Alasan Mengapa Jerawat Muncul Saat Menstruasi

Ketika sedang menstruasi, seringkali masalah utama yang dialami oleh perempuan adalah jerawat. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

9
0

Penjelasan Ilmiah Mengapa Timbulnya Jerawat saat Menstruasi.

Ketika sedang menstruasi, seringkali masalah utama yang dialami oleh perempuan adalah jerawat. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Dan mungkin kamu penasaran mengapa hal itu terjadi?

Baca Juga: Waspadai, 4 Bahaya Menstruasi yang Tidak Teratur

Menurut penelitian para ahli, hampir 63% perempuan mengalami kulit sensitif saat mendekati menstruasi dan ini bisa menyebabkan jerawat muncul. Seperti yang kita tahu, siklus bulanan perempuan rata-rata berlangsung selama 28 hari dan kondisi hormon setiap perempuan bisa berbeda-beda.

Baca Juga: Kacang Menyebabkan Jerawat? Mitos atau Fakta?

Jerawat saat Menstruasi Disebabkan karena Hormon

Perbedaan Jerawat Tanda Hamil Dan.width 800.format Webp

Baca Juga: Jerawat Batu, Jerawat Paling Parah yang Perlu Ditangani Dokter

Pada saat menstruasi, terdapat dua jenis hormon yang terlibat, yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron. Kedua hormon ini akan meningkat dalam waktu 2 minggu sebelum menstruasi guna mempersiapkan rahim untuk kemungkinan kehamilan.

Dalam separuh pertama periode menstruasi, tubuh perempuan akan lebih banyak menghasilkan hormon estrogen, sedangkan pada separuh kedua, hormon progesteron akan mendominasi. Kedua hormon ini akan menurun secara drastis ketika siklus menstruasi mulai.

Baca Juga: 10 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar, Wanita Wajib Tahu!

Ketika kedua hormon tersebut menurun dalam tubuh, ada hormon lain dengan sebutan hormon testosteron yang memiliki kadar yang sedikit tetapi tetap konstan sepanjang bulan.

Berdasarkan situasi tersebut, sebelum dan selama menstruasi, tingkat hormon testosteron akan lebih tinggi dalam tubuh perempuan. Hal ini menyebabkan dampak pada kulit perempuan, karena hormon testosteron menjadi salah satu penyebab jerawat.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Obat Jerawat Ampuh di Apotek

Kulit Cenderung Lebih Sensitif

Peningkatan kadar hormon estrogen dan progresteron dapat merangsang produksi sebum, yang berfungsi sebagai pelumas alami kulit. Namun, ketika sebum bercampur dengan sel-sel kulit mati dan terdapat bakteri penyebab jerawat, hal ini dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan jerawat muncul.

Baca Juga: Penyebab Munculnya Jerawat dan Tips Memilih Sabun Wajah

Terlebih lagi, saat sedang datang bulan, kulit wajah cenderung menjadi lebih sensitif, sehingga kemungkinan munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya menjadi lebih tinggi.

Selain itu, saat menstruasi kadar hormon testosteron cenderung meningkat, dan hormon ini juga berperan dalam meningkatkan aktivitas kelenjar minyak pada kulit.

Jerawat yang muncul saat menstruasi disebabkan oleh peningkatan produksi sebum. Tingginya kadar sebum pada kulit dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, karena minyak ini menjadi sumber makanan bagi bakteri. Oleh karena itu, sulit untuk menghindari munculnya jerawat saat menstruasi.

Baca Juga: Mengatasi Jerawat Parah di Wajah dengan 4 Cara Efektif

Tinggalkan Balasan