Bebaspedia.com

Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia?

Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia
Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia
Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia
Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia

Biasanya setelah kita beraktivitas berat, seperti berolahraga biasanya keluar akan keluar dari dalam tubuh kita. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tubuh yang mengeluarkan keringat, salah satunya ialah mendinginkan suhu tubuh dari panas. Tapi, pernahkah kamu berpikir apakah hewan juga berkeringat seperti kita?

Seperti diketahui, hewan-hewan berdarah dingin (seperti jenis reptil, amfibi, atau ikan) tidak bisa mengontrol tubuh mereka sesuai dengan lingkungannya. Sehingga suhu tubuh mereka berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungannya.

Apakah mereka juga berkeringat?

Ketika musim memasuki musim kemarau, otomatis cuaca akan panas. Kita bisa melihat hewan reptil duduk-duduk di bawah batu besar untuk mendinginkan tubuh dari cuaca panas. Sedangkan disaat suhu sedang dingin, mereka memilih untuk keluar agar bisa berjemur dan meningkatkan suhu tubuhnya.

Baca Juga: Kenali 5 Hewan Pengisap Darah Yang Berbahaya Bagi Manusia

Sementara itu, hewan-hewan seperti mamalia dan burung yang merupakan hewan berdarah dingin atau homeotherm, akan menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil bagaimanapun cuacanya.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Tipikal Netizen Dalam Menyikapi Fenomena Sains dan Agama

Perlu diketahui, suhu internal manusia yang optimal ialah 37 derajat celcius, suhu yang bisa dibilang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tubuh manusia akan melakukan perubahan agar suhu tubuhnya tetap berada di angka 37 derajat celcius.

Ilustrasi Monyet
Ilustrasi monyet | Pixabay

Akan tetapi, teknik yang diaplikasian setiap spesies untuk mengatur suhu mereka tentulah berbeda sesuai dengan cara mereka masing-masing.

Dilansir dari Scienceabc, hewan-hewan primata seperti monyet atau kera merupakan hewan yang banyak mengeluarkan keringat ketika udara sekitarnya panas. Lebih lanjut ada juga kuda yang mengatur suhu tubuhnya tetap sejuk dengan cara berkeringat.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Hewan Prasejarah Berukuran Raksasa

Tiap hewan memiliki cara masing-masing untuk menyejukkan tubuhnya

Sekresi yang dihasilkan kuda pun jauh berbeda dengan keringat manusia, yang mana keringat kuda mengandung protein latherin yang menyerupai seperti busa sabun.

apakah hewan berkeringat
Kucing istirahat | Unsplash/Sangia

Selain itu, ada juga hewan yang tidak berkeringat namun mereka mendinginkan tubuh dengan cara terengah-engah. Contohnya hewan gigi bertaring atau jenis kucing yangmengeluarkan keringatnya melalui telapak kaki.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan Berbulu Ini Bisa Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Dipelihara

Baca Juga: Dinosaurus Punah, 5 Hewan Ini Bertahan Hidup Sampai Sekarang

Jadi kesimpulannya, tidak semua hewan mengeluarkan keringat. Namun mereka memiliki metode tersendiri agar membuat tubuh mereka tetap sejuk.