5 Obat Alami Perbaiki Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai obat untuk mempercepat datangnya menstruasi. Salah satunya adalah kunyit.

7
0

Lima obat alami ini bisa membantu kamu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur.

Beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai obat untuk mempercepat datangnya menstruasi. Pada beberapa wanita, siklus menstruasi tidak teratur, bisa saja tidak mengalami haid selama 1 atau 2 bulan.

Menurut informasi dari Healthline, siklus menstruasi yang umumnya terjadi memiliki rentang waktu antara 21 hingga 35 hari.

Amenore adalah kondisi di mana seorang wanita tidak mengalami menstruasi seperti yang seharusnya. Jika seorang wanita tiba-tiba mengalami ketidakmampuan untuk menstruasi selama 3 hingga 6 bulan tanpa kehamilan, sebutan kondisi ini adalah amenore.

Penyebab haid yang tidak teratur karena banyak faktor, seperti stres, berat badan yang tidak normal (entah terlalu kurus atau terlalu gemuk), sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan diabetes.

Dalam artikel ini, akan kami jelaskan berbagai jenis bahan yang dapat membantu kamu dalam mengatur siklus menstruasi dengan lebih baik.

Jenis Obat Alami Perbaiki Siklus Menstruasi

077494900 1574063246 Shutterstock 1559848010

Baca Juga: Waspadai, 4 Bahaya Menstruasi yang Tidak Teratur

1. Vitamin C

Vitamin C dapat merangsang timbulnya menstruasi, dengan meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron.

Ini menyebabkan rahim mengalami kontraksi dan lapisan rahim terkelupas.

Anda bisa mencoba metode ini dengan mengonsumsi suplemen vitamin C atau mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C alami.

Contoh makanan yang mengandung vitamin C adalah buah-buahan dan sayuran.

2. Nanas

Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang tinggi, yaitu enzim yang memiliki pengaruh terhadap hormon estrogen dan hormon lainnya.

Menurut penelitian tahun 2017, bromelain memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan.

Hal ini bisa membantu mengatasi masalah menstruasi yang terhambat akibat peradangan.

Namun, tidak ada bukti penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen nanas atau bromelain dapat mempengaruhi kelancaran menstruasi.

3. Jahe

Penggunaan jahe secara tradisional sebagai cara untuk memperlancar menstruasi dan dapat merangsang kontraksi pada rahim.

Namun, fakta ini masih belum terverifikasi melalui penelitian ilmiah.

Jahe mampu memiliki kemampuan alami untuk membantu melancarkan siklus menstruasi karena memiliki sifat anti-peradangan.

Untuk menggunakannya, Anda dapat merebus jahe segar yang sudah kamu kupas dalam pot air selama 5-7 menit. Setelah itu, saring dan tambahkan madu jika perlu sebelum meminumnya.

4. Kunyit

Tanaman kunyit mengandung zat bernama kurkumin yang memiliki kemampuan sebagai anti-peradangan.

Penggunaan kunyit telah lama secara tradisional sebagai obat untuk mengatur siklus menstruasi.

Rempah ini memiliki pengaruh terhadap kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh, meskipun masih terbatasnya penelitian ilmiah yang ada.

5. Peterseli

Peterseli memiliki kandungan vitamin C dan apiol yang tinggi, yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim.

Namun, adanya zat apiol bisa menjadi berbahaya jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang melebihi batas dan dapat menyebabkan risiko yang tinggi bagi ibu hamil.

Jika Anda ingin menggunakan peterseli sebagai pengobatan alami untuk mengatur siklus menstruasi, Anda dapat membuat teh dari peterseli.

Caranya cukup sederhana, yaitu tuangkan secangkir air yang sudah mendidih ke atas beberapa sendok makan peterseli segar. Biarkan air dan peterseli tersebut selama sekitar 5 menit sebelum kamu minum.

Janganlah mengonsumsi teh peterseli jika Anda sedang dalam keadaan hamil, menyusui, atau mengalami gangguan pada ginjal.

Baca Juga: 8 Makanan Alami untuk Melancarkan Haid

Anda dapat mengambil obat-obatan alami tersebut sambil melakukan kegiatan yang baik untuk kesehatan, untuk membantu memperlancar siklus menstruasi Anda.

Sebagai contoh, relaksasi dapat bermanfaat untuk mengurangi stres. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa stres dapat mengganggu siklus yang tidak teratur.

Anda juga bisa mencoba melakukan kompres atau mandi dengan air hangat. Hal ini bisa membantu melonggarkan otot yang kaku dan mengurangi stres emosional.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial yang mengeluarkan aroma menenangkan, seperti minyak mint dan lavender.

Tinggalkan Balasan