menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comIslampediaRamadhanBukan Hanya Kolak, Intip 5 Menu Buka Puasa yang Harus Dicoba

Bukan Hanya Kolak, Intip 5 Menu Buka Puasa yang Harus Dicoba

Menu Buka Puasa Yang Harus Kamu Coba
Menu Buka Puasa Yang Harus Kamu Coba

Kalau kamu suka yang mana nih?

Semua orang yang menjalankan ibadah puasa pastinya sangat menantikan momen berbuka puasa. Setelah selama lebih dari 12 jam menahan haus, lapar, emosi, dan nafsu, akhirnya saat adzan Maghrib berkumandang kita sudah bisa makan dan minum.

Banyak orang yang menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Entah itu makanan yang manis seperti kolak, atau minuman yang manis seperti es rumput laut. Karena makanan dan minuman yang manis dapat membantu memulihkan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Nah, kalau kamu menu buka puasa yang biasanya kamu sajikan apa saja?

Selain kolak, ternyata masih banyak rekomendasi menu buka puasa yang patut kamu coba. Bisa jadi, menu ini akan menjadi menu favorit kamu nantinya. Apa saja itu, yuk simak di bawah ini.

Menu buka puasa khas Indonesia

1. Es Kelapa Muda

Menu buka puasa es kelapa muda
Es kelapa muda (Istimewa)

Selain enak disantap saat cuaca sedang panas, es kelapa muda juga bisa dijadikan referensi menu buka puasa. Karena itulah, menjelang berbuka banyak orang-orang yang menjual minuman ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Malu, Presenter TV Malaysia ini Salah Menyanyikan Lagu Ramadhan Tiba Saat Live

Biasanya agar rasanya semakin manis dan enak di mulut, kamu bisa menambahkan gula aren cair.

Mengonsumsi es kelapa muda saat berbuka dapat menghilangkan haus dan menambah cairan tubuh yang hilang selama seharian tidak minum.

2. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo
Es pisang ijo (Istimewa)

Sesuai dengan namanya, es pisang ijo adalah santapan hasil kombinasi antara es dan pisang yang bagian luarnya berwarna hijau. Agar lebih enak dan variatif, minuman ini akan ditambahkan elemen lainnya, seperti sirop, bubur sumsum, susu kental manis, dan lainnya.

Warna pisang yang berwarna hijau karena pada bagian luarnya dilapisi dengan tepung berwarna hijau.

Es pisang ijo bisa jadi menu buka puasa favorit keluarga kamu. Karena berkhasiat untuk meningkatkan energi tubuh dan pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan serat.

3. Menu Buka Puasa Es Campur

Es Campur
Es campur (Istimewa)

Setelah sebelumnya ada es pisang ijo, tidak etis sepertinya kalau kamu tidak mencoba es campur. Rasanya yang manis tentunya akan menggugah selera. Es campur juga sangat mudah ditemukan di pinggir jalan menjelang berbuka.

ARTIKEL TERKAIT •
Janjinya Buka Puasa Bersama, Pria ini hanya Sendiri Tanpa ada Teman yang Datang

Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah. Bahan utamanya yaitu kolang-kaling, cincai hitam, kacang merah, cendol, tapai, dan bisa kamu tambahkan yang lainnya. Untuk bahan pemanisnya, kamu bisa tambahkan susu kental manis dan sirop.

4. Sop Buah

Menu Buka Puasa Es Buah
Es Buah (Istimewa)

Kalau kamu suka yang segar-segar dan berkhasiat buat tubuh, kamu harus cobain menu buka puasa yang satu ini. Sop buah akan membantu tubuh menambah energi dan membuat tubuh lebih sehat. Karena buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Buah yang biasa disajikan dalam sop buah di antaranya naga, pepaya, stroberi, melon, apel, alpukat, mangga, bengkoang, dan sebagainya. Untuk kuahnya sendiri kamu bisa menggunakan air kelapa muda dan susu kental manis.

5. Goreng-gorengan

Goreng Gorengan
Goreng-gorengan (istimewa)

Menu buka puasa yang terakhir wajib kamu coba ialah goreng-gorengan. Terdapat banyak aneka goreng-gorengan yang biasa dijual di pinggir jalan. Mulai dari tahu, bakwan, risoles, tempe, singkong, pisang, dan sebagainya.

Namun, perlu diketahui jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi gorengan. karena minyak yang terdapat pada gorengan tersebut, tidak baik bagi kesehatan kita. Apalagi minyak yang digunakan adalah minyak jelantah dan jarang diganti saat proses penggorengan.

ARTIKEL TERKAIT •
Kasihan, Sudah Masak Banyak Makanan Bukber, Tapi tak ada Satupun Temannya yang Datang

Nah, itulah 5 rekomendasi menu buka puasa yang wajib kamu coba bersama-sama dengan keluarga. Jangan hanya kolak saja yang kamu makan, lama-kelamaan pastinya akan merasa bosan. Oleh karena itu, makanlah makanan atau minuman yang bervariasi setiao berbuka puasa.