah panas, diantaranya burung dan hewan mamalia seperti ayam, kambing, kuda, harimau, dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara kedua jenis hewan ini. Hal itu bisa kita lihat dalam gambar tabel berikut ini.

Perbedaan Hewan Berdarah Dingin Dan Panas
Perbedaan hewan berdarah dingin dan panas | byjus.com

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai perbedaaan hewan bedarah dingin dengan hewan berdarah panas. Jadi anggapan kalau suhu darah mereka seperti es atau api itu salah besar ya, guys.

Add comment