Mengungkap Makna Beragam Ekspresi Wajah Anjing

Mengungkap makna beragam ekspresi anjing dan artinya. Untuk kamu anjing lovers perlu ketahui makna ragam ekspresi anjing.

3
0
Mengungkap Beragam Ekspresi Anjing

Mengungkap makna beragam ekspresi anjing dan artinya. Banyak orang belum mengetahuinya. Untuk kamu anjing lovers perlu ketahui makna ragam ekspresi anjing.

Anjing memiliki kecerdasan yang memungkinkannya untuk mengekspresikan keinginannya dan ekspresinya dengan berbagai cara. Selain itu, anjing tidak hanya mengeluarkan suara ‘gonggong’ dan menggerak-gerakkan ekornya, tetapi mereka juga dapat berkomunikasi dengan manusia melalui ekspresi wajah mereka.

Namun, mungkin kita sebelumnya berpikir bahwa ekspresi wajah anjing hanya merupakan cara bagi mereka untuk memikat perhatian orang lain atau berperilaku manja.

Cute Dog Shiba Inu Ryuji Japan 29 1

Namun, jika diperhatikan secara rinci, setiap tindakan yang dilakukan oleh anjing sebenarnya memiliki arti yang tersembunyi. Untuk memahami ekspresi anjing, penting bagi kita untuk mengamati dengan seksama berbagai ekspresi wajah yang sering mereka tunjukkan.

Beriku Beberapa Ekspresi Wajah Anjing

Mata yang penuh perasaan

796681 24 11 2020 20 49 21
Halodoc

Cara anjing saling menatap dapat berbeda-beda. Jika anjing-anjing saling menatap, itu bisa menunjukkan tanda-tanda agresi. Namun, ketika anjing memandang manusia, mereka menggunakan kontak mata sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi.

Kemudian, apabila manusia merespons dengan kontak mata, anjing dapat menggunakan tatapannya untuk meminta persetujuan atau menunjukkan kasih sayang kepada manusia.

Menghindari saling memandang mata

Rabies 1
CITO

Jika anjing menghindari saling memandang mata dan mengalihkan perhatiannya, kemungkinan besar pertengkaran akan terjadi. Namun jika anjing tidak menatap mata manusia, hal ini tidak menjadi masalah yang serius.

Ini adalah cara anjing mengekspresikan hubungan yang akrab dengan manusia. Jika anjing mengedipkan mata atau menyipitkan matanya saat melihat manusia, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka ingin mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh manusia.

Dr. Danielle Bernal, seorang dokter hewan yang bekerja di Wellness Natural Pet Food, memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. Menurut Michael Schoeff, yang merupakan pemilik Premier Pups, anjing yang memiliki mata yang menyipit menunjukkan bahwa mereka sedang dalam keadaan tenang.

“Sangatlah positif. Anjingmu ada untuk memberikan ketenangan kepada pemiliknya,” kata Schoeff. Ketika seekor anjing tidak menatap mata manusia, menyipitkan mata atau berkedip secara berulang dapat memiliki arti yang berbeda.

Mata anjing menjadi sipit

Jika mata menjadi sipit, itu mungkin menandakan adanya rasa sakit atau kondisi penyakit. Di sisi lain, jika sering berkedip dengan cepat, itu bisa menjadi tanda adanya stres atau ketakutan.

Namun, jika seekor anjing melihat anjing lain dengan matanya yang terbuka lebar, hal itu dapat menunjukkan perilaku yang agresif. Jika seekor anjing mengangkat satu atau kedua alisnya saat melihat kita, hal itu menandakan bahwa anjing tersebut sedang waspada dan tertarik.

Hal ini dapat menjadi peluang bagi pemiliknya untuk berinteraksi atau mungkin mengajarkan hal baru kepada hewan peliharaannya. Anjing yang tidak mau menatap mata kemungkinan memiliki masalah dalam mempercayai orang lain.

“Schoeff menjelaskan bahwa anjing menyadari bahwa melihat mata manusia menunjukkan adanya kepercayaan dan rasa nyaman.”

Jika seekor anjing menghindari melihat langsung ke mata manusia, itu bisa menandakan bahwa ada sesuatu yang anjing alami, entah itu hal yang positif atau negatif. Contohnya, ketika seekor anjing baru saja diselamatkan dari situasi yang tidak baik. Saat mereka melihat langsung ke mata kita, hal itu memiliki arti yang sangat penting.

Memiringkan kepalanya

Saat anjing memiringkan kepalanya, itu bisa menunjukkan bahwa anjing merasa ingin tahu.

Ketika anjing menurunkan atau menundukkan kepalanya saat menatap manusia, itu menunjukkan tindakan tunduk.

Menundukkan kepala

Menundukkan kepala adalah tanda yang sama pentingnya dengan berkedip atau menyipitkan mata saat berinteraksi dengan anjing. Hal ini menunjukkan hubungan yang baik antara manusia dan anjing.

Mengarahkan Telinga ke Belakang

Saat anjing mengarahkan telinganya ke belakang, itu bisa mengindikasikan bahwa mereka sedang merasa takut atau menunjukkan perilaku agresif.

Menjilat Bibir

Main Qimg C88853e2f572f0e3ee465d09b3c0b616 Lq 1
Quora

Ketika seekor anjing menjilat bibirnya, itu bisa menjadi cara bagi mereka untuk menunjukkan bahwa mereka ingin tunduk pada manusia atau mungkin sedang merasa cemas, tergantung pada situasinya.

Apabila tidak ada hal yang membuat cemas, bisa diartikan bahwa perilaku anjing tersebut sebagai bentuk komunikasi yang baik.

Tersenyum

609ba67f4bbc7 1
KOMPAS.com

Seperti manusia, anjing juga bisa menunjukkan ekspresi senyum atau menyeringai, meskipun tidak selalu berarti mereka sedang bahagia, puas, atau setuju.

Apabila anjing menyunggingkan bibirnya untuk menampakkan gigi-gigi taring dan gigi-gigi seri, itu menandakan bahwa anjing tersebut sedang merasa senang. Senyuman anjing juga bisa menunjukkan ketaatan, namun umumnya dilakukan ketika mereka memberikan isyarat kepada sesama anjing, bukan kepada manusia.

Mengangkat bibir ke atas

Selain menunjukkan ekspresi kebahagiaan, anjing juga dapat menunjukkan perasaan kemarahan.

Cara melakukannya adalah dengan mengangkat bibir ke atas secara vertikal untuk mengungkapkan gigi depan sambil juga mengerutkan hidung.

Mengangkat telinga dan menatap manusia dengan tajam

Kemarahan anjing dapat terlihat melalui cara mereka mengangkat telinga dan menatap manusia dengan tajam.

Sikap meringis pada anjing terjadi saat bibirnya ditarik ke belakang secara horizontal dan ia menampakkan semua giginya. Hal ini menunjukkan bahwa anjing sedang merasa tidak nyaman atau ketakutan.

Itulah beberapa catatan mengungkap makna beragam ekspresi anjing yang perlu kamu ketahui.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan