Dinosaurus Punah, 5 Hewan Ini Bertahan Hidup Sampai Sekarang

in ,
Images 25 63dab239534f818f1ff1d22c55c90d35
Credit Image: IDN Times

Selama lebih dari 160 juta tahun, dinosaurus menjadi penguasa “Bumi” dari zaman Triasic hingga zaman Certaceous. Ketika dinosaurus punah sekitar 65 juta tahun yang lalu akibat asteroid besar yang menghantam Bumi, 5 hewan ini justru mampu bertahan hidup hingga kini.

Berikut ulasannya!

1. Platipus

Platipusrenang Reddit.com
Source Image

Para ahli sepakat bahwa mamalia bertelur ini hidup selama periode jurasic. Pada tahun 2008 ahli paleontologi University of Texas, Tim Rowe meneliti rahang Teinolophos dan menyatakan bahwa platipus berasal dari 122 juta tahun lalu.

Platipus adalah satu dari dua spesies mamalia yang bertelur, hewan ini dapat ditemukan di Australia dan Tasmania.

2. Kecoak

Hipwee Kecoa 750x422 1
Source Image

112 juta tahun sebelum era dinosaurus, Bumi dikenal dengan periode karbon, yaitu sekitar 360 juta tahun yang lalu. Nah serangga ini merupakan spesies paling dominan pada masa itu.

Ukurannya saat itu dua kali lebih besar dibandingkan ukurannya yang sekarang. Bahkan mereka merupakan salah satu makhluk hidup yang sekitar 240 juta tahun yang lalu, menyambut kelahiran dinsaurus pertama, karena mereka berhasil melewati periode “great dying” antara periode Permian dan Trias.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengenal Tentang Siapa Pribumi Indonesia

3. Ketam tapal kuda

Cover Eca84fdb3b7ffb2ea73dbf86e703e8e5 600x400
Source Image

Memiliki nama lain Horseshoe Crab , satwa ini disebut sebagai fosil hidup. Meskipun Ketam tapal kuda berevolusi lebih lambat dari hewan lain, namun ia menjadi organisme yang paling lama bertahan di alam.

Ia bahkan melewati atau selamat dari bencana empat periode kepunahan massal yang pernah terjadi di masa prasejarah Bumi.

Fosil hidup ini dapat ditemukan di seluruh dunia, selain itu hewan ini memiliki darah berwarna biru. Unik sekali.

4. Penyu hijau 

75cnkIF3Gq
Source Image

Menurut Walter Joyce dari University of Tubingen’s Institute for Earth Sciences, penyu laut diperkirakan muncul pertama kali pada periode jurasic. Mereka mengembangkan teknik bertahan hidup adaptif, sehingga mereka selamat dari kepunahan global.

65 juta tahun yang lalu, saat Bumi dihantam meteor, makhluk ini bisa selamat berkat kemampuannya dalam bertahan hidup. Ketika temperatur terlalu dingin, mereka secara alami akan berhibernasi, lalu saat panas dan kering, mereka akan menggali lubang lumpur dan akan kembali ketika keadaan sudah normal.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Kamp Konsentrasi yang Menjadi Saksi Bisu Kekejaman Nazi

5. Buaya

Buaya5
Source Image

Bumi pernah dihuni oleh para buaya raksasa seperti Sarcosuchus, Dyrosaurus, Deinosuchus, Shieldcroc dan lainnya pada zaman Cretaceous. Karena iklim yang hangat dan berlimpahnya makanan, membuat mereka bisa tumbuh dan memiliki ukuran tubuh sebesar itu.

Saat dinosaurus punah, mereka bisa bertahan hidup. Seperti yang kita ketahui, kini ada 23 spesies buaya di bumi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini