menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Faktapedia Mengapa Banteng Mengamuk Saat Melihat Warna Merah? Apakah dia Tidak Menyukainya?

Mengapa Banteng Mengamuk Saat Melihat Warna Merah? Apakah dia Tidak Menyukainya?

Mengapa Banteng Mengamuk Saat Melihat Warna Merah
Mengapa Banteng Mengamuk Saat Melihat Warna Merah

Hewan banteng sering kita lihat dalam acara-acara televisi di mana mereka kerap diikutsertakan dalam festival atau permainan ala-ala negeri Matador. Terlebih lagi kita mengetahui hewan ini sangat identik dengan warna merah. Ketika melihat warna merah, mereka akan semakin beringas mengejar orang yang memegang kain berwarna merah tersebut.

Namun, pernahkah kamu berpikir mengapa hewan banteng menjadi mengamuk ketika melihat warna merah? Apakah memang mereka tidak menyukainya, atau ada alasan lain? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Hewan Berdarah Dingin Dengan Hewan Berdarah Panas?

Apakah Banteng Benci Warna Merah?

Dan kenyataannya, alasan banteng akan menyeruduk saat melihat kain berwarna merah bukanlah karena tidak menyukainya. Melainkan ia akan melawan ketika melihat sesuatu yang bergerak-gerak. Seperti yang kita lihat saat ada festival, kain merah akan digerak-gerakkan oleh matador.

Matador
Foto: Vevnews.blogspot.com

Nah, jadi hewan ini tidak melihat sesuatu yang sengaja digerak-gerakkan. Karena itulah, ia mengamuk dan langsung berlari untuk menyeruduk.

Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan, membuktikan kalau banteng adalah hewan yang buta warna, lho. Sehingga, ia tidak dapat membedakan mana sesuatu yang berwarna merah dan mana sesuatu dengan warna lainnya.

Baca Juga: Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia?

Pengujian Dilakukan

Pada tahun 2007 lalu, sebuah penelitian dilakukan, di mana Discovery Channel’s MythBusters melakukan pengujian apakah banteng bergerak saat dihadapkan dalam tiga percobaan.

Yang pertama meletakkan tiga bendera warna merah, putih, dan biru dalam kandang banteng. Dan hasilnya, saat bendera tersebut digerakkan, mereka menunjukkan reaksi yang sama.

Kemudian meletakkan tiga buah boneka yang menggunakan pakaian warna merah, putih, dan biru. Dan hasilnya tetap sama, banteng menunjukkan reaksi yang sama, yaitu menyerang tanpa adanya gangguan.

Dan hasilnya benteng mengejar koboi yang bergerak dan membiarkan orang yang mengenakan pakaian merah.

Festival Spanyol
Foto: Liputan6.com

Nah, sudah tahu kan ternyata alasan banteng mengamuk untuk menyeruduk bukan karena melihat sesuatu berwarna merah. Alasannya karena mereka tidak suka atau ‘membenci’ melihat sesuatu yang bergerak-gerak.

Baca Juga: Dinosaurus Punah, 5 Hewan Ini Bertahan Hidup Sampai Sekarang

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks